28 Sep

GenBest apakah si kecil sudah tumbuh gigi? Pasalnya, banyak banget dari kita yang menjadikan pertumbuhan gigi ini sebagai salah satu indikator tumbuh kembang anak yang baik.

 

Memang benar, tapi GenBest harus tahu, setiap anak punya waktu tumbuh gigi pertama pada usia yang berbeda-beda. Makanya momen pertumbuhan gigi ini sering diberikan dalam bentuk rentang usia, bukan dalam satu waktu tertentu.

 

Rata-rata gigi susu pertama bayi akan mulai tumbuh pada usia 6 bulan. Meskipun ada beberapa bayi yang sudah mengalami tumbuh gigi pada usia 3 bulan. Tapi ada juga beberapa bayi yang baru mengalami tumbuh gigi susu pada usia 8 bulan. Hal ini bukan masalah, karena setiap anak memang punya waktu tumbuh yang berbeda-beda. Jadi jangan panik, ya.

 

Uniknya, pertumbuhan gigi anak ini sudah dimulai sejak mereka masih di dalam kandungan, lho. Makanya kenapa penting banget untuk kita memenuhi nutrisi selama 1.000 hari pertama kehidupan sejak bayi masih di dalam kandungan.

 

Baca Juga: Bayi Menolak MPASI, Kenapa Ya?

 

Urutan tumbuhnya gigi geligi bayi

Jumlah gigi bayi dengan orang dewasa berbeda, lho. kalau jumlah lengkap gigi orang dewasa adalah 32 gigi sedangkan gigi anak secara keseluruhan hanya 20 gigi. Masing-masing sepuluh gigi di rahang atas dan bawah. Biar nggak semakin harap-harap cemas menanti pertumbuhan gigi susu si kecil, ketahui dulu urutan pertumbuhan gigi susu bayi berikut ini:

 

1. Gigi seri tengah rahang bawah biasanya muncul pada usia 6-8 bulan.

2. Gigi seri tengah rahang atas pada usia 8-12 bulan.

3. Gigi seri samping rahang bawah pada usia 9-13 bulan.

4. Gigi seri samping rahang bawah pada usia 10-16 bulan.

5. Gigi geraham pertama atas pada usia 14-18 bulan.

6. Gigi geraham pertama bawah pada usia 14-18 bulan.

7. Gigi taring atas pada usia 16-22 bulan.

8. Gigi taring bawah pada usia 17-23 bulan.

9. Gigi geraham kedua bawah pada usia 23-31 bulan.

10. Gigi geraham kedua atas pada usia 25-33 bulan.

 

Pertumbuhan gigi geligi bayi ini berhubungan erat dengan keterampilan makan si kecil. Contoh, ketika gigi bayi baru tumbuh 1-4 buah, kemungkinan dia baru bisa melumat makanan dengan lidahnya, jadi jangan buru-buru memberi makan yang kasar.  Tekstur MPASI yang disarankan adalah dalam bentuk puree.

 

Si kecil baru bisa menggigit makanan biasanya saat gigi gerahamnya sudah tumbuh. Pada saat ini, tekstur MPASI sudah bisa  lebih kasar dibandingkan tahapan MPASI sebelumnya.

 

Baca Juga: Perhatikan Aturan MPASI Ini Agar Tumbuh Kembang Anak Optimal

 

Tumbuh gigi susu bikin anak susah makan

Salah satu tantangan yang muncul ketika gigi susu bayi tumbuh adalah masalah nafsu makan. Karena tumbuhnya gigi akan merobek gusi dan memunculkan rasa sakit, biasanya pada kondisi seperti ini si kecil jadi nggak mau makan. 

 

Ada beberapa kiat yang bisa GenBest coba agar si kecil tetap mau menikmati MPASI-nya. Contoh, dengan membuat makanannya menjadi sangat lembut sehingga si kecil bisa langsung menelan, tanpa perlu mengunyahnya.

 

GenBest juga bisa mendinginkan makanannya di kulkas. Rasa dingin bisa mengurangi nyeri pada gusi bayi. Saat menyuapi si kecil pastikan GenBest menggunakan sendok karet, agar membuat gusi bayi lebih nyaman.

 

Nah, selamat mencoba! Semoga tumbuh gigi si kecil lancar dan yang terpenting semoga buah hati selalu sehat dan terbebas dari ancaman stunting!

 

Baca Juga: Sering Terlupakan Ini Cara Melatih Oromotor Bayi Agar Terampil Makan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top