18 Nov

Tips Memilih Sikat Gigi Bayi yang Tepat

by : Admin

Stunting merupakan masalah tumbuh kembang yang bisa disebabkan berbagai faktor, termasuk kebersihan gigi dan mulut si kecil yang tidak terjaga. Lho kok bisa? Ini memungkinkan karena  dengan malas menggosok gigi, misalnya, anak bisa rentan terkena infeksi atau karies gigi.

 

Gangguan kesehatan gigi ini bisa membuat anak merasa sakit, tidak nyaman, hingga mengalami kesulitan makan. Dalam jangka panjang, kesulitan makan inilah yang bisa menyebabkan asupan nutrisi si kecil  menjadi tidak maksimal sehingga mengganggu tumbuh kembangnya dan meningkatkan risiko stunting.

 

Karena itu, kebersihan gigi dan mulut perlu diperhatikan sejak si kecil masih bayi, salah satu caranya dengan memilih sikat gigi yang tepat.

 

Baca Juga: Cegah Stunting dengan Cara Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

 

Tips Memilih Sikat Gigi Bayi

Membersihkan gigi dan mulut bayi sudah bisa dimulai sejak mereka belum tumbuh gigi. Untuk membersihkan gula alami dari ASI yang menempel pada gusi,  kita bisa menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi menggunakan air matang sehingga sedikit lembap.

 

Segera setelah gigi bayi tumbuh, American Academy of Pediatrics merekomendasikan untuk beralih ke sikat gigi dan pasta gigi berfluoride. Bagaimana memilih sikat gigi pertama untuk si kecil:

 

1. Pilih sikat gigi sesuai usia

Ada beberapa kategori sikat gigi bayi berdasar usia. Pertama usia 7-11 bulan, kemudian untuk usia 11-24 bulan, dan di atas 24 bulan. GenBest bisa memilih sikat gigi sesuai dengan usia si kecil. Pilih sikat yang pas dengan nyaman di mulut si kecil. Sikat gigi bayi dan balita biasanya memiliki kepala yang lebih kecil dan agak bulat.

 

2. Bulu sikat lembut

Pastikan memilih bulu sikat yang lembut untuk mencegah gusi bayi terluka akibat gesekan sikat gigi. Bulu sikat yang lembut juga akan membantu memberikan pijatan pada gusi bayi dan merangsang pertumbuhan giginya.

 

3. Perhatikan kepala sikat gigi

Karena ukuran mulut bayi masih sangat kecil, usahakan memilih kepala sikat gigi yang kecil. Selain mencegah mulut bayi terluka, ujung sikat  yang kecil bertujuan agar dapat membersihkan setiap sudut mulut si kecil, terutama di bagian belakang mulut.

 

4. Mudah digenggam

Pilih sikat gigi yang juga mudah digenggam oleh bayi untuk membantu bayi terbiasa memegang dan belajar menggunakan sikat gigi sejak dini.

 

Pegangan yang lebih tebal dan anti selip juga akan memudahkan  GenBest bisa memegangnya dengan mantap dan meminimalkan risiko sikat tergelincir yang bisa menyebabkan lecet pada gusi bayi. Boleh juga pilih sikat dengan desain dan warna yang lucu. Dengan begitu kegiatan menggosok gigi bayi menjadi lebih menyenangkan.

 

Baca Juga: 5 Skill Kebersihan Diri yang Harus Dikuasai Balita

 

Tips menyikat Gigi Bayi

Setelah memilih sikat gigi bayi yang tepat, pastikan GenBest menggunakannya dengan benar. Ada beberapa langkah yang bisa GenBest terapkan saat menggosok gigi bayi:

 

1. Gunakan pasta gigi khusus anak

Sekarang sudah banyak pasta gigi khusus anak yang lebih aman jika digunakan untuk bayi. Gunakan pasti gigi secukupnya (kira-kira seukuran sebutir beras) di atas bulu sikat.

 

2. Pastikan posisi nyaman

Usahakan GenBest dan si kecil dalam posisi yang nyaman. Bisa dengan duduk di kursi dan memangku si kecil. Tahan dagu bayi dan sandarkan kepalanya pada tubuh GenBest. Pastikan kita bisa melihat mulut si kecil sepenuhnya, ya.

 

3. Sikat gigi anak dengan benar

Sikat gigi anak dengan gerakan melingkar. Mulai dari bagian gigi depan, samping, dalam, dan bagian belakang. Jika sudah, minta anak untuk meludahkan pasta giginya agar tidak tertelan.

 

Yuk, mulai biasakan menjaga kesehatan dan kebersihan gigi si kecil sejak dini!

 

Baca Juga: Cara Menyenangkan Mengajari Anak Cuci Tangan, Coba Yuk!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top