22 Aug

Calon Pengantin Juga Harus Sadar Stunting

by : Admin

Sebagai calon ibu, penting bagi Genbest untuk menyadari juga besarnya peran Genbest bagi kesehatan anak-anak kamu kelak. Meskipun saat ini Genbest masih calon pengantin dan belum hamil, kesehatan Genbest tetap akan memengaruhi perkembangan janin dan kesehatan bayi nanti. 

 

Menurut penelitian, hampir seperempat bayi baru lahir di negara berkembang (termasuk Indonesia) memulai hidup dengan gangguan pertumbuhan. Kondisi ini karena status gizi buruk yang dialami ibu.

 

Baca Juga: Persiapan Menikah: Genbest Calon Ibu yang Sehat Kah?

 

Banyak wanita memasuki kehamilan dengan kondisi malnutrisi (kurang gizi). Selama kehamilan, berat badan mereka kurang sehingga menempatkan janin pada risiko berat badan lahir rendah (BBLR). Bayi yang lahir dengan BBLR sering tumbuh menjadi penderita stunting. 

 

Stunting sendiri merupakan gangguan pertumbuhan yang sangat serius karena selain tubuh penderitanya jauh lebih pendek daripada teman-teman seusianya, juga membuat kecerdasannya rendah dan memiliki risiko penyakit, seperti penyakit jantung dan diabetes di kemudian hari. 

 

Baca Juga: Calon Pengantin, Begini Pencegahan Stunting Sebelum Menikah

 

Itulah mengapa, calon pengantin harus sadar stunting sedini mungkin. Caranya sederhana, yakni mulai dengan menambah asupan makanan bergizi seimbang yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral. Makanan sumber protein adalah daging ayam, telur, daging sapi, dan sebagainya. Sementara makanan kaya akan vitamin dan mineral adalah ikan (vitamin D, A, B), kacang-kacangan (vitamin E), susu (vitamin A,B, D dan kalsium), serta segala macam buah-buahan. Kamu juga dapat berkonsultasi dengan tenaga kesehatan bila merasa status gizi kamu masih buruk. 

 

Catin wanita yang anemia juga harus segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan kesehatan dan gizi hingga mencapai normal. Catin juga biasanya akan dianjurkan menunda kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi sampai kondisi anemianya sembuh. 

 

Gejala anemia adalah 5 L: Lelah, Letih, Lesu, Lemah, Lunglai dan kamu juga biasanya sering pusing dan mata berkunang-kunang. Biasanya selain harus memperbaiki asupan nutrisi kamu, dokter juga akan meresepkan Tablet Tambah Darah (TTD) yang perlu diminum secara rutin, 1 tablet per minggu sebelum hamil dan 1 tablet per hari selama kehamilan. 

 

Baca Juga: Tips Menjaga Asupan Gizi bagi Calon Pengantin agar Terhindar dari Anemia

 

Untuk membangun keluarga yang sehat dan bebas stunting, Catin juga harus sudah mulai berdiskusi dengan pasangan terkait kapan waktu tepat untuk punya anak, jumlah anak, serta jarak kelahiran ideal agar kebutuhan nutrisi anak-anak terpenuhi dengan baik sehingga bebas stunting. 

 

Sumber: www.prb.orgBKKBN: Panduan Mempersiapkan Pernikahan dan Kehamilan 

bagi Calon Pengantin untuk Mencegah Stunting

 

Baca Juga: Persiapan Memiliki Anak untuk Pasangan Baru Menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top