14 Aug

Berbagai penelitian telah membuktikan ASI sebagai makanan terbaik bagi bayi. Dengan menyusui, GenBest tidak hanya akan menjalin kelekatan dengan si kecil, namun juga mendukung tumbuh kembangnya menjadi optimal, sekaligus mencegah stunting. 

 

Jangan lupa, stunting dapat terjadi dalam kehidupan awal seorang anak karena gizi buruk, terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan. Karena itulah ibu selalu disarankan untuk memerhatikan gizi sejak masa kehamilan hingga si kecil dilahirkan, dengan memberikan ASI eksklusif  sampai usia bayi 6 bulan, dilanjutkan dengan pemberian MPASI sambil bayi terus diberi ASI hingga usianya 2 tahun.

 

Baca Juga: IMD dan ASI Eksklusif Bisa Mencegah Stunting

 

Masalahnya, terkadang ada saja kendala ibu menyusui sehingga menggagalkan usaha ASI eksklusif. Bayi menggigit puting ketika menyusu, misalnya. Terdengarnya sepele, namun ibu yang merasakan lecet kesakitan, bisa saja kapok dan tidak lagi mau menyusui atau setidaknya menjadi tidak semangat lagi menyusui si kecil. 

 

Kalau GenBest sedang mengalami kondisi ini, tenang, ya, GenBest. Ada beberapa penyebab bayi menggigit puting, misalnya, bayi bosan, cari perhatian, ASI tidak keluar, atau bayi sedang tumbuh gigi. Tapi biasanya penyebab paling sering adalah bayi sedang tumbuh gigi.

 

Kapan sebenarnya bayi tumbuh gigi? Usia tumbuh gigi bisa berbeda antara bayi satu dengan bayi lainnya, namun secara umum gigi pertama bayi muncul sekitar usia 4-6 bulan. Tapi sekali lagi itu bisa lebih cepat atau lebih lambat.

 

Jadi apa yang harus dilakukan saat bayi menggigit puting saat menyusu? Tips di bawah ini semoga bisa membantu:

 

Coba untuk tidak bereaksi berlebihan

Kaget pasti saat puting tergigit. Tapi usahakan tidak membentak atau berteriak pada si kecil karena ini justru bisa menjadi bumerang. Bayi bisa saja menjadi kesal dan lebih sering menggigit atau malah mogok menyusu.

 

Untuk meredakan rasa sakit, tarik napas dalam-dalam, lalu katakan dengan lembut kepada bayi kalau gigitannya membuat kita sakit dan minta ia jangan mengulanginya lagi.

 

Keluarkan puting dengan lembut

Tidak disarankan untuk menarik puting langsung dari gigitan bayi karena bisa membuat si kecil semakin keras menggigit dan GenBest makin kesakitan. Sebaiknya, letakkan jari kelingking atau jari telunjuk di sudut mulut bayi. Gerakan ini akan membuka mulut si kecil sehingga ia melepas gigitannya. GenBest juga bisa mencoba menarik bayi lebih dekat ke tubuh, menekan sebentar wajahnya ke payudara sehingga ia melepaskan gigitannya.

 

Berikan teether sebelum menyusu

Saat bayi tumbuh gigi, biasanya ia akan merasa gusinya gatal hingga ngilu. Inilah yang mendorongnya ingin menggigit sesuatu.  Untuk itu, GenBest bisa menawarkan si kecil teether, terutama sebelum menyusu.

 

Teether berfungsi meredakan nyeri dan memberikan rasa nyaman pada gusi si kecil. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan teether dengan melakukan sterilisasi secara rutin mengingat benda ini akan sering diimasukkan ke mulut bayi.

 

Beri pijatan pada gusi

Bila teether tidak tersedia, GenBest  bisa memberikan pijatan pada gusi bayi menggunakan waslap lembut yang telah dibasahi air atau langsung pijat dengan jari. Tapi, pastikan waslap dan jari GenBest bersih, ya.

 

Beri sedikit tekanan pada gusi yang akan tumbuh gigi. Biasanya, gigi pertama akan muncul di bagian bawah depan. Pijatan ini akan memberikan rasa nyaman pada gusi bayi, sehingga bisa mencegah ia menggigit ketika menyusu.

 

Baca Juga: Bayi Mogok Minum ASI? Jangan Khawatir, Ini Tipsnya!

 

Selipkan jari sebelum digigit

Untuk mencegah bayi menggigit puting, perhatikan tanda-tandanya. Biasanya sebelum mengigigit, bayi akan menarik lidahnya ke belakang. Nah, pada saat itu, GenBest bisa menyelipkan jari kelingking ke sudut mulut di dekat gusinya. Cara ini akan mengalihkan perhatian bayi dan membuatnya fokus pada jari itu.

 

Pilih posisi menyusui yang nyaman

Memilih posisi yang nyaman juga bisa mencegah bayi menggigit ketika menyusui. Aturlah wajah dan tubuh si kecil tidak terlalu jauh dari payudara. Posisi yang terlalu jauh, membuat bayi kesulitan mengisap payudara dan akhirnya malah menggigit. Selain itu, pastikan juga mulut si kecil menempel dengan benar, agar ia dapat mengisap dengan nyaman.

 

Untuk mengatasi luka akibat gigitan, GenBest bisa mengoleskan ASI ke puting untuk melembabkannya. Kalau puting lecet parah, GenBest bisa berkonsultasi pada dokter. Apa pun perlu GenBest usahakan agar tidak berhenti menyusui si kecil, ya!

 

Selamat mencoba dan semoga sukses memberi ASI eksklusif pada si kecil!

 

Baca Juga: Ukuran Payudara Pengaruhi Jumlah ASI, Mitos atau Fakta?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top