26 Nov

Genbest, bagaimana posisi duduk si kecil saat disuapi MPASI? Apakah bersandar santai di kursi makannya atau sandaran kursi disetel hingga posisi si kecil sampai hampir berbaring? Kesannya memang sepele, tapi posisi duduk juga memegang peran untuk menyukseskan pemberian MPASI. 

 

Misalnya, jangan biasakan bayi makan dalam posisi berbaring karena berisiko tinggi untuk tersedak. Posisi tersebut tidak terlalu nyaman karena bayi jadi harus mencondongkan tubuh ke depan setiap kali ia disuap. Ini bisa melelahkan karena bayi seperti melakukan olahraga sit-up.

 

Baca Juga: 5 Nutrisi Wajib dalam MPASI Anak

 

Lantas, seperti apa posisi duduk anak yang benar saat memberi MPASI? Berikut tips duduk saat makan agar si kecil lebih tenang, fokus, dan lahap saat menyantap MPASI-nya:

 

1. Gunakan kursi yang tepat

Pilih kursi makan yang tepat dan nyaman. Posisikan anak duduk tegak di sandaran kursi agar ia dapat menelan makanannya dengan lebih mudah. Jika sandaran kursi sudah disetel tegak namun si kecil masih mencondongkan tubuhnya saat menerima makanan, letakkan handuk terlipat di belakang bahunya agar posisi si kecil bisa sedikit maju.

 

2. Gunakan meja yang tepat

Tidak hanya kursi, Genbest juga harus menempatkan anak di meja makan yang tepat. Usahakan tinggi meja makan pas sehingga bisa menopang siku anak. Jangan terlalu tinggi karena bisa bikin anak kesulitan menyantap MPASI-nya.

 

Baca Juga: 3 Masalah Makan pada Anak dan Cara Mengatasinya

 

3. Kaki tidak menggantung

Posisi duduk yang tak kalah penting adalah kaki tidak menggantung. Posisi kaki menggantung bisa menyebabkan si kecil kesemutan yang membuatnya lama-lama jadi rewel. Alhasil proses makan terganggu, deh!

 

4. Tempat makan yang nyaman

Kunci sukses MPASI tanpa drama berikutnya tempat makan yang nyaman. Lingkungan makan dan posisi duduk yang nyaman membuat mood si kecil menjadi lebih bagus. Dengan begitu, kegiatan makan menjadi lebih lancar, deh!

 

Selamat mencoba dan semoga berhasil, Genbest!

 

Baca Juga: Bisa Dicoba, Ini Tips Atasi GTM pada Bayi 9 Bulan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top