5 Dec

Berat badan (BB) janin merupakan salah satu indikator untuk memantau tumbuh kembang si kecil yang masih dalam kandungan. BB janin yang tidak normal secara signifikan dapat meningkatkan beberapa risiko, seperti BBLR (berat badan lahir rendah) yang meningkatkan ancaman stunting. 

 

Dokter memiliki banyak cara untuk memperkirakan berat badan si kecil yang masih dalam kandungan  Salah satu satu yang paling sederhana dan umum adalah mengukur fundus uteri (titik tertinggi rahim). Memeriksa BB janin juga bisa dilakukan dengan ultrasound (USG).

 

Pada usia 40 minggu, rata-rata bayi memiliki berat 2,5 kg sampai 4 kg. Tapi seberapa berat badan si kecil yang masih dalam kandungan saat ini? Nah, berikut ini adalah patokan berat badan janin normal sesuai usia kehamilan yang perlu Genbest ketahui.

 

Bulan pertama (Minggu 1-4) 

Pada usia kehamilan 1 bulan biasanya berat badan janin normal sekitar 0,16 gram. Kurang lebih beratnya sekitar sebutir beras. 

 

Bulan kedua (minggu 5-8)

Berat badan janin normal di usia 5 minggu sekitar 0,1 gram, atau kurang lebih sebesar biji jeruk. Kemudian di minggu ke-8, berat badan janin biasanya sekitar 1,13 gram, atau seperti buah anggur. 

 

Bulan ketiga (minggu 9-12)

Pada usia ini berat badan janin normal sekitar 2 gram, dan bertambah hingga 4 gram di minggu ke-10. Sedangkan pada usia 12 minggu, berat janin bisa naik drastis, yakni 14-18 gram. FYI, pada usia 3 bulan pertumbuhan janin lebih sempurna, dan sistem pencernaanya mulai bekerja.  

 

Baca Juga: Tandanya Jika Berat Badan Janin Sehat dan Normal

 

Bulan keempat (minggu 13-16)

Memasuki usia 13 minggu, berat badan janin normal sekitar 23 gram. Lalu, pada usia 16 minggu berat janin normal mencapai 100 gram, atau seukuran buah alpukat. Pada bulan keempat, perkembangan janin makin pesat pada bagian kulit dan mata. Bahkan, Genbest bisa mengecek jenis kelamin janin melalui USG. 

 

Bulan kelima (minggu 17-20)

Pada minggu ke-17, berat badan janin normal sekitar 140 gram, atau sebesar kentang. Memasuki minggu ke-20 kehamilan, berat badan janin normal mencapai 300 gram. Pada usia ini, reproduksi bayi berkembang semakin pesat.

 

Bulan keenam (minggu 21-24)

Pada usia kehamilan ke-21 minggu, normalnya berat badan janin mencapai 360  gram. Kemudian di usia 24 minggu, berat badan janin mencapai 600 gram. Pada usia ini paru-paru bayi semakin berkembang, lho! 

 

Baca Juga: Minum Susu Bikin Anak Lebih Tinggi? Cek Faktanya!

 

Bulan ketujuh (minggu 25-28)

Memasuki minggu ke-25, berat badan bayi normal sekitar 660 gram. Lalu, pada usia ke 27 minggu kehamilan, berat janin berada kisaran 875 gram. Di akhir bulan ke-7 beratnya bisa mencapai 1 kilogram!

 

Bulan kedelapan (29-32)

Pada usia 29 minggu kehamilan berat badan janin normal biasanya sekitar 1,2 kilogram. Bahkan, pada usia ini bayi sudah aktif bergerak, dan posisinya mendekati panggul. Nah, di akhir bulan kedelapan, berat badan janin normal bisa mencapai 1,7 kg, dengan panjang sekitar 40 cm!

 

Baca Juga: Susu Ibu Hamil Bisa Menambah Berat Badan Janin? Ini Faktanya

 

Bulan kesembilan (Minggu 33-36)

Pada usia 33 minggu kehamilan, berat badan janin normal semakin meningkat, yakni sekitar 1,9 kilogram. Kembali naik hingga 2,6 kilogram pada minggu ke-36. Pada usia kehamilan ini tulang bayi semakin berkembang baik, namun sedikit lunak.  

 

Bulan kesepuluh (Minggu 37-40)

Memasuki minggu ke-37, biasanya berat badan janin normal sudah mencapai 2,9 kilogram. Lalu bertambah hingga 3,3 kilogram pada minggu ke-39. Pada bulan ini, perkembangan janin paling pesat. Tulang bayi sudah terbentuk, dan organ penting seperti jantung dan paru-paru sudah mulai siap. 

 

Kemudian, menjelang kelahiran atau minggu ke-40, berat badan janin normalnya sekitar 2,5 kilogram hingga 4 kilogram. Perbedaan ukuran ini tergantung asupan gizi yang dikonsumsi ibu hamil.

 

Nah, selamat memantau berat badan janin!

 

Sumber: https://www.klikdokter.com

 

Baca Juga: 3 Hal yang Harus Ibu Hamil Lakukan untuk Mencegah Stunting

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top