22 Nov

Genbestie pasti sudah paham kalau olahraga merupakan salah satu aktivitas wajib yang kita lakukan di sela-sela rutinitas. Baik anak-anak maupun orang dewasa, semuanya dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin setiap minggunya. Namun seiring berkembangnya zaman, sekarang aktivitas anak-anak lebih banyak dilakukan di dalam ruangan. Akibatnya, banyak anak yang malas untuk melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

 

Padahal, olahraga punya banyak manfaat untuk pertumbuhan anak, seperti meningkatkan kemampuan motorik, mengurangi risiko obesitas, dan meningkatkan perkembangan otot. Dikutip dari Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) Bandung, anak disarankan untuk melakukan olahraga tiga kali dalam seminggu selama 30 menit. Nah, biar nggak mager olahraga, Genbestie sebagai orang tua bisa menerapkan tips ini untuk anak.


Baca juga: Ini Jenis Olahraga yang Cocok untuk Mencegah Anemia
 

Tips Mengajak Anak agar Rutin Olahraga

 

mengajak anak olahraga

 

1. Lakukan aktivitas fisik ringan
Banyak anak yang menjadi malas berolahraga karena dianggap terlalu berat dan menguras tenaga. Cobalah untuk memulainya dengan melakukan aktivitas fisik ringan. Ajak anak untuk jalan kaki sepulang sekolah jika jaraknya memungkinkan.

 

2. Batasi penggunaan gadget
Memang penggunaan gadget pada anak sekarang ini sangat susah untuk dihindari. Namun sayangnya, terlalu lama bermain gadget justru akan membuat aktivitas fisik anak menjadi berkurang. Sesuai saran dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), anak di atas 6 tahun sebaiknya menggunakan gadget kurang dari 3 jam per hari.


Baca juga: Makan Sambil Main Gadget, Kebiasaan Buruk Anak yang Harus Diubah

 

3. Bangunlah suasana yang menyenangkan
Jika olahraga terasa membosankan, cobalah aktivitas seru bersama dengan anak. Misalnya dengan melakukan hiking bersama, bersepeda berkeliling kota, atau berenang bersama. Tidak lupa juga sebagai orang tua, Genbestie tetap mengawasi si kecil ketika berolahraga, ya.

 

4. Bebaskan anak memilih olahraga yang disenangi
Setiap anak pasti punya kesenangan berbeda-beda dalam berolahraga. Sebagai orang tua, coba bebaskan mereka memilih olahraga yang disukai. Genbestie juga bisa mendaftarkan anak ke klub olahraga agar mereka semakin senang sekaligus dapat bersosialisasi.


Baca juga: Apa Benar Anak Sering Olahraga Jadi Tambah Tinggi?

 

5. Menjadikan orang tua sebagai role model
Genbestie dan pasangan harus memberikan contoh untuk berolahraga secara rutin. Anak biasanya akan menjadikan orang tua sebagai role model dalam berbagai hal, termasuk olahraga. Jadi pastikan Genbestie juga nggak mager berolahraga, ya.

 

Anak yang rutin berolahraga tentunya akan memiliki badan yang sehat dan imun yang kuat. Jika dilakukan secara rutin, anak bisa terhindar dari penyakit yang disebabkan pola hidup tidak sehat. Selain berolahraga, pastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup dan pengasuhan yang baik, ya!

 

———

 

Sumber:

https://bkombandung.kemkes.go.id/tips-agar-remaja-menyukai-olahraga/

 

https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/tips-aktivitas-fisik-untuk-anak-remaja-usia-5-sd-17-tahun

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1289/pentingnya-aktivitas-fisik-anak-remaja

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top