Sebagai salah satu indeks tumbuh kembang ideal anak, berat badan bayi harus benar-benar diperhatikan. Berikut pertambahan berat badan ideal bayi setiap bulannya..

Agar proses menyusui berjalan lancar dan menyenangkan, GenBest perlu mempersiapkannya jauh-jauh hari. Simak tips-tips sederhana berikut agar momen menyusui lebih optimal..

Sangat tidak disarankan memberikan air putih pada bayi di bawah usia 6 bulan. Karena dapat memunculkan berbagai gangguan kesehatan yang bisa memengaruhi tumbuh kembang anak..

Pijat laktasi salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk melancarkan produksi ASI. Pijatan yang mudah ditiru di rumah ini memiliki berbagai manfaat penting bagi ibu menyusui, lho..

Beberapa kebiasaan saat menyusui bisa menghambat proses menyusui. Berikut ini beberapa kebiasaan yang harus dihindari ibu saat menyusui bayi..

Biasanya seorang ibu baru cemas atas kecukupan ASI untuk si kecil, karena merasa ASI-nya tidak lancar. Pastinya hal ini bikin panik, padahal ada cara mudah untuk mendongkrak produksi ASI, lho..

Berkat tingginya kandungan nutrisi di dalamnya, menjadikan ASI memiliki segudang manfaat untuk tumbuh kembang anak. Mulai dari melindungi bayi dari berbagai penyakit hingga mencegah stunting. .

Jumlah ASI yang sedikit saat dipompa memunculkan kekhawatiran tersendiri bagi banyak ibu. Nah, supaya jumlah ASI bisa maksimal saat dipompa, coba lakukan cara berikut ini..

Stimulasi dan nutrisi pada masa 1.000 hari pertama kehidupan penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Lantas seberapa besar peran stimulasi dan nutrisi pada 1.000 HPK?.

Alergi protein susu sapi sudah bisa dikenali sejak masa 1.000 hari pertama kehidupan anak. Lantas bagaimana tanda-tanda si kecil memiliki alergi protein susu sapi?.

Ada banyak faktor yang menentukan keberhasilan memberikan ASI, salah satunya adalah posisi saat menyusui. Berikut ini adalah 5 posisi menyusui bayi yang aman dan nyaman..

Kondisi medis lip tie dan tongue tie bisa mengakibatkan bayi kesulitan untuk menyusu. Berikut ini beberapa hal yang bisa GenBest lakukan..

Ada kelainan bibir dan lidah yang dikenal dengan lip tie dan tongue tie yang bisa menjadi penghambat proses menyusui. Seperti apa sih?.

Menyusui satu bayi mungkin GenBest sudah ada bayangan. Namun bagaimana dengan bayi kembar? Apakah harus bergantian atau bisa dilakukan bersamaan langsung? Begini caranya..

Bekerja bukan halangan untuk mengoptimalkan ASI eksklusif pada si Kecil. GenBest tetap bisa memerah ASI di kantor asalnya tahu strateginya. Berikut ini adalah triknya..

Pernah kepikiran, kalau tiba-tiba listrik di rumah mati, sementara stok ASI perah masih banyak di dalam freezer? Nah, untuk jaga-jaga situasi seperti itu, intip tips menyelamatkan ASI perah saat listrik padam..

Emosi sedih, marah, stres ternyata bisa mengganggu pelepasan hormon oksitosin di otak dan menyebabkan kesulitan menyusui. Lho, kok, bisa? Simak jawabannya, yuk, di sini!.

Bayi yang teratur bersendawa setelah minum ASI dapat terhindar dari kolik, muntah, serta risiko ASI masuk paru-paru. Kalau tidak bisa sendawa gimana? Tenang, begini cara menyendawakan bayi..

Orang dewasa membutuhkan tidur sekitar 8 jam sehari untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Namun ketika baru melahirkan kebutuhan tidur ini sulit sekali terpenuhi, padahal kurang tidur dapat mempengaruhi produksi ASI. Jadi busui harus bagaimana?.

Minum obat selama masa menyusui masih jadi pertanyaan umum para busui, karena takut akan memengaruhi ASI dan si kecil. Namun, kira-kira aman nggak sih, minum obat selama menyusui?.

Selama menyusui kita masih boleh untuk mengonsumsi obat-obatan, asalkan jenis yang dikonsumsi aman bagi ibu menyusui. Yuk, cek jenis obat-obatan yang aman dan tidak aman bagi ibu menyusui..

Berbagai penghematan bisa GenBest lakukan dengan cerdik, sehingga memberikan ASI bagi si kecil pun bisa terus diperjuangkan..

Salah satunya tentu selalu cuci tangan sebelum dan setelah menyentuh bayi, namun masih banyak yang lainnya. Apa saja? .

Keberhasilan ibu dalam memberikan ASI tidak bisa dilakukan sendiri. Ibu membutuhkan support system untuk berhasil melewati tahap ini, salah satunya dari ayah..

Relaktasi memang punya tantangan tersendiri. Yuk, pahami cara efektif melakukan relaktasi berikut ini..

Penelitian membuktikan balita yang mendapat ASI akan lebih sehat saat mereka besar nanti. Nah, GenBest tertarik untuk terus menyusui si kecil hingga. 2 tahun? Berikut tips suksesnya..

Agar pemberian ASI eksklusif lancar, GenBest perlu tahu tahapan menyusui dan manfaatnya bagi bayi. Memang, ada berapa sih tahapannya?.

Salah satu faktor yang memengaruhi kualitas ASI adalah makanan dan minuman yang dikonsumsi saat menyusui. Berikut 10 makanan dan minuman yang harus dihindari busui..

Seiring bertambahnya usia kandungan, payudara memang ikut berubah, berisap untuk memproduksi nutrisi atau ASI bagi bayi nanti. .

Berat badan si kecil yang tidak bertambah memang bisa bikin deg-degan. Bukankah berat badan menjadi salah satu indikator pertumbuhan anak? Kalau si kecil juga mengalaminya, berikut tips menambah berat badan pada 12 bulan pertama..

Sepertinya, sebutan ASI sebagai air ajaib memang tidak salah. Karena bukan hanya penting untuk memacu memenuhi kebutuhan gizi si kecil, ASI juga bisa mencegah ibu dan bayi dari penyakit, lho. .

Bayi yang sering muntah setelah menyusu tentu bikin kita khawatir sendiri, kan? ini beberapa faktor penyebab bayi sering muntah setelah menyusu..

Bukan hanya tubuh, payudara juga butuh dipijat pasca melahirkan, lho. Bukan hanya membuat rileks, tapi juga berpengaruh pada kelancaran ASI. .

Dulunya ASI pertama ini dianggap kurang berkualitas, karena warnanya yang tidak seputih ASI. Namun anggapan ini salah. Kolostrum memiliki berbagai kandungan penting bagi anak salah satunya mencegah stunting..

Bayi menggigit puting saat menyusu adalah hal yang wajar. Apalagi kalau ia mulai tumbuh gigi. Jangan sampai hal ini membuat kita kapok memberikan ASI. Ada cara mengatasi masalah ini, kok..

Tidak selamanya hal-hal yang GenBest ketahui tentang ASI dan menyusui itu benar, lho. Berikut mitos yang GenBest perlu ketahui seputar ASI..

Pandemi COVID-19 pasti membuat was-was, namun jangan berhenti menyusui karena khawatir si kecil tertular ya, GenBest. ASI penting untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Agar menyusui berjalan aman, gunakan protokol kesehatan ini..

Peringatan Pekan Menyusui Sedunia adalah bentuk dukungan untuk para ibu agar lebih bersemangat memberikan ASI pada si kecil. Apa saja agenda besarnya? .

Karena ASI juga bisa menghindarkan anak dari kurang gizi kronis, yang mengakibatkan stunting..

Cari tahu makanan apa saja yang perlu GenBest konsumsi dalam memenuhi nutrisi mikro selama masa menyusui ini.

Yuk, simak di mana saja dan berapa lama ASI perah aman disimpan dalam infografis ini!.

Yang sudah pernah memerah ASI, mungkin pernah mengalami satu hari ASI keluar banyak, namun keesokan hari sedikit. Kok, bisa begitu? Faktor apa saja yang memengaruhi banyak-sedikitnya ASI?.

Agar tahan lebih lama, ASI perah perlu dimasukkan ke freezer. Lalu bagaimana cara tepat mencairkan ASI perah? Apa perlu dihangatkan kembali? .

Selain karena chubby, anak gemuk dianggap sebagai cukup gizi. Padahal anak gemuk masih berisiko terkena stunting, lho. .

Masalah stunting tidak hanya berhenti pada terhambatnya tumbuh kembang saja. Namun juga menyebabkan anak rentan terserang penyakit degeneratif..

Kalau berat badan si kecil yang menyusu ASI tidak naik secara konsisten, mungkin ada masalah menyusui yang GenBest tidak sadari. Yuk, cari di sini apa masalahnya dan segera diatasi. .

Hari Pertama Kehidupan (HPK) adalah periode yang tidak boleh dilewatkan. Kenapa 1.000 hari pertama kehidupan penting bagi tumbuh kembang anak?.

Inisiasi Menyusui Dini sangat penting untuk membantu proses tumbuh kembang anak. Yuk, pahami kapan waktu yang tepat melakukan IMD dan cara melakukannya..

Bayi prematur memiliki kecenderungan lahir dengan berat badan lahir rendah. Namun, ada beberapa cara untuk menaikkan berat badannya sehingga bisa menurunkan berbagai risiko masalah kesehatan, seperti stunting. .

GenBest yang sedang menyusui, lalu hamil lagi, mungkin bingung untuk menentukan akan terus menyusui atau tidak. Baca ini dulu, yuk, sebelum memutuskan. .

Belum ada penelitian yang mendeteksi ibu positif COVID-19 dapat menularkan kepada anak melalui pemberian ASI. Oleh karena itu tak perlu berhenti menyusui ya, GenBest. Namun, patuhi protokol kesehatannya. Apa saja itu? Silakan cek di sini!.

ASI merupakan sumber utama nutrisi bagi bayi. Namun, bagaimana jadinya kalau bayi mogok menyusu. Yuk, cari tahu penyebab dan cara mengatasinya. .

Kalau GenBest yang baru saja melahirkan juga nggak pede soal ini, jangan khawatir, banyak ibu yang mengalami hal yang sama. Begini penjelasaannya..

Ternyata, kebutuhan nutrisi ibu hamil dan ibu menyusui itu berbeda. Walaupun tujuannya tetap sama, yaitu membuat bayi sehat dan tidak stunting. Apa perbedaannya?.

Selain menjaga kekebalan tubuh ternyata manfaat IMD dan ASI Ekslusif pada bayinya juga bisa membantu cegah stunting. .

Sampai umur berapa si kecil hanya boleh diberi ASI saja?.

Karena menyimpan ASI ternyata tidak bisa sembarangan begitu saja, agar nutrisi yang terkandung di dalamnya juga tetap terjaga..

Kabar bahagianya, nggak ada anak bodoh. Artinya, sejatinya semua anak terlahir pintar, asal orangtua mendukung dan memberikan stimulasi tepat..

Ada banyak minuman yang bisa GenBest minum untuk meningkatkan produksi ASI. Ini 5 di antaranya, yang bisa bikin ASI melimpah!.

Pastikan kebutuhan nutrisi si kecil selalu terpenuhi, ya, di 6 bulan pertama usianya..

Karena itu, amat dianjurkan GenBest memberi hanya ASI (eksklusif) sampai bayi berumur 6 bulan..

Segera setelah lahir, bayi sebaiknya langsung didekatkan ke payudara ibu agar bisa langsung menyusu. .

Penting, nih, untuk ibu baru, biar kita tahu, apakah bayi kita sudah cukup ASI atau belum..

Apa yang terjadi pada masa ini memiliki dampak jangka panjang terhadap kehidupan saat usia dewasa nantinya..

Karena ASI adalah makanan utama dan terbaik anak selama 6 bulan pertama sejak lahir, yuk, pastikan produksi ASI berkualitas, banyak, dan lancar..

Kecukupan berbagai zat gizi ditentukan dari apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil.

Selain pola pengasuhan, satu hal yang tidak kalah penting ialah perilaku konsumsi..

CTA

INGIN TAHU LEBIH LANJUT SOAL PENCEGAHAN STUNTING?

Yuk simak penjelasan singkat pada info FAQ berikut ini.

lebih lanjut
To Top