26 Dec

Merawat bayi yang lahir dalam kondisi prematur membutuhkan pengetahuan dan penanganan khusus.  Bayi prematur umumnya mempunyai berat badan yang lebih rendah daripada bayi lainnya. Selain itu, terkadang bayi prematur juga disertai dengan gangguan medis karena belum matangnya fungsi organ di dalam tubuh.

 

Memberikan nutrisi pada bayi prematur harus sangat hati-hati. Jika tidak dilakukan dengan benar, bayi prematur berisiko mengalami kesulitan makan. Karena itu, Genbestie bisa memberikan metode ini ketika memberikan nutrisi pada bayi prematur.

 

Baca juga: Cara Menyusui Bayi Prematur agar Terhindar dari Stunting

 

Cara Memberikan Nutrisi pada Bayi Prematur

 

 

merawat bayi prematur

 

 

1. Breastfeeding (menyusui)

 

Breastfeeding adalah salah satu cara memberikan air susu ibu (ASI) kepada bayi secara langsung dari payudara. Pada proses ini, akan terjalin ikatan antara ibu dan bayi. Menurut Kementerian Kesehatan, ASI adalah makanan terbaik yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan bayi.

 

2. Bottle Feeding

 

Memberikan susu di botol banyak dilakukan karena cara ini akan mempercepat asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Bedanya, ketika memberikan ASI dalam bentuk botol, bayi akan terus menerus mendapatkan asupan tanpa menghisap secara aktif. Cara ini cukup efektif untuk dilakukan kepada bayi prematur agar mendapatkan nutrisi lebih untuk menunjang pertumbuhannya.

 

Baca juga: Cegah Virus dan Bakteri, Ini Tips Sterilisasi Peralatan Makan dan Minum Bayi

 

3. Standart Slow Enteral Feeding (SSEF) atau Trophic Feeding

 

Standart Slow Enteral Feeding atau Trophic Feeding adalah metode pemberian susu dengan menggunakan selang khusus yang diberikan kepada bayi prematur. Dikutip dari Kementerian Kesehatan, bayi prematur akan mengalami masalah dalam kemampuan menghisap dan menelan. Cara ini dilakukan dalam waktu 48 jam pertama dan diusahakan diberikan ASI segar mulai 5–10 mL/kgBB/hari yang dinaikkan bertahap sampai volume 25 mL/kgBB/hari.

 

Metode trophic feeding akan diberikan kepada bayi dalam waktu 48 jam pertama setelah kelahiran. Cara ini akan memberikan ASI segar mulai dari 5-10 mL/kgBB/hari. Selanjutnya, volume ASI akan dinaikkan secara bertahap sampai 25 mL/kgBB/hari.

 

4. Bottle Nipples

 

Bottle Nipples adalah pemberian susu dengan menggunakan botol susu yang dirancang untuk bayi prematur dengan berat badan rendah yang memiliki kemampuan menghisap lemah. Cara kerjanya mirip seperti ketika ibu menyusui pada umumnya. Metode ini dilakukan untuk memberikan simulasi mekanisme menghisap yang sama dengan menyusui lewat payudara. Bottle nipples merupakan pilihan terbaik dari ketiga metode lain karena dapat mengeluarkan susu ketika ada hisapan dari bayi.

 

Baca juga: Cara Efektif Tingkatkan Berat Badan Bayi Prematur

 

Kondisi bayi prematur yang berbeda dengan bayi yang lahir sesuai dengan usianya memang membutuhkan perhatian dan penanganan yang lebih. Namun, Genbestie juga bisa berkonsultasi dengan dokter jika sewaktu-waktu menemui kesulitan agar tumbuh kembang bayi prematur tidak terhambat. Bayi prematur yang ditangani dengan tepat akan tumbuh dan berkembang dengan normal sesuai dengan bayi seusianya.

 

———

 

Sumber:

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/254/metode-pemberian-nutrisi-dalam-perawatan-bayi-prematur

https://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/pemberian-asi-pada-bayi-lahir-kurang-bulan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top