1 Sep

Genbest yang sedang jadi busui alias ibu menyusui, mungkin memerhatikan perubahan pada payudaramu. Areola (bagian berwarna gelap di sekitar puting) membesar dan berwarna lebih gelap. Payudara juga terkadang bengkak karena penuh dengan ASI dan jadi sering nyeri. Sebagian dari kamu , bahkan mungkin mengalami puting lecet. 

 

Ini semua adalah pengalaman normal dan dapat diatasi dengan perawatan payudara yang rutin. Rajin merawat payudara juga bisa membuat proses menyusui lebih lancar sehingga si kecil pun dapat tumbuh optimal, jauh dari berbagai masalah kesehatan, termasuk stunting.

 

Baca Juga: Ingin Proses Menyusui Lancar? Hindari 7 Kebiasaan Ini saat Menyusui

 

Perawatan payudara busui sebenarnya tidak sulit, yang penting Genbest memastikan kebersihan payudara, menjaganya agar tidak bengkak, dan mencegah puting tidak lecet.  

 

Nah, untuk cara-caranya, Genbest bisa mengikuti tips di bawah ini:

 

1. Menjaga kebersihan payudara

Langkah pertama merawat payudara adalah menjaga kebersihan payudara. Pastikan untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, sebelum dan sesudah menyusui. Kemudian, bersihkan payudara menggunakan air hangat lalu usaplah dengan lembut. Tidak perlu menggunakan sabun karena sabun dapat membuat payudara menjadi kering. 

 

2. Gunakan bra yang nyaman

Pilih bra yang pas, tetapi tidak terlalu ketat. Bahan bra yang terbuat dari katun sangat disarankan karena memungkinkan kulit bernapas dan bisa menyerap keringat dengan lebih baik.

 

3. Rutin mengganti breast pad

Jika Genbest sering menggunakan breast pad di dalam bra untuk menyerap ASI dari payudara yang bocor, pastikan untuk menggantinya saat basah. Kelembapan dapat memicu pertumbuhan kuman. 

 

Baca Juga: 7 Tips Persiapan Menyusui agar ASI Eksklusif Berjalan Lancar

 

4. Susui bayi secara rutin

Menyusui si kecil setidaknya setiap 2-3 jam sekali dapat membantu mencegah beberapa masalah, seperti payudara bengkak, nyeri puting, dan saluran susu tersumbat.

 

5. Lepaskan payudara dengan cara benar

Setiap selesai menyusui, lepaskan mulut bayi dari payudara dengan benar. Jangan menariknya, melainkan letakkan jari Genbest di sudut mulut si kecil untuk menghentikan isapannya, baru lepaskan dari puting dengan lembut.

 

6. Menjaga puting agar tidak lecet

Sebelum menyusui, beri sedikit ASI pada puting dan bagian areola, biarkan mengering. Cara ini dapat mencegah atau mengobati puting lecet.

 

7. Beri pijatan pada payudara

Pijat payudara atau pijat laktasi memiliki peran penting untuk mencegah payudara bengkak dan melancarkan proses menyusui. Untuk melakukan pijat laktasi yang benar dan aman, Genbest bisa klik link di sini.

 

Itulah beberapa langkah merawat payudara agar kegiatan menyusui tetap lancar dan nyaman. Semoga membantu, Genbest!

 

Baca Juga: Ukuran Payudara Pengaruhi Jumlah ASI, Mitos atau Fakta?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top