27 Apr

Genbest berencana mudik dengan si kecil tahun ini? Mungkin Genbest sudah membayangkan keribetan yang akan dihadapi mengingat si kecil masih menyusu. Perlu diakui, mudik dengan bayi bisa melelahkan, tapi dengan perencanaan matang, perjalanan mudik bisa menjadi jauh lebih mudah, dan Genbest tetap bisa lancar memberikan ASI. 

 

ASI memang merupakan makanan terbaik bayi, yang dapat mendukung tumbuh kembang optimal si kecil di masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Jadi pastikan perjalanan mudik tetap memungkinkan Genbest bisa menyusui. 

 

Baca Juga: Tips Mengatur Asupan Nutrisi Busui Selama Puasa agar ASI Lancar

 

Saat dalam perjalanan, beberapa busui merasa lebih mudah untuk menyusui secara langsung, sementara yang lain lebih suka memberikan ASI dalam botol. Pilihan ini tentu diserahkan kepada Genbest. 

 

Hal yang pasti, Genbest perlu mempertahankan suplai ASI dengan tetap menyusui atau memompa ASI secara teratur untuk mengosongkan payudara. Payudara yang bengkak karena penuh ASI bisa mengganggu kenyamanan Genbest selama di perjalanan tentunya

 

Baca Juga: Emosi Ibu Pengaruhi Aliran ASI, Benarkah?

 

Untuk itulah, Genbest memerlukan perlengkapan yang tepat untuk menyusui selama dalam perjalanan mudik ini. Berikut beberapa di antaranya:

 

 

1. Apron Menyusui (Nursing cover)

Belum banyak rest area yang memberikan area pribadi untuk menyusui, untuk itu kain penutup menyusui atau yang dikenal dengan apron menyusui akan sangat membantu. Jangan lupa mengenakan bra menyusui sehingga Genbest bisa menyusui dan memerah ASI di mana saja dengan lebih mudah.

 

2. Cooler bag

Cooler bag adalah tas yang diperuntukkan menyimpan ASI perah (ASIP) dengan aman dan menjaga suhunya tetap dingin, sehingga kesegaran ASIP lebih tahan lama. Jika Genbest harus memompa saat bepergian, penting banget membawa perlengkapan yang satu ini. Pastikan juga membawa kantong es yang benar-benar beku agar ASIP tetap dingin selama di perjalanan.

 

3. Pompa ASI 

Bawa pompa ASI Genbest. Agar hasil memompa ASI maksimal, silakan baca tips suksesnya di sini

 

Ada beberapa cara lain agar Genbest bisa menyusui dengan lancar di perjalanan mudik. Berikut beberapa tips yang mudah diterapkan, namun terkadang dilupakan:

 

1. Minum air yang cukup

Ibu menyusui (busui) kehilangan banyak cairan tubuh setelah habis menyusui. Untuk itu, bila memutuskan untuk tidak berpuasa, pastikan Genbest terhidrasi dengan baik saat dalam perjalanan mudik. Busui membutuhkan sekitar 16 gelas air per hari, yang bisa berasal, tak hanya dari air putih, tapi juga susu, jus dan sebagainya. Makanan yang mengandung air, seperti semangka, soto, sup, juga bisa membantu memenuhi kecukupan cairan Genbest. Nah, cara paling gampang yang bisa membantu kecukupan cairan busui adalah dengan minum minimal segelas air setiap kali habis menyusui. 

 

2. Tetap jalani protokol kesehatan

Sering-seringlah mencuci tangan dan jangan lupa membawa hand sanitizer serta tisu basah untuk membersihkan perlengkapan menyusui Genbest. Selalu kenakan masker dan terapkan jarak sosial saat Genbest dan si kecil sedang berada di rest area atau di tempat umum lainnya. 

 

 

Tips terakhir, bepergian dengan bayi memerlukan kesabaran. Bila bayi rewel pastikan Genbest berhenti untuk beristirahat atau menyusui. Berikan waktu yang lebih fleksibel dan tidak terburu-buru supaya perjalanan mudik dengan si kecil lebih nyaman dan aman.

 

Selamat mudik, semoga lancar, ya!

 

Sumber: https://wicbreastfeeding.fns.usda.govwww.whattoexpect.com

 

Baca Juga: Dapat Meningkatkan Kualitas ASI, Ini Manfaat Pijat Payudara pada ibu Menyusui

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top