23 Jun

Setelah melahirkan, ada tugas menyenangkan yang akan segera menunggu Genbest selanjutnya, yaitu meng-ASI-hi alias memberikan ASI untuk si kecil. 

 

Memberikan ASI adalah cara terbaik memberikan asupan  nutrisi yang sempurna untuk tumbuh kembang bayi baru lahir, termasuk mencegahnya mengalami berbagai gangguan kesehatan, seperti stunting. 

 

Baca Juga: Apa Saja Kandungan Nutrisi dalam ASI?

 

Tapi bagaimana kalau ASI tidak keluar setelah melahirkan? Jangan khawatir, Genbest, kondisi ini memang banyak dialami ibu menyusui, kok. Jadi, jangan putus asa. Luangkan waktu untuk membaca beberapa tips supaya ASI cepat keluar pasca melahirkan di bawah ini.

 

1. Susui bayi pada 24 jam setelah kelahirannya

Agar ASI cepat keluar setelah Genbest melahirkan, Genbest disarankan menyusui bayi pada 24 jam pertama setelah kelahirannya. Menurut ahli, dengan bayi menempel dan mengisap payudara, maka akan mengaktifkan sel-sel di payudara untuk mulai memproduksi ASI. 

 

Baca Juga: Tips Menyusui pada 24 Jam Pertama Usai Melahirkan

 

2. Lakukan pijat laktasi

ASI tidak keluar juga bisa disebabkan saluran susu yang kurang berfungsi dengan baik. Untuk mengatasinya, Genbest bisa memijat payudara agar kelenjar susu yang awalnya tersumbat bisa mengalir dengan lancar. Untuk caranya, klik link di sini

 

3. Pastikan pelekatan tepat

Posisi menjadi penentu kelancaran ASI. Oleh karena itu, Genbest harus memastikan posisi pelekatan bayi tepat agar ASI keluar. Ada beberapa tanda bayi melekat dengan baik saat menyusui. Untuk itu, kenali ciri-ciri pelekatan menyusui yang benar

 

4. Cukup tidur   

Bulan-bulan pertama kelahiran si kecil mungkin agak sulit bagi ibu menyusui untuk tidur nyenyak. Tapi perhatikan kecukupan tidur Genbest karena menurut penelitian yang dilakukan Universitas Pennsylvania, Amerika, seseorang yang hanya tidur 5 jam per hari selama 7 hari, sangat rentan terkena stres, menjadi sering marah dan sedih, serta mengalami kelelahan mental. Pada kondisi stres itulah air susu bisa tidak keluar karena hormon oksitosin tersendat akibat stres yang dialami. Nah, untuk solusinya Genbest bisa baca di sini.

 

5. Sering-seringlah menyusui

Satu lagi, supaya ASI cepat keluar pasca melahirkan, Genbest harus selalu ingat prinsip produksi ASI adalah supply by demandArtinya, semakin banyak Genbest menyusui, maka suplai ASI akan semakin melimpah. Jadi sering-seringlah menyusui si kecil, selain agar produksi ASI lancar, juga supaya si kecil tumbuh sehat, jauh dari segala masalah tumbuh kembang, termasuk stunting!

 

Yuk, dicoba agar kegiatan menyusui berjalan lancar, Genbest!

 

Baca Juga: Ingin Proses Menyusui Lancar? Hindari7 Kebiasaan ini Saat Menyusui

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top