25 Sep

Berat badan menjadi salah satu indikator penting pertumbuhan anak pada masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Idealnya, berat badan bayi terus bertambah seiring dengan bertambahnya usia. 

 

Namun, memasuki usia 7 bulan, pertumbuhan berat badan bayi akan melambat. Bila sebelumnya pertambahan BB-nya bisa mencapai 500 gram/bulan, saat memasuki 7 bulan pertambahannya “hanya” sekitar 300 gram/bulan. 

 

Untuk kisaran berat badan normal bayi usia 7 bulan adalah 6-9,5 kg untuk bayi perempuan. Sementara untuk bayi laki-laki sekitar 7-10 kg.  Konsultasikan pada dokter saat berat badan si kecil tidak bertambah atau di bawah normal karena ada kemungkinan si kecil kekurangan nutrisi atau mengalami masalah lain. 

 

Di bawah ini adalah beberapa penyebab berat badan bayi 7 bulan di bawah normal yang perlu diperhatikan:

 

1. Masalah menyusui

Masalah menyusui, seperti posisi menyusui yang salah bisa menjadi penyebab berat badan bayi 7 bulan di bawah normal. Ketika posisi kepala dan mulut bayi tidak melekat pas pada payudara, maka air susu bisa tidak keluar. Ini yang menyebabkan si kecil tidak  mendapatkan ASI secara maksimal dan mengganggu pertambahan berat badannya. 

 

Baca Juga: 5 Posisi Menyusui yang Nyaman untuk Ibu dan Bayi

 

2. Bayi susah makan

Terkadang masa MPASI tidak semudah yang dibayangkan. Bayi yang tidak menyukai tekstur atau rasa makanan yang diberikan jadi sering menolak makan dan membuat berat badan susah naik.

 

Baca Juga: Si Kecil yang Sulit Makan, Apakah Selalu Butuh Suplemen?

 

3. Intoleransi makanan

Penyebab berat badan bayi 7 bulan di bawah normal selanjutnya adalah intoleransi makanan yang membuat anak sulit menyerap nutrisi pada makanan. Pada kasus ini, meskipun sudah banyak makan, berat badan bayi tetap sulit naik.

 

4. Mengalami kurang gizi

Penyebab bayi mengalami kurang gizi biasanya terkait dengan kekeliruan dalam pemberian MPASI, seperti bayi diberikan MPASI tunggal dan bukan MPASI lengkap. Salah satu tanda bayi yang kurang gizi adalah berat badannya yang tidak naik-naik. Untuk selengkapnya Genbest bisa baca di sini.

 

5. Mengalami gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan, seperti diare, bisa juga menjadi penyebab berat badan bayi tidak bertambah saat ditimbang. Namun biasanya, begitu diarenya sembuh, berat badan bayi bisa cepat kembali normal. 

 

Baca juga: Berbagai Gangguan Pencernaan Ini Sering Dialami Bayi dan Balita


Itulah beberapa penyebab berat badan bayi 7 bulan di bawah normal. Bagi Genbest yang ingin mengetahui normal tidaknya berat badan anak, bisa membaca dan mengecek tumbuh kembang anak melalui grafik pertumbuhan pada Kartu Menuju Sehat (KMS).

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top