11 Sep

Keinginan GenBest yang sedang menjalani kehamilan pastilah si Kecil bisa lahir sehat tanpa kurang satu apa pun. Seperti kita ketahui, masa kehamilan termasuk masa 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) yang merupakan momen penentu masa depan si kecil kelak. Masa ini merupakan saat-saat krusial untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si Kecil, termasuk menghindarinya dari stunting

 

Pada masa pandemi COVID-19, pertanyaan yang sering diajukan mungkin bagaimana agar bumil tetap sehat, bugar, dan imunitas tubuhnya tetap terjaga, walaupun banyak menghabiskan waktu di rumah. 

 

Ini sebenarnya pertanyaan agak sulit dijawab, karena imunitas adalah sistem yang rumit dengan banyak faktor yang memengaruhi. Tapi secara umum, ada langkah-langkah dasar agar Genbest yang sedang menjalani kehamilan tetap bisa sehat dan bugar selama di rumah. Berikut di bawah ini tipsnya.

 

LAKUKAN:

1. Berolahraga

Selama mendapat izin dari dokter, olahraga selama kehamilan tidak hanya aman, tetapi juga disarankan.  Para peneliti percaya olahraga bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh.   

 

Olahraga juga bisa membuat persalinan lebih mudah dan membantu tubuh cepat kembali ke bentuk semula.  Ada banyak olahraga yang bisa GenBest lakukan di rumah, misalnya jalan santai atau yoga.

 

Namun tidak disarankan GenBest berolahraga sampai kehabisan nafas. Dengarkan tubuh dan sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya, jika GenBest terbiasa berjalan kaki hingga satu jam sebelum hamil, sebaiknya kurangi hingga 30-45 menit, terutama pada trimester akhir kehamilan.

 

2. Minum 8-12 gelas air

Kecukupan cairan membantu tubuh secara alami menghilangkan virus atau bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Sementara kurang minum selama kehamilan dapat menyebabkan gangguan kesehatan, seperti bumil mengalami sembelit dan dehidrasi. Pada trimester ketiga, dehidrasi dapat menyebabkan kontraksi dan bahkan persalinan prematur. Minumlah sekitar 8-10 gelas air/hari. Kalau GenBest nggak menyukai rasa air yang hambar, coba tambahkan irisan lemon atau jeruk nipis untuk menambah rasa.

 

3. Makan makanan yang bervariasi dan bergizi seimbang

Penting untuk selalu mencoba makan makanan yang seimbang dan bervariasi untuk memastikan Genbest mendapatkan semua nutrisi dibutuhkan selama kehamilan dan memastikan janin tumbuh sehat terbebas dari segala macam penyakit, termasuk stunting.

 

Tetapi jangan sampai tuntutan untuk makanan sehat ini malah membuat GenBest terbebani, ya. Kalau sesekali GenBest ingin menikmati camilan, seperti keripik atau makan junkfood selama di rumah, nggak apa-apa. Yang penting tidak berlebihan.

 

Baca Juga: Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

 

4. Rajin cuci tangan pakai sabun

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), seperti mencuci tangan dengan benar bisa membantu mencegah penyebaran kuman (seperti bakteri dan virus) yang menyebabkan penyakit.

 

Beberapa bentuk penyakit infeksi dapat menyebabkan komplikasi serius, terutama untuk orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah. Untuk itulah rajin cuci tangan dapat membantu. Biasakan cuci tangan pakai sabun, terutama sebelum makan, setelah makan, dan sesudah menggunakan toilet.

 

5. Minum vitamin yang diresepkan oleh dokter

Biasanya bumil akan mendapat beberapa suplemen untuk menjaga kehamilannya tetap sehat, seperti tablet kalsium, asam folat, dan tablet tambah darah (TTD ). Nah, jangan lupa untuk rajin meminumnya sesuai jadwal, ya, GenBest.

 

Baca Juga: Jangan Sepelekan Anemia pada Ibu Hamil, Ya!

 

HINDARI:

1. Makan makanan tinggi garam

Membatasi makan makanan yang mengandung garam tinggi perlu dilakukan untuk mencegah hipertensi. Hipertensi dalam kehamilan bisa meningkatkan beberapa risiko, seperti terlepasnya plasenta, gangguan pertumbuhan, bahkan kematian.

 

Baca Juga: 5 Tanda Ibu Hamil Alami Kekurangan Gizi

 

2. Kurang tidur

Kurang tidur dapat merusak sistem kekebalan tubuh dan membuat  bumil semakin berisiko terserang penyakit. Usahakan tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap pagi untuk membantu mengatur pola tidur GenBest.

 

3. Sering menyentuh wajah

Kebiasaan ini umumnya nggak disadari. Ketika mata kamu gatal, misalnya, kamu secara refleks akan memegangnya. Padahal sering menyentuh wajah (hidung, mata, mulut) dapat meningkatkan risiko terinfeksi virus, termasuk corona. Jadi sebisa mungkin hindari menyentuh wajah dan sering-seringlah mencuci tangan.

 

4. Malas periksa kehamilan

Apakah GenBest khawatir memeriksakan kehamilan di rumah sakit karena takut tertular virus COVID-19? Jangan ya, karena pemeriksaan kehamilan tetap perlu dilakukan secara rutin. Umumnya rumah sakit atau fasilitas kesehatan lain sudah memiliki prosedur sendiri untuk meminimalkan risiko penyebaran virus.

 

Baca Juga: Bumil, Ini Panduan Pemeriksaan Kehamilan saat Pandemi COVID-19

 

5. Stres

Pada masa pandemi ini memang dituntut ekstra-kehati-hatian dalam beraktivitas, namun bukan berarti GenBest jadi tidak bisa menikmati momen kehamilan ini.  Hati-hati perlu, namun jangan cepat panik karena ini akan membuat kamu stres. Saat kita stres, kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai virus dan bakteri berkurang. Itulah mengapa saat stres, kita jadi lebih rentan sakit.

 

Baca Juga: Jangan Abaikan Nutrisi 1.000 Hari Pertama Kehidupan, Ini Alasannya

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top