20 Feb

Stunting adalah permasalahan dunia, melibatkan banyak sektor dan organisasi dunia karena menciptakan perkembangan dan pertumbuhan yang buruk khususnya pada anak-anak.

 

Pada anak stunting, dalam jangka waktu lama akan berpengaruh pada ukuran tubuhnya ketika dewasa. Tidak hanya itu saja, stunting juga mempengaruhi kecerdasan intelektualnya, kondisi ekonominya, serta kemampuan reproduksinya. Pada orang yang stunting juga lebih berisiko terkena penyakit metabolik dan pembuluh darah.

 

World Bank, UNICEF dan Badan Kesehatan Dunia (WHO) menganalisa bahwa negara-negara miskin dan berkembang memiliki angka kejadian stunting yang cukup besar.

 

Salah satu cara yang diyakini bisa memberikan dampak yang cukup baik untuk mencegah stunting adalah Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan pemberian ASI ekslusif. Hal itu karena protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi pada awal-awal kehidupannya terdapat pada ASI.

 

Sebuah penelitian yang dilakukan di Jambi pada 2018 lalu oleh Universitas Indonesia menemukan bahwa IMD dan ASI ekslusif berperan sebagai agen mencegah stunting. Dari penelitian yang melibatkan 2,502 anak usia 6 sampai 59 bulan itu, ditemukan 27,5 persen anak stunting yang mana 54,1 persen di antaranya tidak melakukan IMD dan pemberian ASI ekslusif.

 

"Inisiasi menyusu dini dan pemberian ASI ekslusif, durasi menyusui serta asupan vitamin A yang cukup bisa mencegah stunting pada balita," tulis penelitian tersebut.

 

Asosiasi Dokter Anak Amerika Serikat (APA) juga merekomendasi hal tersebut, dengan menuliskan bahwa ASI bisa menjaga bayi melawan infeksi serta mengurangi risiko terkena penyakit seperti diabetes, obesitas dan asma.

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top