22 Nov

Kondisi tubuh saat hamil yang lebih rentan terpapar virus, mungkin akan meningkatkan kecemasan ibu hamil (bumil) selama pandemi ini. Namun ini bukannya tanpa solusi, karena bumil tetap bisa berstrategi untuk mencegah tertular virus dengan berbagai cara, salah satunya dengan menguatkan kekebalan tubuhnya.

 

Bagaimana caranya? Berikut beberapa hal yang bisa bumil lakukan sebagai upaya menjaga imunitas tubuhnya:

 

1. Cukupi kebutuhan nutrisi

Mengonsumsi makanan bergizi merupakan cara paling penting untuk memperkuat imunitas tubuh. Hal ini juga berlaku bagi ibu hamil. Beberapa nutrisi yang tidak boleh dilewatkan adalah protein, vitamin C, vitamin B6, kalsium, zat besi, omega-3, dan asam folat, untuk itu perbanyaklah makan buah-buahan dan sayuran, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.  Kurangi makanan manis dan asupan gula karena bisa menekan sistem kekebalan

 

Baca Juga: 7 Makanan Tinggi kandungan Folat Penting untuk Ibu Hamil

 

2. Lakukan olahraga

Selama dokter mengatakan aman bagi GenBest untuk berolahraga selama kehamilan, GenBest bisa mencoba melakukan aktivitas fisik selama 30 menit setiap hari, contoh, melakukan senam hamil dengan mengundang instruktur ke rumah atau melihat video tutorial dari internet. Jika pelaksanaan senam tidak memungkinkan, alternatif lain bisa dicoba. Bisa dengan berjalan santai mengelilingi halaman rumah, misalnya. Kenapa olahraga perlu selama kehamilan ini? Karena antibodi dan sel darah putih yang berperan dalam kekebalan tubuh dilepaskan lebih cepat ke aliran darah saat GenBest berolahraga.

 

3. Konsumsi vitamin prenatal

Mengonsumsi vitamin prenatal (seperti asam folat, zat besi, kalsium dan sebagainya) selama kehamilan adalah salah satu cara memastikan kebutuhan nutrisi harian ibu hamil bisa terpenuhi dengan baik. Karena vitamin ini dapat melengkapi pola makan yang terkadang kurang bergizi.  Vitamin prenatal juga bisa membantu bumil menjadi lebih sehat, memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat, sekaligus bermanfaat untuk tumbuh kembang si kecil dalam kandungan dan menjauhi risiko stunting.  Selalu patuhi aturan minumnya sesuai yang disarankan dokter, ya GenBest!

 

4. Cukupi Kebutuhan Tidur

Tidur adalah salah satu penentu penting dari sistem kekebalan yang sehat. Pola tidur yang tidak sehat dan gangguan tidur sering dikaitkan dengan perubahan fungsi kekebalan dan membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Jadi, pastikan untuk tidur setidaknya 8 jam setiap hari. Jika GenBest mengalami kesulitan untuk mendapatkan tidur yang cukup, konsultasikan dengan dokter untuk mencari solusi terbaik.

 

5. Hindari stres

Stres juga dapat menyebabkan penurunan imunitas tubuh. Kondisi stres berat dapat mengganggu pikiran dan emosional ibu hamil yang berdampak buruk bagi kesehatan. Pastikan GenBest memiliki lingkungan yang positif dan banyaklah tertawa, karena sudah terbukti dalam penelitian, dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

 

Baca Juga: Ini Yang Terjadi Pada Janin Bila Ibu Hamil Stres

 

6. Rajin mencuci tangan

Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering menyentuh benda sehingga memungkinkan kuman, bakteri, dan virus menempel padanya. Tangan yang  kotor bisa membuat bumil jadi sering sakit-sakitan dan akhirnya mengganggu kekebalan tubuhnya. Karena itulah bumil harus rajin mencuci tangan pakai sabun, terutama sebelum dan setelah makan serta sehabis dari toilet. 

 

Baca Juga: Bumil, Ini Panduan Pemeriksaan Kehamilan Saat Pandemi COVID-19

 

7. Perhatikan kecukupan cairan

Air akan membantu membawa oksigen ke sel-sel tubuh dan membuang racun dari tubuh. Untuk itu, usahakan untuk minum air 8-10 gelas sehari guna mencegah racun menumpuk di tubuh yang berdampak negatif pada sistem kekebalan.

 

Baca Juga: Ini Persiapan Persalinan di Tengah Pandemi COVID-19

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top