22 Sep

Apakah Genbest tahu, anemia juga bisa dialami si kecil yang masih balita? Anemia bukanlah masalah yang bisa disepelekan, sebab tubuh yang mengalami defisiensi zat besi akan kesulitan untuk memproduksi sel darah merah dan mengakibatkan asupan oksigen ke seluruh tubuh terganggu. Karena itulah, pada kasus anemia kronis yang parah, pertumbuhan anak bisa terhambat dan mengalami stunting. 

 

Umumnya, penyebab anemia pada anak adalah kekurangan asupan zat besi yang terjadi pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), seperti saat dalam kandungan atau pada masa MPASI. 

 

Selain faktor penyebab di atas, ada juga kelompok anak yang rentan mengalami anemia defisiensi zat besi yang patut Genbest waspadai berikut ini:

 

1. Bayi prematur

Ketika terlahir prematur, bayi umumnya memiliki jumlah sel darah merah yang lebih rendah dibandingkan bayi yang lahir cukup bulan. Selain itu, sel darah merah bawaan bayi prematur punya masa hidup yang lebih pendek. Hal ini yang menyebabkan bayi prematur termasuk dalam kelompok rentan anemia defisiensi besi. 

 

Baca Juga: Anemia Saat Hamil Bisa Sebabkan Bayi Lahir Prematur

 

2. Anak dengan penyakit kronis

Penyakit-penyakit kronis, seperti kanker, penyakit autoimun, atau gagal ginjal, dapat menyebabkan perubahan pada sel darah merah dalam tubuh dan memperlambat produksinya sehingga para penderitanya mengalami anemia.

 

3. Anak obesitas

Anak obesitas termasuk kelompok yang rentan terkena anemia defisiensi zat besi karena obesitas mengakibatkan penimbunan lemak dan inflamasi kronis, sehingga dapat menurunkan penyerapan zat besi.

 

Baca Juga: Anak Gemuk Berisiko Mengalami Stunting, Kok Bisa?

 

4. Anak kurang nutrisi saat MPASI

Banyak anak mengalami anemia ketika memasuki periode MPASI karena MPASI-nya kurang sumber protein hewani yang kaya zat besi, seperti daging merah, ayam, ikan, telur, dan sebagainya. 

 

Jika si kecil tergolong dalam kelompok rentan anemia di atas dan menunjukkan gejala, seperti kulit pucat, sering rewel, dan kerap mengeluh pusing, Genbest bisa segera mengonsultasikannya pada  dokter untuk mendapatkan pengobatan yang terbaik. 

 

Baca Juga: Benarkah Anemia Bisa Pengaruhi Daya Pikir Anak

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top