Inilah sejumlah mitos dan fakta seputar empeng bayi yang perlu Genbestie ketahui. Apa saja?.

Cobalah untuk menerapkan beberapa cara seperti memberi kesempatannya untuk eksplor, mengajak untuk berinteraksi sosial, dan lainnya..

Ibu menjadi sosok penting dalam mencegah bahaya stunting pada anak dimulai dari persiapan dari hamil, melahirkan, hingga saat anak-anak memasuki usia balita. .

Melatih kecerdasan emosional penting dimulai sejak dini untuk membantu anak mengontrol emosinya dan orang-orang di sekitar..

Jika anak sulit tidur di tengah malam, cobalah lakukan sleep training dengan cara ini.

Jika anak menunjukkan tanda tertentu seperti sulit mengucapkan kata berarti, tidak melaksanakan perintah, dan tidak menjawab panggilan, waspada anak terkena speech delay.

Anak akan rajin berolahraga kalau Genbestie mencoba beberapa tips seperti melakukan aktvitas ringan dan menyenangkan, membatasi gadget, dan lainnya.

Bayi yang rewel saat sedang tumbuh gigi dapat diatasi dengan menggunakan 5 tips ini.

Begini cara menstimulasi bayi usia 0-12 bulan yang tepat agar tidak overstimulasi dan berbahaya bagi anak.

Anak yang punya postur tubuh pendek belum tentu mengidap stunting. Ini perbedaan dan penjelasannya.

Untuk mencegah stunting sejak dini, kita bisa menerapkan tips ABCDE. Apa saja ya tipsnya? .

Memantau tumbuh kembang janin di masa kehamilan sangat penting. Salah satu caranya dengan memastikan berat badan janin normal setiap bulannya. Mengapa?.

Meski sudah melakukan upaya terbaik, namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan janin tidak berkembang di dalam kandungan. .

Sering iri melihat anak tetangga dapat mencapai tonggak milestone dengan cepat? Stop terobsesi dan membandingkan buah hati dengan anak lainnya! Sebab setiap anak memiliki tonggak milestone yang berbeda-beda!.

Salah satu pemeriksaan kehamilan yang penting dilakukan adalah mengukur tinggi perut ibu hamil. Selain berfungsi untuk mengetahui perkembangan janin, mengukur perut tinggi ibu hamil diklaim dapat mendeteksi stunting. .

Salah satu tantangan sebelum memiliki momongan kembali adalah mempersiapkan kondisi psikologis si kakak agar tidak cemburu. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan pada si kakak agar menyayangi sang adik..

Perkembangan motorik halus dan motorik kasar berperan penting dalam mendukung proses tumbuh kembang anak. Meski sama-sama membutuhkan “otot”, namun ada perbedaan antara keduanya..

Banyak orang tua menyalahkan “keturunan” sebagai penyebab anak pendek. Padahal, ada faktor lain yang menyebabkan pertumbuhan tinggi anak tidak optimal. Cek fakta berikut ini!.

Pemeriksaan kehamilan ke dokter harus dilakukan secara rutin sesuai jadwal yang ditentukan sehingga tumbuh kembang si kecil dan kesehatan bumil selalu terpantau.

Imunisasi sangat penting bagi tumbuh kembang anak. Supaya nggak terlewatkan jadwal imunisasi, ikuti tips berikut..

Ada banyak alternatif aktivitas fisik untuk anak umur 0-24 bulan yang dapat meningkatkan kecerdasan dan tumbuh kembang optimal. Apa saja pilihannya?.

Imunisasi berperan penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang anak, menjauhkannya dari berbagai penyakit berbahaya, dan menurut penelitian bisa menjadi faktor yang mendukung dalam pencegahan stunting. .

Wasting adalah salah satu permasalahan gizi yang kerap terjadi pada anak. Efek jangka panjang wasting dapat meningkatkan risiko stunting..

Masih menjadi salah satu masalah gizi yang serius di Indonesia, stunting adalah kondisi yang perlu dicegah sejak dini, agar pertumbuhan dan perkembangan anak optimal..

Stunting tak hanya membuat tubuh anak pendek, namun dapat mempengaruhi kecerdasannya. Lantas, apa saja penyebab stunting pada anak? Banyak, beberapanya bisa bikin kaget!.

Tidak hanya menghambat pertumbuhan, stunting adalah kondisi yang mempengaruhi kecerdasan dan menganggu daya tahan tubuh anak sehingga akan sering sakit-sakitan. Lalu bagaimana cara mengatasi stunting pada anak?.

Setiap pola asuh yang dipilih kedua orang tua berpengaruh pada karakter dan kehidupan anak di masa mendatang. .

Sama halnya dengan motorik, kemampuan sensoris anak juga harus selalu diasah guna merangsang seluruh indra berfungsi optimal. Ada banyak cara menstimulasi sensori anak, salah satunya lewat permainan..

Melihat bayi lapar tidak harus menunggu si kecil menangis. Kita bisa membaca tanda lapar dan kenyang si kecil sesuai usianya dengan beberapa kode ini..

Makanan sudah bervariasi, tapi drama MPASI masih sering terjadi? Bisa saja karena posisi duduk anak saat makan yang salah! Yuk, cek kembali posisi duduk si kecil saat makan..

Jangan terkejut kalau di awal-awal pengenalan MPASI, si kecil melepeh makanannya. Ada beberapa penyebab kondisi ini..

Kemampuan sensoris terkait erat dengan fungsi panca indera, termasuk indera perasa dan penciuman. Tak heran stimulasi sensoris yang tepat dipercaya bisa menunjang keberhasilan pemberian MPASI pada bayi. .

Jangan hanya menyalahkan ibu jika anak stunting. Peran ayah juga sangat penting dalam upaya pencegahan anak stunting. Berikut beberapa peran yang bisa ayah lakukan..

Menghadapi anak yang sering mengemut makanan memang bikin gregetan, ya, Genbest! Yuk, coba cara mengatasi anak makan diemut pada artikel berikut. Jangan dipaksa, ya!.

Perawakan pendek yang perlu dicurigai sebagai masalah kesehatan yang serius adalah ketika seorang anak memiliki tinggi badan jauh di bawah rata-rata usia dan jenis kelamin anak tersebut..

Tinggi badan salah satu faktor penting dalam memantau tumbuh kembang anak. Yuk, coba lakukan tes mandiri berikut untuk mengetahui apakah tinggi badan si kecil termasuk normal, tinggi, atau pendek yang berisiko stunting?.

Ternyata ciri stunting tidak hanya tubuh pendek. Konon, rambut jagung juga ciri anak stunting! Apakah benar demikian? Yuk, simak faktanya pada artikel berikut ini..

Sama halnya dengan orang dewasa, bayi juga perlu olahraga. Olahraga bermanfaat untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi pada masa 1.000 HPK. Namun, pastikan memilih olahraga yang tepat, ya!.

Menari dan bernyanyi merupakan kegiatan yang sangat digemari anak-anak. Ternyata kegiatan ini bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil, lho!.

Berat badan adalah salah satu indikator dalam memantau tumbuh kembang anak. Idealnya, berat badan bayi 7 bulan adalah 6-10 kg. Lantas, bagaimana jika berat badan bayi usia 7 bulan di bawah normal? .

Tummy time adalah kegiatan latihan tengkurap untuk melatih otot-otot bayi. Ada banyak manfaat tummy time untuk tumbuh kembang si kecil. Apa saja itu?.

Golden age atau masa pertumbuhan emas merupakan periode krusial tumbuh kembang seorang anak. Jangan lewatkan masa ini supaya si kecil bisa tumbuh menjadi anak sehat dan cerdas. .

Stunting tidak hanya menghambat pertumbuhan si kecil, namun juga dapat berpengaruh pada kecerdasan anak di masa mendatang. Lantas, apa hubungannya?.

Kondisi bayi lahir dengan berat badan rendah merupakan masalah serius, karena bisa meningkatkan risiko stunting dan menghambat tumbuh kembang anak. Yuk, cegah bayi berat badan lahir rendah dengan cara berikut..

Menyapih dengan cinta atau weaning with love adalah metode penyapihan paling ideal untuk si kecil. Bagaimana caranya? Simak tips melakukan weaning with love berikut ini!.

Sebelum menjadi pejuang ASI sejati, Genbest perlu mengawalinya dengan belajar menyusui yang terkadang penuh tantangan, termasuk saat harus mencari posisi pelekatan yang benar. .

Ada banyak cara menstimulasi tumbuh kembang anak, salah satunya dengan permainan. Apalagi, ada banyak pilihan mainan yang pasti enggak bikin anak bosan..

Tinggi badan merupakan salah satu faktor penting dalam memantau tumbuh kembang anak. Agar pertumbuhan anak optimal, yuk, coba lakukan kebiasaan ini, Genbest!.

Secara fisik perut bumil semakin membesar, tumbuh kembang si kecil dalam kandungan juga semakin pesat. Seperti apakah itu?.

Pendidikan seksual dan reproduksi penting dikenalkan pada anak sejak dini supaya mereka bisa lebih peduli pada kesehatan seksual dan reproduksinya saat dewasa nanti..

Growth spurt adalah lonjakan pertumbuhan yang pesat pada bayi yang bisa ditandai dengan bayi yang merasa lapar terus sehingga lebih sering rewel. .

Keterlambatan motorik dapat mengganggu tumbuh kembang si kecil. Kenali ciri-ciri keterlambatan motorik anak dan cara stimulasi untuk mencegahnya..

Weight faltering merupakan kondisi berbahaya bagi tumbuh kembang anak. Kondisi gagal tumbuh ini berisiko menyebabkan si kecil terkena stunting..

Penelitian menunjukkan bahwa sel-sel otak bayi dengan cepat meningkat saat bayi mendapat stimulasi yang melibatkan seluruh tubuh dan inderanya. Jadi, yuk sempatkan untuk menstimulasi si kecil dengan cara menyenangkan. Perlu ide? Silakan simak di sini!.

Manfaat tidur yang cukup bagi anak-anak, tidak hanya sekadar memulihkan kondisi, namun juga untuk tumbuh kembang yang optimal. .

Tidak terasa si kecil hampir merayakan ulang tahun pertamanya. Di momen penting ini jangan lupa untuk terus memantau tumbuh kembang anak, ya..

Memantau tumbuh kembang si kecil pada usia 7-9 bulan pasti akan membuat GenBest terpukau. Apa saja kemampuan-kemampuan baru yang dimiliki bayi usia ini? Cek di sini, ya!.

Pada usia 4-6 bulan, kemampuan si kecil semakin banyak. Nah, GenBest bisa menggunakan ceklist di bawah ini untuk mengukur perkembangan bayi di rentang usia 4-6 bulan. .

Memantau tumbuh kembang anak idealnya dilakukan sejak si kecil lahir. GenBest bisa cek perkembangan si kecil di sini untuk perkembangan bayi usia 0-3 bulan. .

Stimulasi di periode emas pertumbuhan anak berperan penting untuk perkembangan berbagai kecerdasan si kecil kelak. Manfaatkan momen makan si kecil sebagai ajang stimulasi yang bikin tumbuh kembangnya makin optimal..

Sebagai salah satu indeks tumbuh kembang ideal anak, berat badan bayi harus benar-benar diperhatikan. Berikut pertambahan berat badan ideal bayi setiap bulannya..

Sepertinya akan sulit mencari orang tua yang tidak ingin anaknya cerdas dan memiliki IQ tinggi. Yang menjadi pertanyaan, apa tanda-tanda anak punya IQ tinggi?.

Ketahui kapan gigi-gigi si kecil tumbuh dan tanggal, agar bisa dirawat dengan baik, sehingga memungkinkan mereka mengunyak makanan dengan baik juga, dan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang..

Gigi susu ternyata juga berfungsi untuk membantu bayi mengunyah MPASI dengan lebih baik. Simak, yuk, mitos dan fakta seputar pertumbuhan gigi bayi..

Jangan hanya asal memilih sikat gigi karena lucu. Agar kebersihan gigi dan mulut anak terjaga, pastikan menggunakan sikat gigi bayi dengan tepat..

Memasuki usia 5 bulan, bayi menunjukkan berbagai perkembangan menakjubkan, salah satunya berguling. Hanya itu? Tentu tidak, yuk cek si kecil sudah bisa apa saja!.

Melatih bayi menggunakan sendok bukan hanya melatih kemandirian, proses ini sekaligus menstimulasi kemampuan motoriknya. Lantas di usia berapa kita melatih kemampuan ini?.

Saat memasuki usia 3 bulan, buah hati sudah tidak lagi menyandang status bayi baru lahir. Mereka resmi memasuki fase sebagai bayi dengan berbagai kemampuannya yang berkembang. Simak di sini kemampuan apa saja yang bisa dilakukan si 3 bulan!.

Penyapihan merupakan salah satu proses yang tidak kalah menantang dalam periode menyusui anak. Dalam proses ini peran ayah sangat krusial, lho. Mengapa?.

Yuk, cari tahu dulu perbedaan USG 2D, 3D, dan 4D di infografis ini, biar GenBest bisa menentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan GenBest dan juga si kecil di dalam perut..

Memprediksi tinggi badan akhir atau tinggi dewasa sudah bisa dilakukan sejak seseorang masih bayi, lho. Ini bisa kita lihat melalui sistem prediksi tinggi genetik anak dari IDAI..

Ibu hamil dikatakan mengalami kehamilan kosong, jika ia memiliki kantung kehamilan namun tidak terdapat embrio di dalamnya, apa saja tandanya?.

Kesulitan ibu hamil mengelola stres bisa berpengaruh pada pertumbuhan janin dalam kandungan. Lantas, apa saja dampak buruk dari stres berkepanjangan pada tumbuh kembang janin?.

Si kecil yang belum bisa berbicara hingga usia 2 tahun pasti bikin was-was. Di usia ini sebagian besar anak mampu mengenai perintah dan menggabungkan kata sederhana. Bahayakah hal ini?.

Nggak sedikit orang bingung sendiri saat membaca hasil USG. Pasalnya, hasil tersebut disajikan bersama istilah-istilah, angka, dan gradasi warna yang berbeda. Begini cara bacanya..

Munculnya teknologi USG membuat pemeriksaan kehamilan semakin akurat dan detail. Agar USG berjalan dengan lancar ada beberapa hal yang harus dilakukan bumil sebelum USG. .

Stimulasi dan nutrisi pada masa 1.000 hari pertama kehidupan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Lantas seberapa besar peran stimulasi dan nutrisi pada 1.000 HPK?.

GenBest, sudah tahu belum jika menghitung usia kehamilan juga bisa dilakukan secara mandiri dan mudah di rumah? Yuk, belajar cara cepat menghitung usia kehamilan secara mandiri..

Ada kelainan bibir dan lidah yang dikenal dengan lip tie dan tongue tie yang bisa menjadi penghambat proses menyusui. Seperti apa sih?.

Tumbuh kembang anak di usia 1-2 tergolong sangatlah pesat. Tidak heran, karena di tahapan usia ini termasuk masa-masa keemasan si kecil atau dikenal dengan golden age..

Rata-rata gigi susu pertama bayi akan muncul pada usia 6-8 bulan. Tapi kalau sebelum usia itu juga nggak masalah, kok. Karena setiap anak punya fase pertumbuhan yang berbeda-beda..

Menstimulasi otak bayi kesannya rumit dan mahal. Jangan khawatir, banyak cara sederhana, namun berdampak luar biasa untuk kecerdasan si kecil..

Keberhasilan ibu dalam memberikan ASI tidak bisa dilakukan sendiri. Ibu membutuhkan support system untuk berhasil melewati tahap ini, salah satunya dari ayah..

Si kecil juga perlu diasah keterampilannya makan, agar nutrisi yang ia asup maksimal sehingga pertumbuhan dan perkembangannya optimal. Biar terhindar dari stunting juga tentunya..

Pijat bayi sering dipercaya merupakan salah satu cara menambah berat badan si kecil. Benarkah hal ini? Apa hanya mitos saja? Ini dia faktanya..

Anak dengan keterampilan oromotor yang lemah akan sering melepeh makanan, mengalami kesulitan mengunyah, lebih suka mengemut, dan biasanya hanya senang makanan yang lembut-lembut. Karena itulah keterampilan oromotor si kecil perlu distimulasi sejak dini..

Stimulasi memang penting bagi tumbuh kembang anak, tapi bagaimana kalau jadinya overstimulasi? Apakah hal ini bisa berdampak buruk pada anak?.

Selain perrtumbuhan si kecil, GenBest juga perlu selalu memantau perkembangannya. Ini yang terkadang dilupakan..

Bayi baru masuk tahap MPASI tapi sudah pilih-pilih makanan. Hmm, ada berbagai faktor yang menyebabkan hal ini. Berikut penjelasannya..

Berat badan si kecil yang tidak bertambah memang bisa bikin deg-degan. Bukankah berat badan menjadi salah satu indikator pertumbuhan anak? Kalau si kecil juga mengalaminya, berikut tips menambah berat badan pada 12 bulan pertama..

Perkembangan pada bayi prematur umumnya lebih lama dibandingkan anak yang cukup bulan. Guna mengoptimalkan dan menurunkan risiko stunting, GenBest perlu memberi stimulasi khusus..

Mengetahui jumlah kosakata si kecil yang sesuai usianya sangat penting untuk mendeteksi risiko speech delay. .

Bayi menggigit puting saat menyusu adalah hal yang wajar. Apalagi kalau ia mulai tumbuh gigi. Jangan sampai hal ini membuat kita kapok memberikan ASI. Ada cara mengatasi masalah ini, kok..

Sama-sama membuat tinggi anak tidak maksimal, tapi keduanya memiliki kondisi berbeda, lho..

Memantau tumbuh kembang anak sekarang sudah sangat mudah dengan menggunakan aplikasi “Anak Sehat” dari GenBest. Ada banyak fitur menarik di dalamnya, lho!.

Jika saat ditimbang berat badan anak tidak kunjung naik, apakah menandakan ia gagal tumbuh?.

Masih cemas kalau harus periksa kandungan di saat Adaptasi Kebiasaan Baru ini, tapi penasaran dengan berat badan janin? Yuk, coba ukur berat janin secara manual dengan rumus mudah berikut ini..

Mengonsumsi makanan sehat perlu diterapkan sedini mungkin agar tumbuh kembang anak optimal dan bisa menjauhkannya dari risiko stunting. Kedengarannya memang mudah, tapi prakteknya penuh tantangan. Coba ikuti tips di artikel ini. .

Stunting tidak hanya berpengaruh pada tinggi badan. IQ seorang anak juga dipengaruhi oleh gangguan pertumbuhan yang satu ini. Lantas, apa yang membuat anak stunting memiliki IQ rendah?.

Pemantauan tumbuh kembang untuk bayi 0-12 bulan dianjurkan tiap bulan, anak usia 12 sampai 24 bulan dianjurkan tiap 3 bulan, dan anak usia 24 bulan sampai 72 bulan dianjurkan tiap 6 bulan. Lalu apa manfaatnya?.

Stunting tidak hanya terjadi karena faktor eksternal, tetapi juga faktor genetik. Memang, tinggi badan ibu bukanlah penyebab utama stunting, tetapi ternyata juga berpengaruh, lho..

Salah satu tantangan orang tua saat si kecil masuk masa MPASI adalah gerakan tutup mulut (GTM). Anak rewel saat diajak makan bahkan tidak mau memasukkan makanan ke mulut. .

Meningkatkan kemampuan kognitif anak ternyata bisa kita lakukan dengan kegiatan yang menyenangkan seperti beberapa kegiatan seru berikut ini GenBest..

Kalau berat badan si kecil yang menyusu ASI tidak naik secara konsisten, mungkin ada masalah menyusui yang GenBest tidak sadari. Yuk, cari di sini apa masalahnya dan segera diatasi. .

Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah periode yang tidak boleh dilewatkan. Kenapa 1.000 hari pertama kehidupan penting bagi tumbuh kembang anak?.

Pada periode emas masa pertumbuhan anak, berat badan yang begitu rendah bisa memiliki dampak negatif, tidak hanya pada kesehatan fisik anak, namun juga perkembangan otaknya..

Menjaga kesehatan buah hati harus dimulai sejak si kecil dalam kandungan. Salah satunya, mencegah buah hati lahir dengan berat badan rendah. Kondisi ini bisa mendatangkan banyak masalah kesehatan, salah satunya stunting. .

Kita sering mendengar kalau anak yang sering berolahraga akan lebih tinggi dibandingkan teman seusianya. Benarkah? Apa cuma mitos?.

Anak yang suka pilih-pilih makanan memang bikin khawatir. Coba bagaimana kalau sampai mengganggu tumbuh kembangnya, apalagi mengalami stunting? Duh, jangan sampai ya GenBest. .

Jika berat badan bayi lahir di bawah standar normal bisa dikatakan ia mengalami kondisi berat badan lahir rendah (BBLR). Apa yang menyebabkan berat badan bayi rendah saat lahir? .

Gizi buruk terjadi ketika anak tidak menerima nutrisi penting dalam kadar yang cukup, sehingga pertumbuhan dan perkembangannya terganggu. Yuk, cari tahu apa saja masalah kurang gizi yang mungkin dialami anak..

Bayi prematur memiliki kecenderungan lahir dengan berat badan lahir rendah. Namun, ada beberapa cara untuk menaikkan berat badannya sehingga bisa menurunkan berbagai risiko masalah kesehatan, seperti stunting. .

Untuk memantau tumbuh kembang si kecil, GenBest perlu menimbang si kecil dan mengisi KMS setiap bulan. Bagaimana cara mengisi dan membaca KMS dengan benar?.

Apa pentingnya KMS sehingga kita diwajibkan membawanya saat posyandu? Yuk, berkenalan dengan alat ukur tumbuh kembang anak ini..

Jika berat badan bayi tidak bertambah kenali penyebabnya berikut ini..

Wajar, kok, kalau berat badan si kecil tidak sama dengan temannya yang seusia, asal masih masuk kurva pertumbuhan yang sehat. Nah, kalau terus-menerus turun, GenBest harus waspada! .

Selama ini banyak yang beranggapan stunting dan cebol adalah kondisi yang sama. Padahal keduanya berbeda dari berbagai aspek. .

Yuk, manfaatkan masa-masa di rumah saja untuk menstimulasi tumbuh kembangnya, lewat permainan edukatif yang menyenangkan.

Hubungan antara stunting, anemia, dan remaja memang tidak bisa dipisahkan. Karena itulah upaya cegah stunting harus dimulai dari usia remaja. .

Saat usia 1 tahun anak telah berkembang dengan menakjubkan. Kita wajib memahami perkembangan fisik dan psikis anak umur 1 tahun untuk memastikan kondisi buah hati..

Apa, sih, hormon pertumbuhan dan bagaimana cara memaksimalkan tinggi anak dengan hormon pertumbuhan?.

Setiap anak unik dan memiliki waktu masing-masing untuk tumbuh. Namun, ada gambaran umum untuk melihat perkembangan anak umur 2 tahun..

Agar perkembangan anak di periode emasnya berjalan baik dan optimal, ada beberapa area penting yang harus diperhatikan, GenBest..

Stunting merupakan salah satu gangguan tumbuh kembang yang menyebabkan anak memiliki perawakan pendek. .

Sebagai ibu tentu banyak pertanyaan yang muncul di benak kita mengenai tanda anak tumbuh normal. Inilah 5 tanda anak tumbuh normal dan sehat. .

Memantau ukuran lingkar kepala bayi penting dilakukan hingga usia si kecil 2 tahun. Tapi benarkah semakin besar ukuran kepalanya, anak juga semakin cerdas?.

Menurut riset, tidur nyenyak dan olahraga dapat merangsang pelepasan hormon pertumbuhan anak..

Memahami kemampuan bayi di setiap jenjang usianya dapat membantu orang tua mendeteksi bila ada gejala keterlambatan tumbuh kembang..

Pada periode emas pertumbuhan di 1.000 hari pertama kehidupan, harus diimbangi dengan kemampuan motorik dasar bayi..

Pada tahun 2019, menurut Badan Pusat Statistik, 1 dari 4 balita di Indonesia masih mengalami stunting. Lantas, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk mencegah anak stunting? .

Stunting merupakan suatu kondisi yang bisa dicegah sejak dari masa kehamilan ataupun ketika bayi lahir hingga 1000 hari pertamanya, karena itu adalah saat yang paling bagus untuk tumbuh kembangnya..

Melalui Kartu Menuju Sehat (KMS), orang tua bisa mengecek dan memantau status gizi anak agar sesuai tumbuh kembangnya..

Malnutrisi dan stunting kerap kali disalahartikan sebagai dua hal yang sama. Namun sebenarnya, kedua hal itu adalah kondisi yang berbeda. .

Pemeriksaan ini penting banget buat mantau tumbuh kembang juga masalah yang mungkin dialami si kecil..

Saat hamil, stres yang dialami tidak hanya merugikan GenBest, tapi juga janin yang sedang dikandung..

"Cinta, perhatian, waktu dan sentuhan dengan bayi kita merupakan bagian paling penting untuk perkembangan aktivitas anak”.

Agar si kecil bertambah pintar, coba lakukan stimulasi-stimulasi ini di rumah, ya!.

Yuk, cek apakah si kecil sudah bisa melakukan ini di satu tahun pertama kehidupannya!.

Jangan sampai terlewat memberikan si kecil stimulasi, agar perkembangan otaknya maksimal..

Jangan cemas dulu, karena kebiasaan itu merupakan bagian dari perkembangan anak. Yuk, cari tahu lebih lanjut!.

Kabar bahagianya, nggak ada anak bodoh. Artinya, sejatinya semua anak terlahir pintar, asal orangtua mendukung dan memberikan stimulasi tepat..

Meski digunakan dokter untuk memantu pertumbuhan anak, tapi sebagai orang tua, GenBest juga perlu tahu cara membaca Kartu Menuju Sehat (KMS)..

Beberapa hal ini perlu diperhatikan untuk memastikan, apakah si kecil yang kurus memang kekurangan gizi atau sehat..

Lewat permainan, si kecil juga bisa mengembangkan kecerdasannya, lho! Ini 5 bentuk permainannya..

Tenang, kamu tidak sendirian menghadapi masalah makan anak ini. Untuk itu, ketahui dulu penyebanya anak sulit makan, lantas cari solusi untuk mengatasinya..

Ini penting diketahui, karena kemampuan duduk berkaitan erat dengan kemampuan makan makanan padat, untuk mendampingi ASI yang selama 6 bulan pertama, jadi sumber pemenuhan gizi bayi..

Lihat rumusnya di infografis ini, lalu lakukan pengukuran secara rutin..

Kebiasaan sehat ini bisa diterapkan sejak usia dini, kok. Begini langkah-langkahnya. .

Faktor keturunan memang tidak bisa diperbaiki, tapi bukan berarti kita tak bisa lebih tinggi dari orang tua, lho .