12 Nov

Bagi Genbest dan pasangan, alat kontrasepsi atau KB (Keluarga Berencana) bisa sangat bermanfaat untuk mengatur jarak kehamilan. Berkat alat KB, misalnya, Genbest yang baru melahirkan tidak perlu khawatir kebobolan dan memiliki waktu untuk pemulihan diri. 

 

Bagi si kecil pun manfaatnya besar karena dengan adanya jarak kehamilan si kecil bisa mendapatkan ASI sampai 2 tahun sehingga tumbuh kembangnya lebih optimal, jauh dari ancaman stunting.

 

Baca Juga: KB Bikin Gemuk, Cek Mitos dan Fakta Seputar KB

 

Nah, salah satu alat kontrasepsi yang populer di kalangan para ibu adalah pil KB. Menurut “Buku Panduan untuk Petugas dan Kader Lapangan Mengenai Pilihan Metode Kontrasepsi untuk Masyarakat Umum” yang diterbitkan BKKBN dan Kementerian Kesehatan RI, efektivitas pil KB mencapai angka 92% dalam mencegah kehamilan. Tertarik untuk menggunakan pil KB? 

 

Berikut ini adalah 4 hal terkait pil KB yang perlu diketahui Genbest: 

 

1. Menurunkan risiko kanker

Dilansir dari website Verywell Health, minum pil KB selama 5 tahun atau lebih ternyata bisa menurunkan risiko terkena kanker ovarium hingga 50%. Penelitian juga menunjukkan penggunaan pil KB, baik dalam jangka pendek dan jangka panjang, terkait dengan risiko terkena kanker endometrium yang lebih rendah. 

 

2. Mengurangi nyeri haid

Cara kerja pil KB yang mengurangi jumlah hormon prostaglandin dalam tubuh dan menipiskan lapisan rahim sering dimanfaatkan sebagai pengobatan untuk meredakan nyeri haid.  

 

Hormon prostaglandin merupakan hormon yang diproduksi tubuh saat menstruasi guna merangsang otot rahim berkontraksi untuk membantu pengeluaran darah menstruasi.

Sementara lapisan rahim yang lebih tipis membuat otot-otot rahim tidak perlu berkontraksi kuat saat darah luruh. Ini yang membuat nyeri haid menjadi berkurang. 

 

Baca Juga: Pilih KB Suntik 1 Bulan atau 3 Bulan?

 

3. Lupa minum bisa kebobolan

Salah satu kelemahan pil KB adalah kita perlu meminumnya setiap hari. Kelupaan minum satu hari saja, efektivitasnya bisa turun. Tapi kelemahan ini mudah diatasi karena kamu hanya perlu mencari cara untuk mengingat. Misalnya dengan memasang alarm setiap hari di waktu yang sama di smartphone Genbest

 

4. Harus pilih pil KB yang tepat

Ada begitu banyak jenis dan merek pil KB. Masing-masing dapat memengaruhi tubuh dengan cara yang berbeda. Contoh, ada pil KB dengan formulasi hormon estrogen dan progestin, sementara yang lain hanya progestin dan tidak mengandung estrogen. 

 

Meski kandungannya sama, masing-masing pil juga bisa memiliki dosis estrogen dan progestin yang berbeda. Inilah mengapa penting bagi kamu untuk berkonsultasi pada dokter sebelum menggunakan pil KB. 

 

Nah, selamat menggunakan kontrasepsi untuk mengatur jarak kehamilan, Genbest. Yang perlu kamu ketahui juga, dibutuhkan sekitar tiga bulan bagi tubuh untuk menyesuaikan diri dengan hormon dalam pil KB. Bila Genbest menemukan efek samping yang mengganggu dari pil KB bisa mengonsultasikan kembali pada dokter. 

 

Baca Juga: 5 Alat Kontrasepsi yang Efektif Mengatur Jarak Kehamilan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top