8 Sep

Ini Cara Tepat Tummy Time untuk Bayi

by : Admin

Tummy time adalah kegiatan latihan tengkurap yang bermanfaat untuk kekuatan otot bayi, terutama otot leher, dada, bahu, dan lengan si kecil. Dengan rutin melakukan tummy time, keseimbangan tubuh si kecil akan lebih terlatih dan dia pun akan cepat mencapai kemampuannya untuk berguling, merangkak, duduk, dan berjalan. 

 

Baca Juga: Tahapan Kemampuan Motorik Anak dari Usia 1-9 Bulan

 

American Academy of Pediatrics menyarankan agar tummy time dilakukan pada minggu pertama setelah tali pusar bayi puput. Namun ini berlaku untuk bayi yang lahir cukup bulan ya, Genbest. Untuk bayi yang lahir prematur, kegiatan tummy time perlu dikonsultasikan dulu kepada dokter.

 

Pada saat ditengkurapkan, bayi akan berusaha mengangkat kepalanya, pada saat inilah reaksi bayi akan berbeda-beda, ada yang marah protes, ada yang acuh tak acuh, dan sebagainya. Apa pun reaksi si kecil, Genbest tetap perlu melatih si kecil, ya. Tak perlu lama-lama. Untuk bayi baru lahir sekitar satu menit setiap kali, 2 hingga 3 sesi per hari. Jika mereka menangis, saatnya untuk istirahat.

 

Seiring bertambahnya usia bayi, tummy time perlu dilakukan sedikit lebih lama karena bayi yang lebih besar membutuhkan latihan tengkurap ini untuk membangun kekuatan ototnya. 

 

Dilansir dari What To Expect, tummy time bisa dilakukan total sekitar 15 menit setiap hari (dibagi menjadi 2-3 sesi sehari masing-masing berlangsung 3-5 menit). Satu hal yang pasti tummy time HARUS dilakukan  di bawah pengawasan orang tua. 

 

Baca Juga: Waspadai Keterlambatan Motorik, Yuk, Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

 

Manfaat Tummy Time

1. Mengembangkan keterampilan motorik

Saat tengkurap, si kecil akan berusaha mendorong dan menendang sekuat tenaga. Apabila motorik kasarnya kuat, nantinya akan membantunya lebih siap merangkak dan berjalan. 

 

2. Mencegah sindrom kepala datar

Kepala bayi masih sangat lunak, terlalu lama membiarkan bayi dalam posisi tidur telentang dapat membuat kepalanya “tertekan”, dan meningkatkan risiko kepala datar.

 

3. Membantu perkembangan visual

Saat tengkurap si kecil akan melihat benda-benda yang ada di sekitarnya. Genbest bisa meletakkan beberapa mainan di sekitarnya, sehingga bisa meningkatkan koordinasi mata dan tangan si kecil.

 

4. Meningkatkan kemampuan sensorik

Saat tengkurap bayi akan menyentuh benda-benda di sekitarnya, seperti selimut atau karpet. Si kecil pun jadi mengenal tekstur dan melatih kemampuan sensoriknya.

 

Baca Juga: Ini Permainan Mencerdaskan untuk Bayi 6-12 Bulan

 

Cara Aman Melakukan Tummy Time 

Jadi, yuk ajak si kecil tummy time, ya. Sebagai pedoman, berikut cara aman melakukan tummy time dengan benar:

 

1. Waktu yang ideal untuk melakukan tummy time adalah setelah bayi bangun dari tidur siang atau setelah mengganti popok. Hindari melakukan tummy time setelah makan atau menyusu, karena berisiko menyebabkan bayi muntah.

 

2. Lakukan tummy time di tempat yang datar, seperti lantai yang diberi alas empuk, kasur, atau di atas pangkuan Genbest.

 

3. Letakkan bayi secara perlahan dengan posisi tengkurap.

 

4. Sembari tengkurap, ajak si kecil berinteraksi seperti berbicara, bercanda, atau bernyanyi.

 

5. Terakhir, letakkan beberapa mainan di sekitarnya untuk menarik perhatian si kecil.

 

Nah, selamat mencoba!

 

Baca Juga: Ini Permainan Mencerdaskan untuk Bayi 6-12 Bulan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top