21 Oct

GenBest apakah pernah mendengar istilah window of opportunity atau jendela kesempatan seorang anak? Betul banget, ini terkait dengan masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).  Periode yang dianggap fase paling kritis dari perkembangan anak ini dimulai sejak anak di dalam kandungan hingga ulang tahun kedua anak.

 

Dari mana angka 1.000 itu? Jika dihitung, masa kehamilan berlangsung selama 270 hari, sementara sejak anak dilahirkan sampai usia 2 tahun berlangsung 730 hari, dari penjumlahan tersebutlah angka 1.000 muncul.

 

Lalu kenapa disebut sebagai window of opportunity? Karena masa 1.000 HPK ini menawarkan jendela kesempatan yang unik untuk membangun masa depan seorang anak. Perkembangan fisik dan kognitif yang terjadi lebih cepat dibandingkan pada waktu lainnya, membuat 1.000 HPK bisa menjadi kesempatan untuk mewujudkan masa depan anak yang sehat dan cerah.

 

Namun bisa juga sebaliknya, masa 1.000 HPK merupakan masa yang luar biasa rentan untuk anak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan, termasuk ancaman stunting.

Karena itulah GenBest, kita selalu diingatkan untuk memanfaatkan tumbuh kembang si kecil yang sedang pesat ini dengan pemenuhan nutrisi dan pemberian stimulasi pada si kecil.

 

Peran Nutrisi dalam 1.000 HPK

Sekali lagi GenBest, perkembangan otak yang sangat pesat pada masa 1.000 HPK membutuhkan nutrisi. Dijelaskan dalam website resmi UNICEF, otak membutuhkan semua nutrisi untuk pertumbuhan, namun beberapa nutrisi, seperti protein, asam lemak tak jenuh ganda, zat besi, seng, yodium, kolin, folat dan vitamin A, B6, dan B12, memegang peran yang sangat penting

 

Baca Juga: Cek Lagi Nutrisi Lengkap yang Dibutuhkan Ibu Selama Kehamilan

 

GenBest bisa memanfaatkan momen 1.000 HPK ini dengan memenuhi nutrisi si kecil. Sebab, 50-75% semua energi yang diserap dari makanan akan digunakan untuk menutrisi otak si kecil yang sedang tumbuh ini. Maka itulah mengapa seorang anak yang kurang gizi selama masa 1000 HPK berisiko mengalami gangguan dalam perkembangan kognitif juga pertumbuhan fisiknya, seperti mengalami stunting.

 

Untuk memberi nutrisi terbaik dalam 1.000 Hari Pertama Kehidupan si kecil, GenBest harus makan makanan yang sehat saat hamil dan menyusui si kecil secara eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan dengan pemberian MPASI sesuai dengan usia bayi. Begitu bayi mulai makan makanan keluarga, GenBest harus dapat membantunya mengembangkan kebiasaan makan sehat yang bisa menjadi bekalnya seumur hidup.

 

Baca Juga: “Isi Piringku’ untuk Anak 1-2 Tahun dan 2-3 Tahun

 

Peran Stimulasi dalam 1.000 HPK

Bagaimana dengan peran stimulasi dalam 1.000 HPK?  Penelitian telah membuktikan bahwa stimulasi memiliki pengaruh dramatis pada pembentukan dan perkembangan otak yang sehat.

Pada masa 1.000 HPK sedang sibuk membangun sistemnya.  Nah, berbagai stimulasi yang diterima bayi pada masa ini telah terbukti secara langsung memengaruhi seberapa baik sistem saraf otak itu akan terbentuk.

 

Baca Juga: Stimulasi untuk Bayi Umur 0-3 Bulan

 

Stimulasi seperti apa?  Stimulasi apa pun yang penuh kasih sayang dan disesuaikan dengan perkembangan si kecil sangat disarankan.

 

Sejak usia satu hingga dua tahun, misalnya, otak anak sedang mengembangkan kemampuannya untuk memproses bahasa, melipatgandakan jumlah kata yang dapat ia gunakan, dan melakukan tugas yang lebih kompleks. Jadi lakukan berbagai stimulasi sedini mungkin, seperti membacakan si kecil cerita, mengajaknya bicara, bermain, dan sebagainya karena menurut penelitian, semua ini yang akan mendorong anak memiliki kapasitas kognitif yang lebih baik.

 

Baca Juga: Berbagai Indikator Pertumbuhan Anak pada Usia 1–2 Tahun

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top