6 Nov

Sebagai orang tua, tentu sangat menyenangkan bagi GenBest untuk memantau pencapaian perkembangan  si kecil. Namun penting juga diingat, tumbuh kembang bisa berbeda pada setiap bayi. Hanya karena si kecil yang berusia 3 bulan belum mencapai pencapaian tertentu seperti yang tertulis di bawah ini, tidak selalu berarti ada sesuatu yang salah.

 

Tetapi jika GenBest memiliki kekhawatiran, bicarakan dengan dokter. Contoh, kalau pertumbuhan fisik si kecil jauh di bawah batasan ukuran bayi 3 bulan, dan berat badan bayi tampak tidak bertambah, belum tentu bayi terancam stunting, namun kondisi ini perlu segera dikonsultasikan pada dokter.

 

Nah berikut gambaran pencapaian tumbuh kembang bayi usia 3 bulan. Yuk, cek bersama-sama di bawah ini.

 

1. Perkembangan fisik

Salah satu aspek tumbuh kembang yang harus selalu dipantau adalah pertumbuhan fisik.

Di usia 3 bulan, panjang atau tinggi badan bayi berkisar antara 57,6-65,3 cm untuk bayi laki-laki, sedangkan perempuan 55,8-63,8 cm. Berat badan bayi laki-laki sekitar 5,2-7,9 kg, dan untuk bayi perempuan 4,6-7,4 kg.

 

Sementara ukuran ideal lingkar kepala bayi usia 3 bulan berkisar antara 38,3-42,7 cm untuk bayi laki-laki, dan 37,2-41,9 cm untuk bayi perempuan.

 

Baca Juga: Penting Memantau Ukuran Lingkar Kepala Bayi

 

2. Perkembangan motorik

Dari segi motorik, bayi usia 3 bulan sudah pintar mengoordinasikan tangan dan matanya sehingga selalu berusaha meraih apa pun di dekatnya yang menarik perhatian. Genbest bisa melatih keterampilan tangan si kecil  dengan menawarkan mainan di depan matanya, ia pasti bersemangat untuk menjangkau mainan itu dari tangan kita.

 

Si kecil yang berusia 3 bulan juga biasanya memiliki otot leher yang sudah lebih kuat. Ketika tengkurap, sebagian besar bayi bisa menahan berat kepala dan dada dengan kedua tangannya. Mereka juga sudah bisa menggerakkan kedua kakinya dengan menendang-menendangkannya.

 

Baca Juga: Tahapan Kemampuan Motorik Anak dari Usia 1-9 Bulan

 

3. Perkembangan sensorik

Pada usia 3 bulan, saraf otak bayi yang bertugas mengoordinasikan kemampuan indranya semakin berkembang. Mereka lebih peka terhadap bau dan suara dan bisa mengenali orang dan benda yang di sekelilingnya. Tidak heran jika si 3 bulan ini sering menoleh ke sumber suara atau merespons dengan mengeluarkan suara.

 

Baca Juga: Stimulasi untuk Bayi Umur 0-3 Bulan

 

4. Perkembangan kognitif

Dari segi kognitif, perkembangan bayi tidak kalah pesatnya. Pada usia 3 bulan, biasanya bayi sudah bisa tersenyum dan senang berinteraksi dengan orang lain. Permainan favoritnya adalah “Cilukba”.  Jadi, cobalah GenBest mengajak si kecil bermain!

 

4. Kemampuan bicara

Pada usia ini, cara berkomunikasi si kecil tidak lagi terbatas dengan tangisan, namun bisa mengekspresikan diri dengan mengeluarkan suara-suara; seperti ‘ah’, ‘oh, dan ‘wooooh’.

Untuk membantu mendorong perkembangan bahasanya, ajaklah mereka berbicara bernyanyi, atau membacakan si kecil cerita. Bersemangatlah saat bayi mengeluarkan suara saat berusaha menanggapi apa yang GenBest katakan.

 

Nah, selamat memantau tumbuh kembang si kecil yang berusia 3 bulan!

 

Baca Juga: Berapa Jumlah Kosakata yang Mampu Diucapkan Anak Usia 2 Tahun?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top