5 Aug

Memantau tumbuh kembang anak sudah menjadi tugas tidak tertulis bagi orang tua. Bahkan, pemantauan ini sebaiknya sudah dilakukan sejak 1.000 hari pertama kehidupan. Masih ingat, kan, kapan masa 1.000 hari pertama kehidupan ini?

 

Yup, benar banget! Masa 1.000 hari pertama kehidupan dimulai sejak GenBest memasuki masa kehamilan hingga buah hati menginjak usia dua tahun. Alasannya? Tentu agar si kecil sehat dan tumbuh kembangnya berjalan optimal, serta terhindar dari risiko stunting.

 

Nah, mungkin Genbest berpikir bagaimana cara memantau tumbuh kembang si kecil dengan baik dan tepat? Apakah harus setiap hari ke dokter? Atau harus dicatat di buku setiap saat? Tenang, GenBest bisa melakukan pemantauan dengan cara yang lebih mudah, yaitu dengan aplikasi “Anak Sehat”.

 

Baca Juga: Pentingnya 1.000 Hari Pertama Kehidupan Bagi Tumbuh Kembang Anak

 

Apa Itu aplikasi “Anak Sehat”?

Sesuai dengan namanya, “Anak Sehat” adalah aplikasi yang akan membantu kita memantau

tumbuh kembang buah hati dalam upaya terhindar dari bahaya stunting sejak dini. Aplikasi ini diinisiasi oleh Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

 

Fitur “Anak Sehat”

Aplikasi Anak Sehat berisi berbagai fitur untuk cek kehamilan dan memantau tumbuh kembang  anak sejak lahir hingga usia dua tahun. Aplikasi ini juga menyediakan fitur pengingat jadwal imunisasi serta kontrol  berat badan dan tinggi badan si kecil. Tampilannya user friendly karena fitur-fitur “Anak Sehat” dapat diakses dengan mudah dan informasinya jelas serta rapi.

 

Penasaran, kan, apa saja fitur menarik di aplikasi “Anak Sehat”?

 

  1. Database ibu dan anak

Di sini GenBest bisa melengkapi, melihat, atau meng-update data pribadi. Saat mengisi usahakan untuk selengkap mungkin karena ini akan berpengaruh pada perhitungan kesehatan kehamilan GenBest nantinya.

 

Pada halaman database anak, GenBest bisa menginput data anak dan memperbarui jika ada data terkini. Pada fitur Anak terdapat halaman Form Anak, Detail Anak, Daftar Pemeriksaan Anak, Form Pemeriksaan Anak, Hasil Pemeriksaan Anak, Riwayat Imunisasi, dan Form Imunisasi. Sama pada saat pengisian Data Ibu, data anak perlu diisi selengkap mungkin untuk mendapat hasil analisa kesehatan anak yang lebih akurat.

 

  1. Riwayat kehamilan dan pemeriksaan kehamilan

Fitur ini bisa menjadi catatan yang lengkap dan rapi untuk data riwayat pemeriksaan kehamilan. GenBest diharapkan bisa mendapat informasi yang memadai mulai awal kehamilan hingga melahirkan.

 

  1. Riwayat pemeriksaan bayi dan anak

Mengelola data riwayat pemeriksaan anak, termasuk untuk mencatat tinggi, berat, dan ukuran lingkar kepala si kecil. Fitur ini juga dapat membantu melacak pola pertumbuhan anak melalui KMS Digital.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Berat Janin Manual di Rumah

 

  1. Jadwal dan pengingat imunisasi

Fitur ini bisa menyimpan informasi kesehatan untuk anak, termasuk jadwal imunisasi. GenBest jadi makin tenang karena tidak ada lagi jadwal imunisasi si kecil yang terlewat.

 

  1. Game interaktif

Tidak hanya mencatat dan pengingat, “Anak Sehat’ juga punya game seru tentang pola hidup sehat. Pada fitur ini GenBest bisa mendapatkan informasi pencegahan stunting dengan cara yang menyenangkan.

 

  1. Infografis dan video stunting

Fitur ini memberikan informasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan stunting dalam bentuk infografis dan video sehingga lebih menarik dan mudah dipahami.

 

Cara Mendapatkan Aplikasi “Anak Sehat”

Untuk menggunakan aplikasi “Anak Sehat”, GenBest bisa men-download melalui Playstore pada smartphone Android-mu, atau langsung mengklik “Anak Sehat. Setelah berhasil di-download, isi data diri dan beberapa informasi yang dibutuhkan sesuai dengan instruksi dari aplikasi.

 

Setelah semuanya diisi, GenBest bisa dengan mudah memantau tumbuh kembang anak sejak 1.000 hari pertama kehidupan, termasuk mencegah stunting. 

 

Seperti kita ketahui, stunting adalah kondisi ketika seorang anak gagal tumbuh akibat kurang gizi kronis, terutama pada masa 1.000 hari pertama kehidupan. Tak hanya berdampak pada fisik anak yang ditandai dengan tubuh yang sangat pendek, stunting juga menghambat perkembangan kognitif serta kesehatan anak.

 

Bagi GenBest yang ingin si kecil tumbuh sehat, tumbuh kembangnya optimal, dan bebas stunting, aplikasi Anak Sehat wajib dimiliki.

 

Baca Juga: Berat Badan Anak Susah Naik, Benarkah Gagal Tumbuh?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top