5 Oct

GenBest yang sudah tidak lagi bekerja dari rumah (work from home/WFH), atau yang jatah cuti melahirkannya sudah habis, tidak perlu khawatir tidak bisa memberikan ASI eksklusif kepada si kecil karena GenBest bisa memerah ASI selama jam kerja.

 

Dengan sering-sering memerah ASI di kantor, selain jadi punya stok ASI perah (ASIP) bagi si kecil, ini juga bisa membantu menjaga produksi ASI GenBest. Jangan lupa prinsip supply and demand dalam pemberian ASI. Semakin ASI banyak dikeluarkan, produksi ASI akan semakin banyak.

 

Nah, bagi GenBest yang harus bekerja, sebelum berangkat, pastikan GenBest menyusui si kecil. Kemudian di tempat kerja, GenBest bisa memerah ASI setiap 3 hingga 4 jam di siang yang disesuaikan dengan frekuensi menyusu bayi saat di rumah.

 

Siapkan perlengkapan pada malam hari agar GenBest tidak repot di pagi hari. Alat-alat memerah ASI yang harus dibawa ke kantor antara lain: pompa ASI elektrik, cooler bag, ice gel, botol ASIP, apron menyusui, dan breast pad.

 

Nah, pada di tengah pandemi COVID-19 ini ada beberapa hal yang perlu GenBest lakukan agar proses memerah ASI di kantor dapat lebih nyaman dan aman. Berikut tipsnya:

 

1. Jaga kebersihan pompa ASI

Untuk meminimalkan kontaminasi  virus dan bakteri, sebisa mungkin jangan menyentuh peralatan ASI perah selama di kantor, kecuali ketika akan menggunakannya.

 

2. Pastikan semua bersih

Saat akan mulai memerah ASI, seka semua permukaan yang ada di dekat GenBest dengan tisu pembersih yang mengandung alkohol. Contoh, seka permukaan kursi, meja, pompa ASI, dan sebagainya. Setelah itu, cuci tangan GenBest baru mulai memompa.

 

3. Simpan ASIP dengan baik

Jika tidak ada kulkas di tempat kerjaa, GenBest bisa menyimpan ASIP di cooler bag. Lengkapi dengan ice gel atau ice pack beku di dalamnya sehingga ASIP bisa bertahan lebih lama (biasanya 24 jam). Saat  sampai rumah, langsung masukkan ASIP ke kulkas, kalau memang GenBest tidak berniat langsung memberikannya kepada si kecil.

 

4. Gunakan pakaian khusus busui

Untuk memudahkan proses memerah ASI di kantor, GenBest bisa menggunakan pakaian khusus busui atau kemeja berkancing depan. Pilih atasan berwarna gelap atau bermotif untuk menyamarkan, bila ada cipratan  noda susu.

 

Baca Juga: Aman Menyusui di Era Adaptadi Kebiasaan Baru

 

5. Cari tempat nyaman di tempat kerja

Sudah banyak kantor yang menyediakan ruangan khusus menyusui (nursery room) bagi karyawan. Namun jika tidak ada, GenBest bisa menggunakan ruangan kosong lainnya. Usahakan jangan memerah ASI di toilet,  karena dikhawatirkan bakteri yang ada di sana menempel pada botol atau alat pompa ASI.

 

6. Buat jadwal memerah

Karena pekerjaan terkadang menuntut fokus tinggi, GenBest bisa  melewatkan sesi memerah ASI. Maka, jangan lupa untuk membuat alarm pada setiap sesi. Saat memerah ASI, pastikan GenBest memerah hingga kedua payudara sampai kosong.  Biasanya ini akan memakan waktu 15 hingga 20 menit.

 

Baca Juga: 6 Hal Ini Pengaruhi Jumlah ASI Perah

 

7. Banyak minum dan sediakan camilan

Selalu simpan satu botol besar air di meja kerja karena GenBest membutuhkan banyak cairan untuk menjaga suplai ASI. Siapkan juga banyak camilan sehat. Karena busui membutuhkan 200 hingga 500 kalori sehari yang digunakan tubuh untuk membuat susu.

Selamat memerah ASI di kantor!

 

Baca Juga: Begini Cara jaga Asupan utrisi Ibu Hamil yang Sibuk Bekerja

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top