4 Nov

GenBest yang masih menyusui, apa pernah melakukan pijat lakstasi? Bagi busui yang punya masalah dengan produksi ASI, ASI yang sedikit, sampai saluran ASI yang tersumbat pijat ini bisa banyak membantu.

 

Kabar baiknya, pijat laktasi tidak perlu bantuan profesional, sebenarnya tidak. Pijat laktasi sangat sederhana sehingga GenBest bisa melakukannya sendiri. Yang GenBest butuhkan hanyalah sedikit bimbingan dan GenBest akan bisa menjaga diri sendiri. Tidak ada yang lebih baik daripada menemukan pengobatan rumahan yang tidak memerlukan pengobatan apapun.

 

Pijat laktasi sangat mudah untuk dipraktikkan di rumah. Agar sukses melakukan pijat laktasi, apa saja yang perlu dilakukan? Simak, ya, GenBest.

 

Manfaat Pijat Laktasi

Pijat laktasi sangat dianjurkan bagi ibu menyusui, karena berbagai manfaat baik yang bisa didapat. Berikut ini adalah beberapa manfaat pijat laktasi:

  • Melancarkan saluran ASI yang tersumbat.
  • Memperbanyak jumlah produksi ASI dan meningkatkan kualitasnya.
  • Membuat ibu menyusui lebih nyaman dan rileks.
  • Mengencangkan payudara.
  • Mencegah terjadinya payudara bengkak (mastitis).

 

Baca Juga: Dapat meningkatkan Kualitas ASI, Ini Manfaat Pijat Payudara Pada Ibu Menyusui

 

Tips Pijat Laktasi

Agar pijat laktasi mendapatkan hasil yang optimal, ada beberapa hal yang harus GenBest pahami terlebih dahulu seperti hal di bawah ini:

 

1. Pemanasan sebelum memulai pijat laktasi

Melakukan pemanasan payudara penting untuk memaksimalkan hasil pijat laktasi. Memanaskan payudara dilakukan guna menghangatkan lemak pada ASI yang masih membeku. Dengan metode pemanasan sebanyak 30% lemak akan berangsur mencair meski belum dipijat.

 

Cara melakukan pemanasan yang pertama adalah menyiapkan baskom berisi air hangat dan handuk kecil. Selanjutnya, kompres payudara sekitar 10 menit menggunakan handuk yang sudah direndam air hangat.

 

Metode pemanasan ini juga bisa diganti dengan mandi menggunakan air hangat atau menggosokkan tangan yang sudah diberi minyak zaitun atau minyak kelapa pada payudara.

 

Baca Juga: 6 Hal Ini pengaruhi Jumlah ASI Perah

 

2. Lakukan gerakan pijat laktasi dengan lembut

Setelah payudara dihangatkan, GenBest bisa masuk ke tahap pemijatan. Berbagai gerakan di bawah ini harap dilakukan dengan lembut, ya. Berikut ini tahapan-tahapan teknik pijat laktasi yang bisa GenBest lakukan di rumah:

 

  • Letakkan tangan kiri untuk menyangga bagian bawah payudara.
  • Letakkan tangan kanan di bagian atas payudara.
  • Pijat dan dorong payudara ke arah ketiak.
  • Lakukan gerakan ini di payudara kanan dan kiri dengan gerakan searah, ya.

 

Karena sumber kelenjar ASI berpusat di ketiak, gerakan ini diharapkan dapat membuka saluran ASI. Selain itu,  sebelum memerah ASI, posisikan jari telunjuk dan ibu jari di sekitar puting, membentuk huruf C. Selanjutnya, gerakkan kedua jari dengan lembut hingga menekan puting dan ASI dapat keluar.

 

Baca Juga: Kenali Tanda Bayi Cukup ASI

 

3. Gerakan khusus pijat laktasi jika muncul benjolan

Jika muncul benjolan di area areola atau puting, GenBest bisa menggunakan cara pijat laktasi ini:

 

  • Letakkan tangan di atas bagian yang benjol, jangan sampai menyentuhnya. Lalu pijat dengan gerakan memutar dari arah areola ke luar. Teknik pijatan ini dilakukan searah jarum jam.
  • Dengan gerakan yang sama, lakukan juga dari bagian bawah payudara. Lakukan teknik ini bergantian, 3-4 kali tiap payudara.
  • GenBest juga bisa menggunakan teknik memijat areola ke arah atas dan bawah, sebanyak 5-6 kali tiap payudara. Dilanjutkan dengan pijatan melingkar mengikuti bentuk payudara sebanyak 5-6 kali.

 

4. Pijat laktasi pada payudara bengkak

Pijat laktasi tetap bisa dilakukan saat GenBest merasakan payudara bengkak, yang terasa seperti batu, karena belum sempat menyusui atau memompa ASI. Justru dengan pijat laktasi, sumbatan ASI pada payudara akan berkurang.

Namun jangan melakukan pijat laktasi jika GenBest sedang mengalami infeksi payudara atau mastitis. Gejala mastitis dapat dilihat dari payudara kemerahan dan terasa sangat nyeri. Jika mengalami hal tersebut, satu-satunya cara untuk menyembuhkan adalah berobat ke dokter.

 

Baca Juga: Tahapan Menyusui Agar Sukses Memberikan ASI pada Bayi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top