21 Jun

Manfaat Yoghurt untuk Ibu Menyusui

by : Admin

Genbest yang sedang menyusui, pasti sedang bersemangat memenuhi nutrisi si kecil pada masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) buah hati, biar masa pertumbuhan emasnya  tidak terlewat. Salut!

 

Kalau kamu sedang mencari makanan yang bernutrisi, yoghurt bisa dicoba. Dilansir dari situs Healthline, yoghurt adalah produk susu populer yang dibuat dengan fermentasi bakteri susu. Proses fermentasi ini menghasilkan asam laktat, zat yang membuat protein susu mengental dan memberikan yoghurt rasa dan tekstur yang unik. 

 

Baca Juga: 7 Tips Persiapan Menyusui agar ASI Eksklusif Berjalan Lancar

 

Apakah yoghurt kaya nutrisi? Yap, yoghurt mengandung hampir semua nutrisi yang dibutuhkan tubuh ibu menyusui. Yoghurt kaya kalsium, mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang ibu menyusui. Yoghurt juga tinggi vitamin B, terutama vitamin B12 dan riboflavin, yang penting untuk beberapa proses biologis, seperti mengatur tekanan darah dan metabolisme.

 

Untuk lengkapnya, simak manfaat yoghurt untuk ibu menyusui di bawah ini:

 

1. Baik untuk pencernaan

Salah satu yang paling sering dikaitkan dengan manfaat yoghurt, apalagi kalau bukan "probiotik", bakteri baik yang secara alami ada dalam sistem pencernaan. Nah, ada beberapa bukti dalam penelitian, probiotik dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Probiotik juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan usus ibu yang sedang menyusui dan mengatasi gangguan masalah pencernaan, seperti sembelit maupun diare.

 

2. Dapat melancarkan ASI

Yoghurt menyediakan jumlah protein yang mengesankan dan bisa menjadi pelengkap nutrisi untuk kelancaran produksi ASI. Jika Genbest tertarik, tidak ada salahnya menambahkan beberapa topping irisan pisang atau buah beri pada yoghurt agar lebih sehat dan lezat. 

 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Yoghurt bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan magnesium, selenium, dan seng di dalamnya. Mineral-mineral itu memiliki peran besar dalam menjaga sistem imun tubuh.

 

4. Menjaga kesehatan tulang

Yoghurt mengandung beberapa nutrisi penting untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kalsium, protein, potasium, fosfor dan, terkadang, vitamin D. Semua vitamin dan mineral ini sangat membantu untuk mencegah osteoporosis yang rentan terjadi pada ibu menyusui.

 

Baca Juga: Nutrisi Mikro yang Tidak Boleh Dilupakan Ibu Menyusui

 

5. Mengurangi ruam pada kulit bayi

Banyak bayi mengalami ruam popok, gatal, hingga infeksi jamur karena kulitnya yang masih sensitif. Ibu menyusui yang mengonsumsi yoghurt, bisa membantu mengurangi masalah kulit bayi tersebut. Melalui ASI, kandungan bakteri baik pada yoghurt dapat mencegah ketidakseimbangan jamur pada tubuh bayi.

 

6. Mengatasi kolik

Kolik biasanya dialami bayi usia 3 minggu hingga 3 bulan. Penelitian yang dipublikasikan JAMA Pediatrics menjelaskan, bayi yang diberikan ASI mengandung probiotik sejak seminggu setelah lahir mengalami kolik dan sembelit lebih sedikit.

 

Baca Juga: 10 Pantangan Makanan dan Minuman untuk Ibu Menyusui

 

Meskipun yoghurt kaya manfaat, tidak ada salahnya sebelum menikmati yoghurt, Genbest mengonsultasikannya pada dokter terlebih dahulu. Yang perlu diingat juga, yoghurt hanya nutrisi pelengkap, jadi Genbest harus tetap berpegang pada prinsip makan makanan yang beragam dan bergizi seimbang setiap hari sehingga produksi ASI tetap lancar.

 

Selamat menyusui!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top