24 Oct

Enam bulan pertama kehidupan si kecil, ASI eksklusif adalah makanan terbaik yang bisa diberikan pada bayi. Wajar kalau GenBest khawatir, jika ASI GenBest sedikit karena si kecil yang masih dalam masa 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Kebutuhan nutrisi yang tidak terpenuhi dengan baik pada masa ini, dapat mengganggu tumbuh kembangnya dan meningkatkan risiko stunting. 

 

Karena itulah, saat GenBest merasa produki ASI GenBest sedikit, GenBest perlu mencari tahu penyebabnya dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan pada diri sendiri, seperti di bawah ini:

 

Apakah posisi menyusui saya sudah benar?

Penyebab paling umum dari suplai ASI rendah adalah posisi menyusui yang masih salah karena bayi jadi tidak bisa mengeluarkan ASI dari payudara dengan baik. Ini yang  membuat suplai ASI  jadi sedikit. Untuk itu, kalau GenBest masih tidak yakin  soal posisi menyusui ini, mintalah seseorang yang ahli, seperti konsultan laktasi, dokter, atau bidan untuk mengevaluasi teknik menyusui GenBest.

 

Apakah saya jarang menyusui?

Sama seperti posisi menyusui yang salah, jarang menyusui juga merupakan alasan umum suplai ASI yang rendah. Sebagian besar bayi baru lahir perlu menyusu setiap 2 hingga 3 jam sepanjang siang dan malam. Dengan banyak menyusui, GenBest sudah merangsang tubuh untuk membuat banyak suplai ASI. Jadi, cobalah mempunyai jadwal menyusui yang lebih ketat, termasuk menyusui di malam hari. Cara ini akan mendongkrak produksi ASI GenBest.

 

Baca juga: 3 Posisi Menyusui Bayi Kembar yang Bikin Ibu dan Bayi Nyaman

 

Apakah waktu menyusui saya terlalu singkat?

Bayi harus menyusu selama kurang lebih 10 menit di setiap sisi payudara. Jika bayi menyusu hanya kurang dari 5 menit, dia tidak akan bisa mendapatkan cukup ASI untuk tumbuh  sehat. Rentang waktu menyusu yang singkat ini juga membuat bayi tidak punya cukup waktu untuk mengeluarkan ASI dari payudara. Jangan lupa pengeluaran ASI diperlukan untuk membantu meningkatkan suplai ASI GenBest.

 

Baca juga: Selain Katuk, ASI Booster Alami Ini Juga Bikin Produksi ASI Banyak

 

Apakah saya membiarkan orang lain memengaruhi saya?

Terkadang  ada komentar orang-orang terdekat GenBest, yang tidak mengerti tentang menyusui namun membuat GenBest jadi ragu-ragu. Mereka mungkin mengaitkan  payudara yang terlalu kecil dengan suplai ASI yang sedikit. Atau mengatakan bahwa bayi yang sering menyusu menjadi penyebab sedikitnya ASI GenBest. Tentu ini nggak benar. Jadi, daripada mendengarkan keraguan orang lain, lebih baik langsung berkonsutasi pada ahli, seperti dokter, bidan, atau konsultan laktasi.

 

Kapan saya harus berkonsultasi pada dokter?

JIka GenBest merasa ASI yang sedikit itu bukan karena salah satu alasan yang disebutkan di atas, karena  posisi GenBest menyusui sudah benar, GenBest sudah menyusui setiap 2 hingga 3 jam sekali, dan waktu menyusui pun sudah cukup lama, pada saat inilah GenBest sebaiknya berkonsultasi pada dokter. Mungkin ada masalah medis yang menyebabkan suplai susu benar-benar rendah.

 

Nah, itu adalah beberapa cara yang bisa membantu mendongkrak produksi ASI ibu menyusui. Semoga bermanfaat, GenBest!

 

Baca Juga: 6 Hal Ini Pengaruhi Jumlah ASI Perah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top