21 Aug

Genbestie pasti sudah tidak asing lagi dengan stunting. Menurut World Health Organization (WHO) yang dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), stunting adalah pendek atau sangat pendek berdasarkan panjang atau tinggi badan menurut usia yang kurang dari -2 standar deviasi (SD) pada kurva pertumbuhan WHO. Stunting terjadi karena kondisi irreversibel akibat asupan nutrisi yang tidak adekuat dan/atau infeksi berulang / kronis yang terjadi dalam 1000 hari pertama kehidupan (HPK).

 

Salah satu ciri yang sangat menonjol pada anak adalah kurangnya tinggi badan. Banyak orang yang beranggapan bahwa anak dengan postur tubuh yang pendek sudah pasti mengalami stunting. Anggapan ini tentu membuat para ibu yang mempunyai anak dengan tinggi badan cenderung pendek menjadi was-was. Namun apakah benar jika anak pendek sudah pasti stunting? Yuk simak apa saja perbedaannya.

 

Baca juga: Jangan Salah, Stunting dan Cebol Berbeda, Lho!

 

Perbedaan Anak Stunting dan Pendek

 

Ilustrasi perbedaan anak stunting dan pendek

 

1. Adanya keterlambatan tumbuh

 

Ternyata anak pendek belum berarti stunting, Genbestie. Menurut dokter spesialis anak, dr. Aini Ariefa, Sp. A, M.Ked.Klin, sebagaimana dikutip dari Diskominfo Provinsi Kalimantan Timur, mengatakan bahwa memang anak pendek dan stunting sama-sama mempunyai postur tubuh pendek. Namun yang membedakan dua kondisi ini adalah adanya keterlambatan tumbuh. Anak stunting akan mengalami keterlambatan tumbuh karena kekurangan gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Berbeda dari stunting, anak pendek terlahir dari orang tua yang tidak terlalu tinggi. Selain itu, anak yang pendek tidak mengalami keterlambatan tumbuh yang memengaruhi tinggi badan.

 

Baca juga: Waspadai Keterlambatan Motorik, Yuk, Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Sejak Dini

 

2. Adanya kondisi kesehatan lain

Stunting memiliki berbagai efek seperti pertumbuhan otak yang terganggu, gangguan pada kognitif, bahasa, dan motorik. Selain itu, ketika dewasa, anak stunting lebih berisiko menderita penyakit kronis seperti gangguan jantung, hipertensi, dan diabetes. Berbeda dengan anak stunting, anak berpostur tubuh pendek normal tidak memiliki kondisi kesehatan lain yang perlu dikhawatirkan selama kebutuhan nutrisinya tercukupi.

 

Sekarang Genbestie sudah tahu kan apa perbedaan antara anak stunting dengan anak pendek. Lalu pertanyaan selanjutnya, kira-kira berapa tinggi ideal anak-anak?

 

Tinggi Badan Ideal Anak sesuai Usia

 

Ilustrasi tinggi badan ideal anak

 

Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang dilansir dari laman Puskesmas Baturasa, tinggi badan ideal bagi anak-anak bisa dilihat pada tabel berikut.

 

Usia Anak Laki-laki Anak Perempuan
1-2 tahun 71-94 cm 70-93 cm
2-3 tahun 81,5-103,5 cm 80-102,5 cm
3-4 tahun 88,5-112 cm 87,5-111 cm
4-5 tahun 95-119 cm 94-118 cm

 

Baca juga: Cara Mudah Prediksi Tinggi Badan Anak

 

Perlu Genbestie ketahui bahwa tinggi badan anak juga dipengaruhi oleh beberapa faktor. Contohnya seperti tinggi rata-rata saudara dari orang tua, riwayat penyakit orang tua, proses kelahiran anak, pola makan anak, dan sebagainya. Lalu apakah anak yang pendek juga butuh perawatan khusus?

 

Anak dengan postur tubuh pendek bisa jadi memerlukan perhatian khusus jika ada penyakit lain yang menghambat pertumbuhan. Beberapa kondisi yang bisa menyebabkan anak pendek misalnya seperti hipotiroidisme, kekurangan hormon pertumbuhan atau biasa disebut Growth Hormone Deficiency (GHD), sindrom Turner, dan gagal ginjal kronis. Namun perlu diingat jika penyebab pendek adalah karena genetik, anak tidak membutuhkan perawatan khusus.

 

Gimana nih, Genbestie jangan panik dalam membedakan anak stunting dan pendek normal, ya. Jadi jangan was-was atau cemas dulu kalau anak punya postur tubuh pendek. Kalau Genbestie masih ragu, lebih baik berkunjung ke posyandu terdekat ya untuk memantau tumbuh kembang anak. Yuk ikuti terus perkembangan informasi seputar stunting di genbest.id!

 

————

 

Sumber:

 

https://diskominfo.kaltimprov.go.id/kesehatan/stunting-berkaitan-dengan-gizi-anak-semua-anak-pendek-belum-tentu-stunting#:~:text=Pendek%20kata%2C%20Stunting%20adalah%20pendek,anak%20dewasa%20dan%20lanjut%20usia

 

https://baturusa.puskesmas.bangka.go.id/berita/beda-dengan-stunting,-ini-penyebab-anak-pendek

 

https://www.bkkbn.go.id/berita-stunted-dan-stunting

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1388/mengenal-apa-itu-stunting

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top