23 May

Rumah bersih adalah dambaan setiap orang. Iya, kan? Dengan rumah yang bersih dan tertata rapi, semua anggota keluarga nyaman berada di dalamnya. Lebih dari itu, rumah yang bersih menjadi indikator rumah sehat, sehingga berbagai penyakit dapat dihindari.

 

Agar rumah menjadi sehat, beberapa bagian rumah harus dibersihkan secara rutin. Berikut beberapa bagian rumah yang kamu mesti bersihkan lebih sering daripada bagian lainnya:  

 

1. KARPET PINTU MASUK

Karpet pintu masuk adalah benda yang pertama kali seseorang atau tamu lihat saat berkunjung ke rumah. Sayangnya, benda ini bisa menjadi tempat favorit bagi kuman bersarang. Sebab, benda ini adalah tempat membersihkan kaki atau alas kaki sebelum memasuki rumah. Gunakan lap atau kain untuk membersihkan debu dan kotoran yang menempel. Bersihkan juga area di bawah karpet karena biasanya menjadi bagian paling kotor.

 

2. RUANG TAMU

Ini adalah tempat yang harus dibersihkan karena menjadi  area tamu berkunjung dan mengobrol. Kesan pertama rumah dapat terlihat dari bagaimana penampilan ruang tamunya. Tidak mau, kan, mereka tidak betah karena ruang tamunya kotor dan berdebu? Gunakan lap kering dan lap basah untuk membersihkan debu di ruang tamu, kursi, meja, lemari, dan aneka aksesori lainnya di ruang tamu. Ruang tamu pun terlihat bersih dan rapi.

 

3. LANTAI

Lantai adalah bagian rumah paling bawah dan paling cepat kotor. Bila kita lupa menyapu dan mengepelnya dalam sehari saja, lantai pun terlihat kotor dan lengket. Apalagi bila berada di dapur dan ruang keluarga, bagian itu akan cepat kotor karena banyaknya kotoran dan makanan yang jatuh. Bersihkan lantai dengan menyapu dan mengepelnya menggunakan cairan antibakteri.

 

4. DAPUR

Dapur adalah tempat menyimpan, mengolah, dan memproses makanan. Untuk itu, kebersihannya perlu dijaga dengan baik. Sebab, makanan yang sehat berawal dari proses penyimpanan dan pemrosesan yang baik dan higienis. Untuk itu, bersihkan dapur secara rutin setiap hari.

Jangan biarkan perlengkapan makan seperti piring, gelas, dan sendok-garpu kotor. Selain membuatnya rusak karena berkarat, sisa makanan menempel juga dapat menimbulkan bau tak sedap. Segera bersihkan dan cuci peralatan makan dan alat masak setiap selesai menggunakannya. Alat masak dan alat makan juga sebaiknya segera dicuci untuk menghindari serangga dan binatang datang seperti kecoak, semut, cicak, dan tikus datang. Bersihkan meja dapur, bagian-bagian kompor gas, lemari dapur, dan perlengkapan lain di sekitarnya. Jangan lupa, kulkas juga harus dibersihkan secara rutin agar makanan di dalamnya tetap segar, sehat, dan higienis.

 

5. KAMAR MANDI

Inilah salah satu tempat penting tapi bisa dikatakan sebagai tempat terkotor di rumah. Sebab, di tempat inilah kita membuang kotoran saat buang air besar dan kecil. Tidak usah heran, ada milyaran bakteri bersarang di semua bagian kamar mandi. Untuk itu, bersihkan semua bagian kamar mandi tanpa terkecuali. Dimulai dari kloset, gosok dengan sikat dan cairan pembersih khusus, lanjutkan dengan bagian dinding dan lantai. Kedua bagian ini juga penting karena mudah berjamur serta kadang cipratan kotoran mengenai dinding dan lantai. Sikat sampai bersih. Jangan lupa, bersihkan bagian wastafel kamar mandi dengan spons dan cairan pembersih.

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top