29 Nov

Menjelang persalinan, calon orang tua tidak hanya disibukkan dengan kebutuhan si kecil saat lahir, tapi juga sibuk menentukan rumah sakit atau klinik bersalin yang tepat untuk melahirkan. Pemilihan rumah sakit bisa menjadi rumit karena banyak yang harus dipertimbangkan untuk mendapatkan rumah sakit bersalin yang kredibel dan berpengalaman. 

 

Baca Juga: Tidak Boleh Terlewat, 6 Perawatan Penting Selama Masa Nifas

 

Untuk membantu Genbest, berikut tips memilih rumah sakit yang tepat untuk melahirkan:

 

1. Perhatikan reputasi rumah sakit

Cara melihat reputasi rumah sakit bisa dengan mengunjungi situs resmi rumah sakit dan mengunjunginyasecara langsung. Beri perhatian lebih pada kelengkapan fasilitas yang dimiliki, program khusus untuk persalinan, serta nama-nama dokter kandungan atau bidan yang menangani. Reputasi ini punya hubungan erat dengan kualitas dari sebuah rumah sakit.

 

2. Perhitungkan jarak dari rumah

Kamu juga perlu mempertimbangkan lokasi rumah sakit. Persalinan adalah kondisi yang membutuhkan penanganan cepat, jadi pilih rumah sakit yang paling dekat rumah. Pelajari juga rute paling cepat menuju rumah sakit. Ini akan sangat berguna saat waktu bersalin tiba. 

 

3. Dokter kandungan

Genbest harus punya kepercayaan tinggi terhadap dokter kandungan yang akan menangani persalinan. Pilih tempat bersalin dengan kualitas dokter terbaik, terutama yang membuat Genbest merasa nyaman selama konsultasi kehamilan.

 

Baca Juga: Tanyakan Ini Saat Konsultasi Kehamilan

 

4. Sesuaikan dengan biaya

Faktor satu ini sangat penting dipertimbangkan saat memilih rumah sakit bersalin. Jika Genbest memakai asuransi, tanyakan alur penggunaannya di rumah sakit tujuan. Perhatikan dengan teliti seputar biaya persalinan tambahan terutama pada masa pandemi ini, seperti biaya PCR swab, biaya APD (biasanya dibebankan pada pasien), biaya masker, dan sebagainya

 

5. Rumah sakit pro ASI eksklusif

Hal ini sering luput dari pertimbangan, padahal penting banget. Tanyakan mengenai penanganan Inisiasi Menyusu Dini (IMD) saat melakukan survei ke rumah bersalin. Idealnya rumah sakit yang baik akan mendukung program IMD dan bersedia membantu penuh keinginan ibu untuk menyusui secara eksklusif.

 

6. Cek review

Saat ini banyak forum khusus ibu hamil yang tersedia di berbagai platformReview ini sangat membantu untuk melihat kualitas rumah sakit pilihan di mata pasienGenbest juga bisa berdiskusi dengan kerabat yang pernah melahirkan di rumah sakit tersebut. Tanyakan mengenai kelebihan dan kekurangan rumah sakit sesuai pengalaman mereka.

 

Selain melakukan pertimbangan di atas, jangan segan untuk melakukan survei ke daftar rumah sakit pilihan Genbest, ya! Selamat menyambut kelahiran si kecil, Genbest!

 

Baca Juga: Ini Persiapan Persalinan di Tengah Pandemi COVID-19

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top