10 Nov

Dalam tumbuh kembang anak, pasti akan melewati fase tumbuh gigi. Umumnya, gigi susu akan muncul pada usia 6-8 bulan, dan kemudian gigi akan terus tumbuh hingga berjumlah 20 buah pada usia 3 tahun. Tentu saja, momen tumbuh gigi ini menjadi salah satu hal yang sangat dinantikan Genbestie sebagai orang tua.

 

Sayangnya, saat anak tumbuh gigi, tidak jarang mereka akan sering rewel, demam ringan, atau punya keinginan untuk mengunyah sesuatu. Jika dibiarkan, keluhan ini akan mengganggu perkembangan anak. Tapi Genbestie nggak perlu khawatir, ya. Bayi yang rewel karena tumbuh gigi bisa diatasi dengan tips berikut ini.

 

Baca juga: [Infografis] Jadwal Tumbuh dan Tanggal Gigi Anak

 

Tips Mengatasi Bayi Rewel karena Tumbuh Gigi

 

bayi rewel tumbuh gigi

 

1. Berikan mainan khusus untuk gigi

Sekarang sudah banyak mainan khusus untuk merangsang gigi bayi. Pastikan mainan terbuat dari bahan yang cukup kuat namun lentur, seperti karet. Selain itu, pilihlah mainan dengan label BPA free yang aman jika dimasukkan ke dalam mulut. Genbestie pun wajib mengawasi anak saat mereka menggigit mainan untuk menghindari risiko tertelan.

 

2. Gunakan sikat gigi lembut

Ketika sudah tumbuh beberapa gigi, Genbestie bisa mulai membersihkannya. Gunakanlah sikat gigi kecil dengan bulu lembut untuk menyikat gigi. Jika menggunakan pasta gigi, pastikan produk terbuat dari bahan yang aman bila tertelan.

 

Baca juga: Tips Memilih Sikat Gigi Bayi yang Tepat

 

3. Tenangkan anak saat rewel

Jika si kecil sudah mulai rewel, cobalah untuk menenangkan atau mengajaknya bermain. Cara ini bisa mengalihkan perhatian mereka dari rasa sakit karena gigi yang baru tumbuh. Kalau masih belum membantu, coba gosok gusinya dengan menggunakan jari tangan yang sudah bersih.

 

4. Berikan makanan lunak

Si kecil yang mulai tumbuh gigi dapat diberikan makanan lunak yang mudah dikunyah. Genbestie bisa memberikan buah seperti melon untuk menenangkan gusi. Namun, hindari makanan yang mengandung banyak gula karena dapat merusak gigi.

 

Baca juga: [Infografis] Mitos dan Fakta Seputar Pertumbuhan Gigi Bayi

 

5. Periksakan ke dokter gigi

Jika anak masih rewel, bawalah si kecil untuk periksa ke dokter gigi. Menurut drg. Indah Kusuma Pertiwi, seorang dokter gigi spesialis periodontik, anak sudah bisa diperiksakan ke dokter gigi sejak gigi susu tumbuh atau pada usia 4-6 bulan. Selain itu, anak tidak akan trauma jika mereka terbiasa periksa gigi ke dokter secara rutin.

 

Gigi merupakan bagian dari tubuh yang harus diperhatikan kesehatannya. Dengan menjaga kesehatan gigi, anak akan terhindar dari masalah kesehatan seperti gigi berlubang dan radang gusi. Jika gigi anak sehat, si kecil dapat mengunyah makanan bergizi dan tumbuh dengan optimal. Semoga tipsnya bermanfaat, Genbestie!

 

———

 

Sumber:

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/765/jaga-kesehatan-gigi-anak-sejak-dini

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1045/pentingnya-mengajarkan-kesehatan-gigi-dan-mulut-pada-anak

 

https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/safely-soothing-teething-pain-and-sensory-needs-babies-and-older-children#:~:text=On%20average%2C%20children%20begin%20teething,urge%20to%20chew%20something%20hard.

 

https://www.nhs.uk/conditions/baby/babys-development/teething/tips-for-helping-your-teething-baby/

 

https://www.antaranews.com/berita/3722673/dokter-gigi-anjurkan-periksa-kesehatan-gigi-dan-mulut-rutin-sejak-dini

 

https://m.antaranews.com/berita/364789/kesehatan-gigi-sebaiknya-dijaga-sejak-bayi

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top