8 Oct

Walaupun disebabkan banyak faktor, kekurangan gizi dalam waktu yang lama dianggap sebagai penyebab utama stunting, GenBest. Kalau GenBest pernah mendengar fase 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), ini adalah saat tepat untuk mencegah stunting

 

Periode 1.000 HPK dikenal sebagai periode emas pertumbuhan anak, karena pada masa itu pertumbuhan otak anak sangatlah pesat. Apa pun yang diterimanya dalam periode emas ini akan berdampak pada masa depannya kelak. 

 

Fase 1.000 HPK mencakup 270 hari selama janin dalam kandungan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan anak. Artinya, seperti kata Mama Mona di komik di bawah ini, ibu sangat perlu memerhatikan makanannya selama hamil, termasuk juga perilaku hidup bersih dan sehat, seperti cuci tangan pakai sabun.

 

Eh… nggak cuma di masa kehamilan GenBest bisa mencegah stunting. Pencegahan pun harus dilakukan secara kontinu di setiap tahapan hidup, yaitu dari masa kanak-kanak, masa remaja, masa menyusui, dan terus selanjutnya.


Untuk mencari tahu berbagai info seputar stunting dan perawatan si kecil biar terhindar dari stunting, download apps “Anak Sehat” dari Google Play Store. Ada fitur pemantauan pertumbuhan anak melalui KMS Digital juga di apps itu. Dengan begitu, nanti GenBest juga bisa memonitor berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala si kecil secara mandiri dari HP Android.

 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top