17 Nov

Nyeri payudara saat menyusui biasanya disebabkan oleh payudara yang bengkak karena ASI yang tidak dikeluarkan. Penyebabnya beragam. Contoh, posisi pelekatan bayi belum tepat sehingga setiap kali menyusui payudara tidak kosong seluruhnya. Bisa juga karena si kecil sudah mendapat MPASI sehingga frekuensi menyusuinya berkurang. 

 

Busui yang melewatkan waktu menyusui/memompa ASI juga dapat mengalami nyeri karena payudaranya sudah penuh. 

 

Baca Juga: Seberapa Banyak Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir

 

Apa pun penyebabnya, ada cara mudah untuk mengatasi nyeri karena payudara yang bengkak, berikut di antaranya: 

 

1. Tetap menyusui

Usahakan untuk tidak berhenti menyusui walaupun nyeri terasa. Bila sedang jauh dari bayi, Genbest  dapat memompa ASI sesering mungkin untuk menghilangkan bengkak pada payudara.

 

2. Pijat ringan payudara

Kompres payudara dengan handuk yang sudah dicelup air hangat dan lakukan pijat lembut selama 10 menit sebelum menyusui. Cara ini akan membantu aliran ASI lebih lancar dan bisa mengurangi nyeri. 

 

3. Perah sedikit ASI sebelum menyusui

Payudara yang bengkak akan membuat bayi kesulitan menyusui. Perah sedikit ASI sampai payudara lebih lembut sehingga bayi bisa menyusu dengan lebih nyaman.

 

Baca juga: Tahapan Menyusui Agar Sukses Memberikan ASI Pada Bayi

 

4. Kompres dingin 

Kompres dingin juga dapat membantu meredakan nyeri dan mengurangi pembengkakan payudara. Lakukan selama 15 menit setiap jam di antara waktu menyusui. Kantong berisi es yang banyak dijual di pasaran atau sayuran beku yang dibungkus dengan handuk tipis bisa digunakan untuk kompres dingin. 

 

5. Posisikan bayi dengan tepat

 Pastikan bayi menyusu dengan benar, yakni tidak hanya menempel pada puting, tetapi juga pada seluruh areola (bagian berwarna gelap yang mengelilingi puting). Pelekatan yang baik tidak akan membuat puting lecet dan menimbulkan rasa nyeri. Bayi pun bisa mendapat ASI dengan maksimal sehingga tumbuh kembangnya optimal dan bebas stunting. 

 

Baca Juga: 5 Hal yang Wajib diketahui tentang Inisiasi Menyusui Dini

 

6. Pakai bra yang nyaman

Ukuran bra yang pas dan tidak terlalu ketat dapat mengurangi rasa nyeri karena payudara tidak tertekan sehingga sirkulasi di area puting lancar.

 

7. Oleskan ASI di puting 

ASI dapat menyembuhkan luka pada puting dan memberikan rasa nyaman. Oleskan sedikit ASI di puting setiap sebelum menyusui. 

 

Dengan mengikuti tips di atas biasanya nyeri payudara bisa mereda dalam waktu 24 – 48 jam. Namun bila nyeri payudara terus berlanjut, sebaiknya Genbest berkonsultasi pada dokter, ya! 

 

Sumberwww.healthline.com

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top