25 Dec

Mempunyai anak yang pemalu menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Genbestie seringkali merasa khawatir dengan sifat anak tersebut. Sebenarnya, si kecil yang pemalu ini tidak mengganggu tumbuh kembangnya.

 

Namun, jika sifat pemalu si kecil sudah mulai mengkhawatirkan, Genbestie bisa bantu mengarahkannya agar lebih percaya diri dengan beberapa tips berikut ini. 

 

Tips Membantu Anak Pemalu Agar Lebih Percaya Diri

 

anak pemalu

 

 

1. Hindari menyebutnya “pemalu”

 

Dikutip dari RSUP Dr. Sardjito, anak yang semula tidak pemalu  justru bisa menjadi pemalu ketika si kecil dicap pemalu di depan orang lain. Secara tidak sadar, Genbestie sebagai orang tua sudah memberikan labelling kepada anak. Karena itu, hindari menyebut anak pemalu, alih-alih berilah sebutan positif yang meningkatkan kepercayaan diri baginya.

 

2. Beri kesempatan untuk eksplor

 

Agar tidak malu-malu lagi, cobalah berikan kesempatan pada anak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Mengeksplor hal-hal di sekitar akan membuat si kecil belajar hal-hal baru yang mendorong perkembangan kepercayaan dirinya. Ketika melakukan cara ini, pastikan Genbestie mengawasinya agar tetap aman namun tetap membebaskannya.

 

Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Anak

 

3. Ajak untuk berinteraksi sosial

 

Cobalah untuk mengajak anak melakukan interaksi sosial dengan anak seusianya. Cara ini umumnya dilakukan ketika si kecil mulai memasuki usia sekolah. Dikutip dari Antaranews, psikolog anak dan keluarga, Rosdiana Setyaningrum mengatakan, ketika memasuki hari pertama sekolah, beritahu anak tentang situasi yang akan dihadapi agar mereka bisa membayangkan lingkungan baru. Namun, jika ada teman dari TK yang sama di sekolah barunya, ajaklah playdate terlebih dahulu sebagai langkah untuk membantu anak beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru di sekolahnya.

 

berikan informasi tentang situasi yang akan dihadapi agar mereka bisa membayangkan lingkungan baru. Jika ada teman dari TK yang sama di sekolah barunya, aranjalah playdate terlebih dahulu sebagai langkah untuk membantu anak beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru.

 

4. Jangan memaksa anak

 

Ketika si kecil gagal melakukan sesuatu, jangan sampai Genbestie memaksanya sampai berhasil atau bahkan memarahinya. Cara seperti ini justru akan menurunkan tingkat kepercayaan dirinya. Sebagai orang tua, Genbestie juga harus bisa mengontrol emosi dan ekspektasi ya jika anak gagal.

 

Baca juga: Pola Asuh Anak Yang Tepat, Orang Tua Baru Wajib Tahu!

 

5. Terus beri dukungan

 

Sama seperti anak pada umumnya, si kecil yang punya kepribadian pemalu juga butuh dukungan dari orang tuanya. Pastikan Genbestie dan pasangan selalu mendukungnya, terutama saat si kecil merasa kesulitan. Memberikan dukungan akan membuat anak tidak merasa sendirian dan mulai terbuka dengan orang tua.

 

Dalam memahami dunia anak, kita seringkali dihadapkan pada tantangan unik, salah satunya adalah menghadapi anak pemalu yang tengah tumbuh dan berkembang. Tetapi, jika si kecil sudah terlalu tertutup, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog anak, ya. Dengan begini, Genbestie sebagai orang tua akan menemukan jawaban, saran, dan solusi yang membantu dari ahlinya.

 

—---

 

Sumber:

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1261/memiliki-buah-hati-dengan-kepribadian-introvert-tidak-masalah-asal-bunda-tahu-cara-menghadapinya

 

https://sardjito.co.id/2019/10/30/mengatasi-sikap-pemalu-pada-anak/

 

https://www.antaranews.com/berita/972326/punya-anak-pemalu-begini-cara-agar-dia-pd-hari-pertama-sekolah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top