14 Nov

Kapan Usia Tepat Latih Bayi Pakai Sendok?

by : Admin

Walaupun rumah bakal berantakan karena makanan berceceran di lantai, namun melatih anak menggunakan sendok perlu tetap dilakukan. Kegiatan ini bukan hanya akan melatih kemandirian anak, namun juga dapat menstimulasi kemampuan motoriknya.

 

Dengan makan menggunakan sendok, anak akan berlatih koordinasi antara memegang dan memasukkan makanan ke mulut. Anak juga akan belajar mengenai cara memotong lauk, besar potongannya, serta cara agar bisa menyendok nasi bersamaan dengan lauk. Di sisi lain, melatih anak menggunakan sendok juga melatih si kecil untuk lebih fokus.

 

Kapan usia yang tepat menggunakan sendok?

Tidak ada patokan pasti untuk ini. Namun ini bisa ditelusuri dari keterampilan makan yang dimiliki anak itu sendiri.

 

Idealnya anak sudah mampu menggenggam makanan sejak memasuki periode MPASI, terutama pada saat pengenalan finger food di usia 8-9 bulan. Dengan belajar menjepit finger food menggunakan jari, keterampilan motorik halus anak akan meningkat. Namun pada usia ini,  tangan anak belum cukup kuat untuk menyendok makanan. Ia mungkin hanya menggerakkan sendok ke atas ke bawah, dan sendok mungkin akan beberapa kali terlepas.

 

Baca Juga: Kapan Waktu yang Tepat Mulai MPASI

 

Menginjak usia 15-18 bulan tangan bayi umumnya sudah lebih kuat. Pada saat inilah ia bisa mulai diajarkan menggunakan sendok. Namun lihat juga kesiapannya. Tanda-tanda si kecil siap adalah dia mungkin mengambil sendok saat GenBest menyuapinya, memegangnya, dan mencoba menggunakannya untuk makan sendiri.

 

Nah, kunci sukses melatih anak menggunakan sendok adalah kesabaran. Pada usia 15 bulan, si kecil mungkin sudah bisa mendekatkan sendok ke mulutnya dan menjilatnya. Namun, dia belum bisa memposisikan sendok agar masuk pas mulutnya.

 

Untuk itu, bagi yang GenBest yang senang kerapian dan kebersihan, tolong dipahami, saat berlatih nanti si kecil akan banyak menumpahkan makanan dan membuatnya berceceran di mana-mana. Tapi cobalah lihat dari sisi positif. Rumah memang akan sedikit berantakan, namun berlatih menggunakan sendok, bukan hanya akan membuat si kecil semakin mahir, namun juga akan menstimulasi keterampilan motorik halus anak secara keseluruhan.

 

Baca Juga: Sering Terlupakan, Ini Cara Melatih Oromotor Bayi Agar Terampil Makan

 

Tips melatih anak menggunakan sendok

Berlatih menggunakan sendok bisa dimulai dengan membiasakan anak untuk duduk tertib di meja makan. Anak juga sebaiknya sudah sering dibiasakan makan sendiri sehingga kemampuan menyuapkan makanan ke dalam mulut sudah cukup terlatih.

 

Selanjutnya, beri contoh bagaimana GenBest menyendokan makanan ke mulut secara perlahan. Lalu latih anak menggenggam sendok plastik dan mengarahkannya perlahan ke mulut. Bila anak tampak malas dan tidak tertarik, tidak perlu dipaksa, tunda pembelajaran pada hari itu.

 

GenBest juga bisa melatih dengan cara memberikan anak sendok plastik saat menyuapinya. Biarkan ia memainkan sendok itu. Pilih sendok plastik dengan ujung lembut sehingga tidak akan menyakiti bila terkena gusi.

 

Nah, selamat melatih si kecil menggunakan sendok. Proses ini akan membutuhkan waktu. Biasanya sampai anak berusia 18 bulan, akan masih sulit baginya untuk makan sendiri dengan mahir. Untuk itu,  anak tetap memerlukan bantuan GenBest untuk bisa makan dengan baik.

 

Baca Juga: Fase Oral, Anak Hobi Memasukkan Benda ke Mulut

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top