5 May

Tips Sehat dan Bugar Sepulang Mudik Lebaran

by : Admin

Welcome back, Genbest! Habis mudik Lebaran pastilah Genbest kelelahan, dan mungkin jadi sering kliyengan, pusing, lemas, dan cepat lelah. Hati-hati itu adalah gejala anemia. 

 

Anemia terjadi ketika tidak ada cukup sel darah merah yang sehat untuk membawa oksigen ke tubuh kamu. Akibatnya, muncul gejala cepat lelah dan lemas. Nah, salah satu penyebab anemia adalah asupan gizi yang kurang baik. Coba ingat-ingat, mungkinkah selama mudik kemarin makanan Genbest kurang terjaga?

 

Segera atasi anemia yang Genbest alamiterlebih kalau Genbest akan segera menjadi calon ibu. Sebab, kondisi anemia yang parah dan terbawa hingga kehamilan, dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan lahir rendah (BBLR) dan stunting. 

 

Baca Juga: Tips Menjaga Asupan Gizi bagi Calon Pengantin agar Terhindar dari Anemia

 

Nah, untuk mengembalikan kebugaran tubuh Genbest setelah mudik Lebaran, yuk, coba lakukan beberapa tips di bawah ini.

 

1. Mulai dengan sarapan sehat

Pada hari pertama kembali dari mudik, Genbest tidak boleh melewatkan sarapan. Pilihlah makanan kaya zat besi, seperti telur orak-arik dengan roti. Genbest juga bisa menikmati sereal yang diperkaya zat besi dengan segelas jus jeruk. Vitamin C pada jus jeruk akan membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik. 

 

Baca Juga: Remaja Putri, Yuk, Mengenal Anemia

 

2. Pilih salad saat makan siang

Sayur dan buah dalam salad banyak mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin C. Jangan lupa vitamin C akan membantu tubuh menyerap zat besi. Tambahkan salad dengan ayam atau udang yang merupakan sumber protein yang baik untuk mengembalikan energi Genbest sehabis mudik. Keduanya juga kaya zat besi sehingga sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi anemia. 

 

3. Jadwalkan berolahraga

Jadwalkan berolahraga paling lambat seminggu setelah Genbest pulang dari mudik. Jika Genbest sibuk di tempat kerja, mungkin dibutuhkan lebih banyak kemauan untuk melakukannya. Olahraga akan membantuGenbest lebih bugar. Pilih olahraga ringan yang sederhana, seperti berjalan kaki, minimal 30 menit. 

 

Baca Juga: Ini yang Terjadi pada Janin, Bila Ibu Hamil Stres

 

4. Minum suplemen TTD

Bila dokter meresepkan TTD (Tablet Tambah Darah), jangan lupa diminum, ya. TTD merupakan suplemen yang umumnya berisi zat besi dan asam folat. Suplemen ini berfungsi untuk membantu membentuk hemoglobin sehingga dapat mengatasi anemia.

 

Selamat mencoba, dan semoga Genbest bisa cepat bugar kembali setelah mudik!

 

Sumber: www.livestrong.comhttps://health.usnews.com

 

Baca Juga: Suplemen dan Vitamin Penambah Darah untuk Anemia    

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top