Bercak putih yang ada di pipi bayi bukan disebabkan karena ASI, melainkan akibat Pityriasis Alba, Tinea Versicolor, dan Vitiligo.

Masalah gizi dan nutrisi kronis dapat memengaruhi anak-anak dari berbagai lapisan ekonomi, termasuk pada level ekonomi tinggi, karena kurangnya pemahaman mengenai stunting..

Kaki yang bengkak saat hamil dapat menjadi tanda dari preeklamsia..

Penggunaan dot pada bayi yang tidak disertai dengan pengetahuan yang baik akan menyebabkan kerusakan pada gigi dan penyapihan dini. .

Untuk mencegah infeksi, tali pusat harus dalam keadaan kering dan melakukan beberapa perawatan ini..

Banyak yang mengira sama, baby blues syndrome dan depresi postpartum ternyata berbeda.

Anak yang terkena stunting katanya terjadi karena faktor genetik dari orang tua, mitos atau fakta, ya?.

Katanya cacingan bisa menyebabkan stunting pada anak. Mitos atau fakta, ya?.

Selama kehamilan, Genbestie bisa terapkan 5 tips ini agar kesehatan mental tetap terjaga dengan baik.

Genbestie coba terapkan 7 langkah ini untuk mencegah dampak polusi udara yang rentan terjadi pada anak.

Kalau bayi sedang mengalami ruam popok, Genbestie bisa mencoba 5 tips ini agar cepat mereda.

Ibu-ibu bisa melakukan 7 tips ini agar ASI tidak sulit keluar dan hasilnya melimpah. Mau tahu bagaimana caranya?.

Ketika menstruasi, banyak wanita mengalami gangguan yang bisa memengaruhi produktivitas hingga kesuburan. Ketahui jenis gangguannya, yuk!.

Meski terkadang bisa segera membaik, bukan berarti kita boleh anggap remeh sakit perut pada anak. Karena sakit perut berkepanjangan pada anak dapat meningkatkan risiko .

Ada dua kategori vaksin yang diberikan pada anak, yaitu vaksin hidup dan vaksin mati. Kira-kira, apa perbedaan keduanya? .

Sedang ramai kasus gangguan ginjal pada anak. Yuk, kenali lebih dalam mengapa anak dengan gangguan ginjal juga berisiko tinggi mengalami stunting. Berikut penjelasannya..

Salah satu masalah yang kerap muncul di masa kehamilan adalah lemas. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?.

Kementerian Kesehatan telah menambahkan tiga jenis vaksin ke dalam program imunisasi rutin lengkap untuk mengurangi angka kematian ibu dan anak. Apa saja tambahan vaksin terbaru tersebut?.

Kesehatan ibu jauh sebelum hamil akan memengaruhi perkembangan janin dan kesehatan saat si kecil lahir nanti, termasuk apakah ia akan menderita stunting atau bebas stunting. .

Menunda imunisasi karena adanya efek samping sangatlah tidak bijak karena efek samping imunisasi adalah reaksi alami yang sangat normal..

Kelebihan berat badan saat hamil dapat menimbulkan berbagai komplikasi selama masa kehamilan, bahkan keguguran. .

Jarak kelahiran yang terlalu berdekatan, menurut penelitian dapat meningkatkan beberapa risiko kesehatan bagi ibu dan juga si kecil yang masih dalam kandungan. .

Skrining sindrom hipotiroid kongenital berfungsi untuk mengecek ada tidaknya hambatan pertumbuhan, sekaligus mendeteksi kelainan pada tubuh si kecil sedini mungkin. Bisakah mencegah stunting?.

Setiap anak perlu mendapatkan imunisasi lanjutan. Manfaatnya untuk meningkatkan respons imun yang lebih baik sekaligus memberikan perlindungan ekstra pada anak. Tapi, bagaimana jika si kecil terlambat melakukan imunisasi lanjutan?.

Radang atau inflamasi usus erat kaitannya dengan proses penyerapan nutrisi yang tidak sempurna sehingga bisa mengganggu pertumbuhan anak. .

Dengan begitu, ketika anak membutuhkan rekam imunisasi untuk keperluan sekolah, misalnya, semua data bisa dengan aman tersimpan..

Si kecil ketinggalan imunisasi? Pastikan untuk mendapatkan imunisasi kejar agar dia tetap mendapatkan perlindungan optimal dari penyakit-penyakit yang bisa dicegah dengan imunisasi. .

Makanya, jangan sampai ketinggalan BIAN atau Bulan Imunisasi Nasional 2022, yang salah satunya untuk memberikan imunisasi tambahan Campak-Rubela..

Imunisasi lengkap berperan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak, dan menjauhkannya dari berbagai penyakit berbahaya yang bisa dicegah dengan imunisasi. Apabila Genbest belum melengkapi imunisasi, ajak si kecil ikuti BIAN, ya!.

Akhirnya, pemerintah memutuskan untuk menjadikan vaksin HPV sebagai salah satu vaksinasi wajib nasional. Pengadaan vaksinasi HPV gratis ini pastinya jadi kabar baik bagi remaja putri. Mengapa demikian?.

Selain stunting, remaja Indonesia juga rawan terkena masalah kesehatan lain. Mulai dari yang disebabkan kekurangan vitamin hingga kelebihan berat badan..

Data menunjukkan ada lebih dari 1,7 juta bayi yang belum mendapatkan imunisasi dasar selama periode 2019-2021. Bagaimana dengan imunisasi dasar si kecil, apakah sudah lengkap? Bila belum, segera ikut BIAN 2022 yaaa!.

Jangan sampai mudik Lebaran justru bikin kita loyo atau bahkan terkena anemia. Pastikan tubuh tetap sehat dan bugar sepulang mudik Lebaran dengan tips sederhana berikut ini..

Selain makan opor, libur Lebaran bisa diisi dengan kegiatan jalan-jalan mengunjungi tempat wisata bersama keluarga. Namun ingat, masih pandemi, jadi pilih lokasi wisata yang aman COVID-19, ya!.

Tidak terasa sebentar lagi libur Lebaran tiba. Buat Genbest yang sedang hamil, apa masih ragu buat ikut mudik Lebaran? Bumil boleh mudik, kok, asalkan persiapkan diri dengan matang..

Terlihat mirip, banyak orang tua baru sulit membedakan antara gumoh dan muntah pada bayi. Supaya tidak tertukar, simak penjelasan singkat perbedaan gumoh dan muntah pada bayi berikut ini..

Bumil yang ingin berpuasa, pastikan berkonsultasi dulu dengan dokter dan pelajari tanda-tanda yang mengharuskan Bumil segera berbuka..

Memilih rumah sakit bersalin memang bikin bingung, ya? Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan bersama pasangan agar mendapatkan rumah sakit yang tepat..

Pasca melahirkan ada beberapa perawatan yang wajib dilakukan ibu supaya bisa mempercepat proses pemulihan dapat segera merawat si kecil dengan baik. .

Berencana menggunakan pil KB atau pil sebagai alat kontrasepsi? Berikut beberapa fakta menarik terkait pil KB yang perlu Genbest ketahui. .

Ibu hamil pasti tidak asing dengan istilah USG, bukan? Pemeriksaan USG dilakukan untuk memantau tumbuh kembang janin dalam kandungan. Selain itu ada banyak lagi manfaat USG bagi janin dan ibu..

Agar proteksi diri si kecil semakin kuat, Genbest perlu melakukan imunisasi tambahan. Apa saja imunisasi tambahan yang perlu diberikan pada anak? Simak dalam artikel ini, ya..

Si kecil yang baru imunisasi kemungkinan bisa rewel dan mengalami demam. Jangan asal memberi obat, begini langkah merawat bayi setelah imunisasi..

Apabila Genbest kerap mengalami gejala anemia, segera konsultasi pada dokter. Nantinya, akan dilakukan beberapa tes untuk mendiagnosis anemia yang dialami agar mendapat penanganan tepat..

Banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum menikah, salah satunya melakukan serangkaian tes kesehatan bagi wanita untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat dan lancar nantinya..

Ada perawatan khusus yang penting dilakukan selama menjalani masa nifas. Perawatan ini dilakukan dalam rangka mempercepat proses pemulihan ibu pasca persalinan..

Genbest, mengenali tanda hamil sejak dini itu penting banget, lho! Dengan begitu, kita bisa menjalani kehamilan sebaik mungkin, sehingga tumbuh kembang janin optimal..

Ibu hamil rentan terkena anemia. Selain anemia defisiensi besi (ADB), ada beberapa jenis anemia lainnya yang sering dialami ibu hamil. Apa saja kira-kira? Bagaimana mencegahnya?.

Agar ASI lancar, penting banget bagi busui untuk rutin melakukan perawatan payudara. Bagaimana caranya?.

Anemia defisiensi besi juga rentan dialami anak-anak. Hal ini perlu diwaspadai karena anemia bisa mengganggu pertumbuhan si kecil. Yuk, kenali kelompok anak rentan anemia untuk melakukan penanganan dini..

Gejala anemia pada remaja putri yang paling umum adalah mudah lelah, kulit pucat, hingga sakit kepala. Kalau sudah begini, kapan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter agar masalah anemia dapat segera teratasi, ya?.

KB suntik bisa menjadi cara praktis dan efektif untuk mengatur jarak kehamilan. Bingung mau pilih KB suntik yang mana? Berikut dua jenis KB suntik beserta kelebihan dan kekurangannya..

Bila si kecil mengalami alergi, apakah ia selalu perlu melakukan tes alergi? Ketahui jawabannya di sini! .

Ada ciri awal yang mengindikasikan si kecil terkena stunting. Tangani stunting sebelum terlambat karena dampaknya bisa terbawa hingga anak dewasa. .

Diet yang gak seimbang juga bisa bikin kamu berpotensi kekurangan zat besi, yang kalau kekurangan malah bisa bikin kamu anemia. Hiiiiy… gak mau kan sampai anemia. .

Apakah stunting itu keturunan? Apakah stunting disebabkan anak kurang banyak makan? Beberapa pandangan yang beredar di masyarakat terkait stunting masih ada yang kurang tepat dan perlu diluruskan. Yuk, simak penjelasannya di sini!.

Tidak sedikit pasangan yang masih ragu untuk menggunakan alat kontrasepsi karena berita simpang siur yang berkembang. Agar tidak terjebak dalam informasi hoaks, berikut mitos dan fakta yang harus Genbest ketahui..

Kenapa remaja juga perlu sadar stunting? Yuk, cari tahu dari serial komik terbaru Genbest, #RemajaKerenSadarStunting ini..

Serial komik terbaru Genbest tentang Apa saja yang bisa dilakukan remaja dalam upaya pencegahan dan penurunan stunting di Indonesia..

Siapa yang masih menganggap infertilitas adalah masalah dari sisi perempuan saja? Yuk, pahami lebih lanjut tentang mitos-mitos seputar infertilitas dan faktanya berikut. .

Anemia adalah salah satu kondisi kesehatan yang dapat memperburuk kondisi pasien COVID-19. Karena itu, penting untuk mencegah anemia sejak dini..

Menurut penelitian, 4 dari 5 orang tua baru mengalami baby blues syndrome dan ini bisa terjadi dari segala ras, usia, ekonomi, budaya atau tingkat pendidikan..

Enzim merupakan salah satu bagian penting dari sistem pencernaan yang punya banyak fungsi, dari melancarkan pencernaan hingga mempermudah penyerapan makanan. .

Hamil dan memiliki anak di usia yang tepat terkait erat dengan kesehatan dan kesejahteraan ibu dan anak. Lantas, berapa usia ideal perempuan untuk hamil dan memiliki anak? .

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) baru-baru ini mengeluarkan sejumlah rekomendasi terkait pemberian vaksin COVID-19 kepada anak dan remaja. Salah satunya program vaksinasi ini harus dipercepat, kenapa?.

Genbest yang masih belum berhasil hamil, apakah mungkin terkait dengan siklus haid yang tidak teratur? Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan haid tidak teratur. Simak dalam artikel berikut..

Keluarga memiliki peran penting dalam menekan angka stunting di Indonesia. Lantas, langkah-langkah apa yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko anak terkena stunting?.

Mengatur jarak kehamilan agar tidak terlalu dekat menjadi begitu penting bagi ibu yang baru saja melahirkan. Tugas Genbest dan pasangan adalah mencari alat kontrasepsi yang paling cocok. .

Kita tentu sudah sering mendengar berbagai efek buruk rokok bagi kesehatan. Daftar panjang itu bertambah lagi, karena menurut studi, merokok ternyata bisa meningkatkan risiko stunting pada anak..

Anemia saat hamil tidak hanya berdampak pada calon ibu, namun juga bisa berisiko menyebabkan bayi lahir prematur! Catat tips pencegahannya di artikel ini..

Diare bagi bayi atau balita bisa menjadi penyakit yang serius. Hal terpenting dalam mengobati diare adalah mengetahui tanda-tanda dehidrasi dan mengambil langkah-langkah untuk menghidrasi si kecil kembali. .

Berencana memiliki anak tahun ini, namun bingung apa saja yang harus dipersiapkan? Jangan khawatir, berikut ini berbagai persiapan memiliki anak untuk pasangan baru menikah. Apa saja ya kira-kira?.

Menjalani kehamilan di tengah pandemi butuh kiat-kiat khusus, GenBest. Tanyakan 6 pertanyaan penting berikut saat konsultasi ke dokter kandungan..

SI kecil yang baru lahir BAB lebih dari lima kali? Jangan langsung panik dan menyangka bayi mengalami diare. Simak penjelasan terkait diare pada bayi di sini..

Mengatur jarak kehamilan punya banyak keuntungan, tak hanya untuk orang tua, namun juga si kecil. Salah satunya, menjauhkan anak dari risiko stunting!.

GenBest, anak-anak termasuk dalam usia yang sangat rentan terkena virus COVID-19. Sebagai orang tua, kita tidak boleh kendur untuk tetap menjalankan protokol kesehatan pada si kecil..

GenBest, sudah tahu belum, ada perubahan jadwal imunisasi 2020 dari IDAI? Jika belum, simak perubahannya pada artikel berikut ini, ya..

Olahraga selama masa kehamilan penting agar tubuh selalu bugar sekaligus melancarkan proses persalinan. Tak perlu yang berat, jalan kaki bisa jadi pilihan..

Melihat si kecil terkena alergi pasti membuat kita panik, kan? Apalagi efek alergi bermacam-macam. Nah, berikut jenis-jenis alergi yang dialami bayi dan cara mengatasinya..

Bakteri atau kuman di kamar mandi bisa menempel di mana saja, termasuk dari benda yang sering kita gunakan. Untuk itu, ada barang-barang di kamar mandi yang perlu diganti secara berkala karena berisiko jadi sarang penyakit!.

Perubahan sistem tubuh selama kehamilan akan memengaruhi sistem kekebalan tubuh bumil. Ini yang membuat bumil terkadang merasa lesu, sering mengalami batuk pilek dan lebih rentan terserang virus..

Sangat tidak disarankan memberikan air putih pada bayi di bawah usia 6 bulan. Karena dapat memunculkan berbagai gangguan kesehatan yang bisa memengaruhi tumbuh kembang anak..

Mungkin mendengar kata suntikan akan membuat sebagian besar anak ketakutan. Padahal mereka masih harus melakukan vaksinasi secara berkala. Lalu bagaimana cara mengatasi anak yang takut jarum suntik?.

Masker menjadi benda wajib yang harus selalu dibawa dan digunakan guna mencegah perluasan penyebaran virus COVID-19. Seperti apa masker yang direkomendasikan WHO?.

Setiap tanggal 19 November diperingati sebagai Hari Toilet Sedunia. Sudah tahu belum, kebersihan kamar mandi menjadi salah satu faktor yang memengaruhi kesehatan keluarga? .

Beberapa gangguan pencernaan, bila terjadi cukup sering dan diabaikan, lama-lama bisa mengganggu asupan nutrisi anak dan membuatnya kurang gizi. Kekurangan gizi dalam waktu lama bisa meningkatkan risiko balita alami stunting..

Cuci tangan pakai sabun  menjadi salah satu poin penting mencegah tubuh tertular infeksi. Biasakan anak untuk cuci tangan sebelum dan sesudah makan, selesai buang air, serta setelah bermain dari luar. .

Kalau kamar mandi di rumah sudah resik dan selalu dijaga kebersihannya, tugas GenBest selanjutnya adalah mengajarkan aturan saat ke kamar mandi pada si kecil. Kesannya sepele, namun beberapa anak masih kerap bingung terkait ini. .

Agenda vaksinasi tetap perlu dijalankan pada masa pandemi COVID-19 ini. Lantas, bagaimana perlindungan agar si kecil tetap aman dan sehat, terhindar dari risiko COVID-19?.

Ternyata anak tidak tumbuh secara optimal tidak melulu karena kurangnya asupan nutrisi, baik pada ibu hamil maupun anak, melainkan ada banyak faktor lain. Salah satunya, buang air besar (BAB) sembarangan..

Selain jarang cuci tangan pakai sabun, salah satu kebiasaan yang menyebabkan kita berisiko tertular COVID-19 adalah kesalahan saat memakai masker..

Selain mengenali penyebab anak sakit perut, GenBest juga perlu mengetahui pertolongan pertama sakit perut yang bisa dilakukan di rumah karena ini akan membantu anak untuk pulih lebih cepat..

Ketika sebagai pasien di rumah sakit, hak kita sebagai konsumen layanan kesehatan sepenuhnya dijamin dalam undang-undang. Apa saja hak-hak kita sebagai pasien itu? .

Apakah GenBest mencuci daging sapi/ayam sebelum dimasak? Ternyata ini tidak perlu dan bahkan justru berbahaya. Kenapa?.

Kondisi medis lip tie dan tongue tie bisa mengakibatkan bayi kesulitan untuk menyusu. Berikut ini beberapa hal yang bisa GenBest lakukan..

Paracetamol merupakan salah satu obat yang aman dikonsumsi ibu hamil. Meski begitu, penggunaan paracetamol tetap perlu memerhatikan aturan..

Mencuci tangan menjadi salah satu kebiasaan yang paling dianjurkan selama masa pandemi ini. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini sebenarnya sudah digencarkan sejak lama, bahkan dirayakan oleh dunia, lho..

Tak cuma di masa kehamilan GenBest bisa mencegah stunting. Pencegahan pun harus dilakukan secara kontinu di setiap tahapan hidup, yaitu dari masa kanak-kanak, masa remaja, masa menyusui, dan terus selanjutnya..

Mencuci peralatan makan dan minum bayi dengan air sabun saja tidak cukup, lho. Agar tetap aman, GenBest tetap harus melakukan sterilisasi peralatan makan dan minum si Kecil..

Membiasakan si kecil untuk memiliki perilaku hidup bersih dan sehat harus mulai dilakukan sejak dini dalam upaya mencegah stunting pada anak..

Maksimalkan sesi konsultasi dokter untuk mengajukan pertanyaan terkait kehamilan di tengah pandemi, ya. Berikut ini beberapa pertanyaan penting yang harus GenBest tanyakan..

Bayi yang teratur bersendawa setelah minum ASI dapat terhindar dari kolik, muntah, serta risiko ASI masuk paru-paru. Kalau tidak bisa sendawa gimana? Tenang, begini cara menyendawakan bayi..

Minum obat selama masa menyusui masih jadi pertanyaan umum para busui, karena takut akan memengaruhi ASI dan si kecil. Namun, kira-kira aman nggak sih, minum obat selama menyusui?.

Selama menyusui kita masih boleh untuk mengonsumsi obat-obatan, asalkan jenis yang dikonsumsi aman bagi ibu menyusui. Yuk, cek jenis obat-obatan yang aman dan tidak aman bagi ibu menyusui..

Berharap mendapatkan tubuh ideal dengan cepat terkadang membuat remaja putri suka jadi berolahraga yang berlebihan. Padahal olahraga yang diforsir buruk bagi kesehatan, lho..

Membersihkan bayi harus menjadi rutinitas karena merupakan bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Tapi ada beberapa area tubuh bayi yang bisa bikin kita deg-degan saat membersihkannya..

Salah satunya tentu selalu cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh bayi, namun masih banyak yang lainnya. Apa saja? .

Upaya mencegah stunting sudah harus dimulai sejak masa kehamilan. Maka, penting banget mengetahui tanda-tanda hamil supaya GenBest dapat memanfaatkan masa kehamilan ini untuk memberikan nutrisi yang terbaik untuk si kecil..

Salah satu cara mencegah anemia adalah dengan berolahraga. Namun, olahraga seperti apa yang dapat mencegah anemia?.

Selama masa kehamilan, ada saja informasi yang keliru namun tetap dilakukan beberapa calon ibu. Agar GenBest tidak “disesatkan” oleh mitos, coba cari tahu dulu faktanya..

Menjalani kehamilan pada usia di bawah 20 tahun bisa punya risiko yang kurang baik bagi ibu dan janin. .

WHO mengeluarkan panduan menggunakan masker khusus anak-anak. Yang wajib memakai masker hanya anak 12 tahun ke atas, lalu bagaimana dengan yang lain. Silakan baca panduannya di sini. .

Walaupun banyak menghabiskan waktu di rumah pada masa pandemi COVID-19 ini, setiap bumil tentu ingin tetap sehat, bugar dengan imunitas tubuh yang tetap terjaga. Penasaran caranya? Yuk baca tipsnya!.

Nggak hanya cuci tangan pakai sabun dan air mengalir, mengeringkan tangan juga penting, lho. Apalagi di kondisi adaptasi kebiasaan baru seperti ini. Seberapa pentingnya, sih?.

Sering cemas melihat pola BAK dan BAB bayi baru lahir? Jangan khawatir. Berikut beberapa fakta tentang hal tersebut yang harus dipahami ibu baru..

Ada beberapa jenis jamban yang ada di masyarakat, yang mungkin sering kita temui. Namun, dari semuanya, mana yang masuk dalam kategori Jamban Sehat?.

Seiring bertambahnya usia kandungan, payudara memang ikut berubah, berisap untuk memproduksi nutrisi atau ASI bagi bayi nanti. .

Bukan hanya sekadar tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian, namun ada beberapa perilaku ibu hamil yang berisiko melahirkan anak stunting..

Setiap bulan Agustus dan September ada agenda imunisasi measles rubella di seluruh wilayah Indonesia. Pemberian vaksin ini penting sekali untuk anak-anak. Mengapa?.

Bayi yang sering muntah setelah menyusu tentu bikin kita khawatir sendiri, kan? ini beberapa faktor penyebab bayi sering muntah setelah menyusu..

Bukan hanya tubuh, payudara juga butuh dipijat pasca melahirkan, lho. Bukan hanya membuat rileks, tapi juga berpengaruh pada kelancaran ASI. .

Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat tidak perlu dengan cara rumit. Kita bisa mulai dengan menjaga kebersihan lingkungan di sekitar rumah..

Meletakkan tangan pada dahi atau leher adalah metode pengukuran suhu yang banyak digunakan orang. Padahal cara ini kurang akurat, lho. Ini cara mengukur suhu yang akurat..

Pandemi COVID-19 pasti membuat was-was, namun jangan berhenti menyusui karena khawatir si kecil tertular ya, GenBest. ASI penting untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Agar menyusui berjalan aman, gunakan protokol kesehatan ini..

Menjaga sanitasi di rumah tidak hanya menciptakan kamar mandi yang kering dan bersih saja, tapi kita juga harus perhatikan jamban agar tidak mampet..

Demam pasca-imunisasi merupakan hal yang wajar. Maka jika buah hati GenBest mengalami demam pasca imunisasi, tetap tenang dan lakukan langkah berikut ini, ya..

Imunisasi dasar wajib diberikan sesuai jadwal karena menyangkut efektivitas vaksin yang terkandung di dalamnya. Namun, bagaimana jika sudah terlanjur terlambat?.

Cacingan terkesan sepele, namun penyakit ini termasuk salah satu penyebab stunting pada anak..

Meskipun sangat penting bagi kesehatan, namun asupan zat besi berlebihan juga tidak baik. Penumpukan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit..

Penyebab cacingan bisa dari kebiasaan sehari-hari yang tidak kita sadari. Karena itulah anak perlu dikenalkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sejak dini..

Cuci tangan pakai sabun jangan hanya karena ada bahaya COVID-19 saja, ya. Namun harus menjadi kebiasaan sehari-hari agar bebas penyakit dan stunting..

Masalah stunting tidak hanya berhenti pada terhambatnya tumbuh kembang saja. Namun juga menyebabkan anak rentan terserang penyakit degeneratif..

Menghadapi new normal diperlukan proteksi lebih untuk melindungi bayi dari risiko virus Covid-19. Lantas apa ada imunisasi yang perlu ditambah selama new normal? .

Kebersihan jamban dan kamar mandi adalah hal penting sebagai salah satu upaya menjaga sanitasi yang sehat. .

Yuk, cari tahu lebih lanjut berbagai hal seputar Anemia Defisiensi Besi lewat infografis ini..

Olahraga adalah salah satu cara membantu mengatasi anemia, selain dengan mengonsumsi makanan bergizi dan tablet tambah darah (TTD), tapi ada syaratnya. .

Di tengah pandemi COVID-19 kita memang harus lebih waspada dan selalu menjaga kebersihan. Salah satunya yaitu menjaga kebersihan belanjaan, termasuk buah dan sayur yang kita beli..

Hemoglobin (Hb) punya peran penting untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh. Ketika bayi lahir dengan kadar Hb rendah, sel-sel tubuh tidak dapat menerima cukup oksigen sehingga bisa memengaruhi tumbuh kembang anak. Apa penyebab bayi lahir dengan Hb rendah?.

Salah satu cara mencegah anemia pada ibu hamil adalah dengan mengonsumsi TTD. Namun, bagaimana cara mendapatkan TTD di tengah pandemi Covid-19?.

Mengajarkan perilaku hidup bersih dan sehat harus dimulai sejak usia balita sehingga anak akan lebih sehat dan tidak mudah terkena berbagai macam penyakit..

Melakukan pemeriksaan kehamilan memang perlu untuk memantau tumbuh kembang janin. Namun, di tengah pandemi COVID-19, apakah kita bisa melakukan pemeriksaan kehamilan ke rumah sakit?.

Era new normal menuntut kita mengambil langkah-langkah bijak untuk meningkatkan daya tahan tubuh guna menangkal serangan berbagai virus berbahaya, termasuk COVID-19. .

Perlu GenBest ketahui, ada beberapa imunisasi yang memerlukan pengulangan, lho. Hal ini dikarenakan virus dapat berevolusi seiring pertambahan usia anak..

GenBest, ternyata masuk toilet umum tidak bisa secara asal-asalan, lho. Karena di sana lebih rentan penyebaran virus dan bakteri. Agar lebih aman, coba ikuti tips di bawah ini, ya!.

Melahirkan buah hati adalah kebahagiaan yang tiada terkira bagi seorang ibu. Tapi, kalau bersalin di tengah kondisi pandemi COVID-19 tentu bikin cemas. .

Anemia saat hamil dapat diatasi dengan mengonsumsi tablet tambah darah. Namun, apakah ada dampak jika tablet ini dikonsumsi jangka panjang? .

Saat tidak memiliki akses air mengalir untuk membersihkan tangan si kecil, apakah boleh menggunakan hand sanitizer. Apakah itu aman? .

Anak-anak ternyata juga merupakan kelompok yang rentan terpapar COVID-19. Untuk itu, penting melakukan langkah pencegahan COVID-19..

Cuci tangan pakai sabun merupakan salah satu upaya pencegahan cacingan pada si kecil. Tapi masih ada upaya pencegahan lain yang bisa GenBest lakukan..

Saat memasuki usia remaja bukan berarti anak sudah tidak perlu diimunisasi. Remaja masih harus diberikan vaksin agar kesehatannya tetap terjaga..

Salah satu sumber air yang sampai saat ini masih sering digunakan di Indonesia untuk mendapatkan air minum adalah air sumur. Namun, sayangnya tidak semua air sumur berkualitas baik dan layak minum..

Cuci tangan pakai sabun ternyata juga berkaitan erat dengan stunting, lho. Cari tahu detail selengkapnya di infografis ini..

Ketidaksiapan secara fisik dan mental pada ibu yang hamil pada usia muda mengakibatkan berbagai tantangan selama proses kehamilan hingga melahirkan. Baca detailnya di artikel ini..