17 Nov

Usia bayi 5 bulan, menandakan waktu MPASI akan segera tiba. MPASI menjadi begitu penting bagi bayi karena terkait erat dengan pemenuhan kebutuhan nutrisi bayi yang meningkat saat ia berusia 6 bulan kelak.

 

Terlambat memberikan MPASI dikhawatirkan dapat mengganggu tumbuh kembang si kecil, dan dalam kasus jangka panjang yang ekstrem, tidak terpenuhi kebutuhan nutrisi bayi bisa membuatnya kekurangan gizi dan meningkatkan risiko stunting.

 

Kembali lagi pada si kecil yang berusia 5 bulan, GenBest tentu penasaran soal tumbuh kembangnya. Nah, berikut beberapa pencapaian bayi 5 bulan yang bisa dicocokkan dengan tumbuh kembang si kecil di rumah:

 

1. Panjang (tinggi) dan berat badan

Berat badan bayi laki-laki 6—9,2 kg dan bayi perempuan 5,5—8,7kg. Sedangkan untuk tinggi/panjang bayi perempuan rata-rata 60—68 cm dan bayi laki-laki adalah 62—70 cm. 

 

2. Perkembangan motorik anak

Salah satu perkembangan yang paling terlihat pada usia 5 bulan adalah kemampuan bayi untuk berguling dari posisi telentang ke tengkurap, atau sebaliknya. Selain berguling, si kecil juga sudah mampu meraih benda-benda di sekitarnya. Kemampuan menggenggam bayi yang meningkat memungkinkan si kecil untuk belajar memindahkan benda dari satu tangan ke tangan lain atau melempar benda.

 

Bayi juga sudah bisa duduk dengan tegak beberapa detik. Tapi kalau si kecil masih perlu ditopang dengan bantal atau penyangga lainnya, itu pun normal.

 

Baca Juga: Pahami Cara Menstimulasi Kemampuan Motorik Dasar Bayi

 

3. Kemampuan bicara

Biasanya anak akan mengucapkan kata pertamanya pada usia 12-15 bulan. Namun ada satu perkembangan kemampuan berbicara yang cukup penting di usia 5 bulan, yakni babbling atau mengoceh.  Meski yang terdengar di telinga kita hanya ‘ba ba ba’, ‘da da da’, atau semacamnya, babbling sangat penting untuk fase bahasa selanjutnya karena babbling merupakan bentuk pembelajaran pertama bayi mengenai bahasa.

 

Baca Juga: Anak Belum Bisa Bicara Hingga Usia 2 Tahun, Coba Lakukan Cara Ini

 

4. Interaksi bayi

Salah satu hal yang juga perlu diperhatikan pada bayi usia 5 bulan adalah kemampuan sosialnya. Si kecil mulai sadar, jika kita memanggil namanya atau membicarakan dirinya. Bayi juga sudah bisa mengeluarkan isyarat untuk meminta sesuatu, seperti mengangkat tangan saat ingin digendong.

 

Jika sebelumnya anak hanya mampu menangis, tersenyum, dan tertawa, bayi usia 5 bulan sudah bisa menjerit. Bayi juga kerap tertawa ketika melihat ekspresi atau hal yang dianggapnya lucu.

 

Salah satu perkembangan sosial terbesar bayi usia 5 bulan adalah kemampuannya untuk mengenali orang-orang terdekatnya. Termasuk GenBest sebagai orang tuanya.

 

Menunjang Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Jika tadi ada perkembangan bayi usia 5 bulan yang bikin kita bangga sebagai orang tua. GenBest juga tetap harus memerhatikan beberapa hal lain guna meningkatkan tumbuh kembang anak pada usia 5 bulan ini. Apa saja yang harus kita perhatikan?

 

1. Jangan lupakan stimulasi

Bentuk stimulasi yang bisa dilakukan pada bayi usia 5 bulan, antara lain mengajaknya berbicara dan bernyanyi, membacakan buku, memberikan mainan pada anak, menimang dengan suara-suara lucu. GenBest juga bisa mengajak mereka bermain cilukba.

 

Baca Juga: Stimulasi untuk Bayi Umur 0-3 Bulan

 

2. Penuhi kebutuhan nutrisi anak

Nah, aspek lain yang tidak kalah penting adalah asupan nutrisinya. Pastikan si kecil memperoleh ASI eksklusif.

 

3. Jam tidur berkualitas

Bayi usia 5 bulan membutuhkan tidur selama 11,5-14 j dalam sehari.  Jika bayi sudah dapat berguling, waspada karena mereka bisa saja terjatuh dari tempat tidur.

 

Nah, selamat memantau tumbuh kembang bayi. Yang penting diingat, bayi memiliki percepatan tumbuh kembang yang berbeda-beda. Jadi tidak ada bayi yang persis sama. Pencapaian-pencapaian bayi di atas, hanya sebagai gambaran kasar dan bukan berarti si kecil harus sudah bisa memenuhi semua itu meski usianya sudah 5 bulan

 

Tugas GenBest adalah terus memantau tumbuh kembang si kecil dan rajin membawa bayi untuk menjalani kontrol rutin yang sudah dijadwalkan oleh puskemas atau rumah sakit. Pada saat kontrol itulah, dokter akan melakukan pemeriksaan tumbuh kembang dan melihat apakah bayi menunjukkan indikator pertumbuhan yang sehat.

 

Baca Juga: Berbagai Indikator Pertumbuhan Anak pada Usia 1–2 Tahun

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top