6 Oct

GenBest yang saat ini sedang mengandung anak kembar, mungkin akan penasaran, bagaimana cara menyusui bayi kembar nanti, ya?

 

ASI memang punya peran yang besar untuk memberikan nutrisi pada masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati. Seperti GenBest ketahui, 1.000 HPK merupakan momen yang sangat krusial dalam menentukan masa depan buah hati, apakah ia akan menjadi anak sehat atau penyakitan, apakah pertumbuhannya akan optimal atau justru mengalami stunting.

 

Baca juga: IMD dan ASI Eksklusif Bisa Mencegah Stunting

 

Soal menyusui, persiapkan mental bahwa GenBest akan mengalami sedikit tantangan pada awal-awal nanti. Menyusui membutuhkan proses belajar bagi ibu dan bayi. Jadi, rahasia suksesnya adalah kesabaran, latihan terus, dan mengetahui bagaimana posisi yang tepat untuk menyusui bayi kembar.  

 

Nah, ada 3 posisi untuk menyusui bayi kembar yang bisa GenBest coba di rumah seperti yang dijelaskan dalam website Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

 

1. Double football

Sesuai dengan namanya, GenBest akan menyusui buah hati seperti memegang dua bola di tangan. Ini merupakan posisi yang cukup umum dilakukan.

 

Pertama, siapkan bantal dan tidurkan si kecil berbaring di bawah lengan GenBest. Lalu, tangan kita menopang bagian belakang kepala si kecil dan arahkan menuju puting. Untuk kakinya biarkan mengarah ke belakang, seperti dijepit di bawah ketiak GenBest.

 

Mungkin GenBest akan merasa tidak nyaman di awal. Namun, tidak perlu khawatir, karena semakin sering dilakukan akan semakin lihai dan tahu posisi yang nyaman.

 

2. Double cradle

Nah, kalau posisi menyusui sebelumnya dengan cara menidurkan bayi di bawah lengan, sekarang ada di bagian depan, seperti memangku dan memeluk bayi. Bisa dibilang, posisi ini hampir mirip saat menyusui bayi tunggal.

 

Saat sedang dalam posisi duduk, timang atau gendong bayi dengan tangan. Kemudian, arahkan setiap kepala bayi dengan payudara kanan dan kiri. Kaki bayi ada dalam posisi menyilang atau saling tindih. Setelah itu, arahkan kepala bayi sejajar dengan payudara agar dapat meraih puting dengan mudah.

 

Biasanya, posisi ini digunakan jika GenBest sudah cukup berpengalaman. Posisi ini juga lebih disarankan apabila si kecil sudah dapat mengontrol kepalanya dengan baik.

 

3. Posisi sejajar

Nah, kalau merasa bosan dengan kedua posisi di atas atau mungkin sudah lihai, coba posisi kombinasi antara football dan cradle. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, nanti GenBest bisa menggunakan dua posisi secara langsung.

 

Misalnya, sisi kanan GenBest menggunakan posisi football dengan mengapit buah hati di bawah ketiak. Kemudian, satunya lagi dengan posisi cradle, seakan memeluknya di pangkuanmu sambil menyusui.

 

Nah, itu adalah tiga posisi menyusui bayi kembar yang bisa GenBest coba lakukan. Disarankan untuk tidak menyusuinya pada payudara yang sama setiap harinya. Contohnya, jika saat ini sang kakak hari ini menyusu payudara kanan, maka besoknya gantian dengan si adik.

 

Hal ini bertujuan agar tubuh GenBest tetap dapat memproduksi jumlah susu yang sama di setiap payudara. Selain itu, ini juga akan membantu menurunkan risiko tersumbatnya saluran susu serta melatih dan menstimulasi mata si kecil.

 

Baca Juga: 5 Tips Sukses Menyusui Si Kecil Hingga Usia 2 Tahun

 

Jangan Lupa Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Menyusui bayi kembar akan banyak membakar banyak kalori sehingga Genbest harus lebih banyak makan. Agar tetap menjaga kondisi GenBest, cobalah berpegang pada pola makan bergizi seimbang dan minum banyak air. Pastikan juga untuk mendapatkan cukup kalsium.

 

Jangan berkecil hati saat nanti mengalami kesulitan saat menyusui. Biasanya konsultan laktasi yang berpengalaman dapat membantu melatih GenBest untuk menyusui bayi kembar.

 

Tetap semangat ya, GenBest!

 

Baca Juga: 10 Pantangan Makanan dan Minuman untuk Ibu Menyusui

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top