30 Sep

Hamil di saat pandemi COVID-19 akan menjadi suatu cerita tersendiri nanti saat anak besar. Tapi sekarang, wajar kalau kehamilan bikin GenBest was-was. Berjuta pertanyaan mungkin berputar-putar di kepala, salah satunya bagaimana cara saya melindungi diri dari COVID-19?

 

Prinsipnya, kita tidak akan tertular virus, kalau bisa menghindari paparannya. Untuk itu, imbauan untuk #diRumahAja bisa menjadi pilihan yang baik untuk bumil saat ini. Tapi kalau GenBest memang harus bekerja atau berkegiatan yang menuntut kamu harus keluar rumah, Genbest harus terus menerapkan protokol kesehatan, termasuk cuci tangan dengan sabun, melakukan jarak sosial, dan memakai masker.

 

Minta juga anggota keluarga menerapkan protokol kesehatan seperti di atas saat keluar rumah, untuk menghindari paparan pada Genbest yang sedang hamil.

 

Hal lainnya, saat melakukan pemeriksaan kehamilan, GenBest bisa bertanya apa pun yang menjadi kekhawatiran GenBest pada dokter. Jangan lupa untuk memasukkan beberapa pertanyaan penting terkait pandemi saat ini, seperti yang dibawah ini:

 

Apa kebijakan rumah sakit terkait tes COVID-19 menjelang persalinan?

Ini adalah pertanyaan penting, khususnya bagi bumil menjelang persalinan. Perlu diketahui, pada saat pandemi ini umumnya rumah sakit akan menerapkan protokol kesehatan, salah satunya tes screening COVID-19 pada ibu hamil (dan pendamping persalinan). Biasanya tes akan dilakukan tujuh hari sebelum taksiran persalinan.

 

Bila hasilnya positif, Genbest kemungkinan akan dirujuk ke RS rujukan COVID-19 atau RS mampu PONEK. Rumah sakit PONEK merupakan rumah sakit rujukan yang memberikan pelayanan 24 jam untuk kegawatdaruratan ibu dan bayi. GenBest juga perlu mempersiapkan  biaya tambahan untuk prosedur lainnya, seperti seragam alat pelindung diri (APD) bagi tim medis yang menangani persalinan.

 

Ingat, setiap rumah sakit memiliki kebijakan yang berbeda-beda, dan kemungkinan bisa berubah dari minggu ke minggu seiring perkembangan kasus COVID-19, jadi jangan lupa untuk menanyakan poin ini pada dokter.

 

Baca Juga: Ini Persiapan Persalinan di Tengah Pandemi COVID-19

 

Apakah ibu akan dipisahkan dari bayi, jika hasil tes COVID-19 positif?

Pertanyaan ini setidaknya akan membuat bumil lebih siap mental. Umumnya RS akan memiliki kebijakan tersendiri pada saat pandemi ini.  Contoh, bayi tetap bisa dirawat gabung jika ibu berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan), namun ini tidak berlaku jika jika status ibu adalah PDP (Pasien Dalam Pengawasan) atau terkonfirmasi COVID-19.

 

Jika ibu harus menjalani isolasi, biasanya akan dilakukan isolasi terpisah antar ibu dan bayinya selama 14 hari sesuai batas risiko transmisi. Pemisahan sementara bertujuan untuk mengurangi kontak antara ibu dan bayi.

 

Tapi sekali lagi, setiap rumah sakit bisa memiliki kebijakan berbeda. Jadi tanyakan hal ini juga, ya!

 

Baca Juga: Panduan Menyusui Bagi Ibu Positif COVID-19

 

Apakah memungkinkan konsultasi online?

Berdiam diri di rumah adalah solusi terbaik di tengah pandemi COVID-19. Pergi berkonsultasi ke dokter mungkin bikin kekhawatiran tersendiri. Maka coba tanyakan apakah rumah sakit memiliki sistem khusus untuk melakukan konsultasi secara online?

 

Tanyakan juga bagaimana saat GenBest harus melakukan USG atau pemeriksaan fisik? Kemungkinan besar dokter dan rumah sakit punya solusi agar kita tetap merasa aman.

 

Biasanya akses masuk pasien COVID-19 dan tidak akan dipisah untuk meminimalkan penyebaran virus. Tapi kita tetap harus waspada dengan mengikuti panduan pemeriksaan kehamilan saat pandemi

 

Apa yang terjadi, jika saya terinfeksi virus COVID-19?

Mungkin GenBest merasa pertanyaan ini nggak perlu karena GenBest sehat-sehat saja. Tapi kita tetap perlu menyiapkan diri untuk skenario terburuk pada kondisi pandemi seperti saat ini.

 

Jadi sebaiknya tanyakan ini pada dokter. Biasanya bumil dengan kasus COVID-19 ringan bisa memantau kondisinya di rumah. Dokter biasanya juga memberikan saran kapan bumil dengan COVID-19 perlu menghubungi rumah sakit, contoh jika gejalanya memburuk, terutama sesak napas, dan sebagainya. 

 

Adakah vitamin khusus untuk ibu hamil di tengah pandemi COVID-19?

Tanyakan pada dokter vitamin khusus yang perlu dikonsumsi selama pandemi, ya, GenBest. Karena masalah imunitas memerlukan perhatian khusus selama pandemi COVID-19. Jika tidak ada vitamin khusus, coba menanyakan mengenai makanan-makanan yang harus dikonsumsi selama pandemi. Hal ini sangat penting untuk menghindari kita dari berbagai macam penyakit yang bisa saja mengintai bayi dalam kandungan.

 

Baca Juga: Yang Harus Dilakukan dan Dihindari Ibu Hamil dalam Menjaga Kebugaran di Rumah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top