22 Oct

Kemajuan teknologi saat ini sudah memungkinkan kita untuk memantau tumbuh kembang janin dengan alat pemeriksaan kehamilan ultrasonografi atau dikenal dengan USG. 

 

Ultrasonografi adalah tes medis yang menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menangkap gambar langsung dari dalam tubuh.

 

Alat ini memungkinkan dokter melihat masalah pada organ, pembuluh, dan jaringan tanpa perlu membuat sayatan. Tidak seperti teknik pencitraan lainnya, USG tidak menggunakan radiasi. Karena itulah, metode ini menjadi pilihan untuk melihat tumbuh kembang janin selama kehamilan.  Hasil pencitraan  USG, terutama USG 3D dan 4D,  tergolong detail dan jelas, sehingga dapat membantu mendeteksi kondisi bayi dengan lebih akurat.

 

Nah, jika GenBest akan melakukan USG pertama kali, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar prosesnya berjalan lancar:

 

1. Tentukan waktu yang tepat

Memilih waktu yang tepat merupakan persiapan yang paling penting sebelum melakukan USG. Kita bisa memantau tumbuh kembang bayi melalui USG setidaknya empat kali selama masa kehamilan, yaitu pada awal kehamilan (7-12 minggu), usia kehamilan 11-14 minggu, usia kehamilan 18-23 minggu, dan mendekati perkiraan hari kelahiran.

 

2. Pakai baju yang nyaman

Saat melakukan USG, alat transducer akan ditempelkan pada perut. Untuk mempermudah pemeriksaan, GenBest akan lebih nyaman bila mengenakan busana two pieces (atasan dan bawahan). Jika GenBest berniat menggunakan loose dress, jangan lupa untuk mengenakan bicycle pants. Celana harus sedikit di bawah pinggul selama USG. Pastikan GenBest nyaman pada posisi itu, karena ultrasound dapat memakan waktu 15 hingga 30 menit.

 

Baca Juga: Intip Kehidupan Janin Lewat USG

 

3. Jangan lupa makan dulu

Ada anggapan  bumil sebaiknya tidak makan saat akan melakukan pemeriksaan USG. Padahal makan boleh-boleh saja. Dalam keadaan perut kosong justru dikhawatirkan bumil akan merasa lemas sehingga janin pun malas bergerak.  Untuk itu, makan makanan bergizi sekitar 45 menit sebelum pemeriksaan USG sangat disarankan. 

 

Baca Juga: Panduan Makan Sehat untuk Ibu Hamil Muda Agar Janin Tetap Sehat

 

4. Minum banyak

Sebelum pemeriksaan USG, GenBest mungkin akan diminta untuk minum 2-3 gelas air putih. Ini ternyata ada kaitannya dengan kualitas gambar janin yang akan dihasilkan oleh  USG. Minum banyak air akan meningkatkan kejernihan cairan ketuban sehingga bisa membantu USG melihat bayi dengan lebih jelas.

 

Baca Juga: Mitos Seputar Ibu Hamil yang Justru Bikin Tidak Sehat

 

5. Minumlah segelas jus buah

Untuk membuat janin lebih aktif saat pemeriksaan, GenBest juga bisa minum segelas jus jeruk atau jus apel sekitar 30 menit sebelum pemeriksaan. Hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi atau soda. Kafein memang akan membuat bayi aktif, tetapi berdampak negatif pada kadar kejernihan cairan ketuban saat di-USG.

 

6. Siapkan pertanyaan

Saat melakukan USG, jangan lupa menyiapkan pertanyaan seputar kehamilan, terutama bagaimana kondisi janin. Untuk pemeriksaan USG pertama kali, jenis kelamin belum bisa terlihat. Apakah si kecil laki-laki atau perempuan baru dapat ditentukan secara akurat biasanya setelah 16 minggu. Bila GenBest ingin mengabadikan momen si kecil dalam kandungan dengan USG 3D atau 4D, GenBest juga bisa bertanya kapan waktu terbaik untuk itu. Umumnya  antara kehamilan 24-26 minggu fitur wajah janin sudah menjadi lebih jelas jadi USG 3D atau 4D sudah menangkap gambar bayi dengan lebih baik.

 

Baca Juga: Ini Tandanya Jika Berat Badan Janin Sehat dan Normal

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top