9 Nov

Jangan lupa Ajarkan Ini Kepada Anak

by : Admin

Seperti GenBest ketahui, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terkait erat dengan stunting. Kamar mandi yang kotor, misalnya, tanpa disadari dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan dan membuat anak jadi sering sakit-sakitan. Beberapa kasus diare dan cacingan pada anak telah terbukti bisa berhubungan dengan sanitasi yang buruk di sekitar rumah, termasuk urusan jamban yang tidak sehat.

 

Kedua penyakit tersebut tampaknya tidak berbahaya, namun jika diare dan cacingan itu terus berulang, anak bisa terancam lebih besar mengalami stunting karena energinya untuk bertumbuh dan berkembang justru selalu digunakan guna memulihkan anak dari sakit.

 

Nah, bila kamar mandi sudah selalu diperhatikan kebersihannya, tugas GenBest  belum selesai karena masih perlu mengajarkan aturan saat ke kamar mandi pada si kecil. Kesannya sepele, namun beberapa anak masih kerap bingung terkait ini. Contoh, setelah buang air kecil, mereka bisa saja langsung melanjutkan aktivitas tanpa cuci tangan dulu karena berpikir cuci tangan hanya diperlukan setelah mereka buang air besar.

 

Baca Juga: Sanitasi Buruk Picu Stunting

 

Tentu mengajarkan apa pun pada anak, termasuk aturan saat ke kamar mandi, membutuhkan kesabaran dan pengulangan secara terus menerus. Nah, ini yang perlu diketahui anak terkait aturan saat ia ke kamat mandi.

 

1. Menyiram kloset setelah digunakan

Menyiram kloset kamar mandi adalah kunci kamar mandi bersih. Jangan sampai ada sisa kotoran yang mengendap atau tertinggal di dalam toilet. Pastikan juga menutup toilet sebelum menyiramnya. Kebiasaan menyiram dalam keadaan kloset terbuka dapat membuat kuman dan bakteri tersebar melalui percikan air dan menempel ke benda di sekitarnya.

 

2. Gunakan air bersih dan mengalir

Tekankan pada si kecil untuk menggunakan air bersih mengalir dari keran (bukan air dari ember) setiap kali membasuh sehabis buang air besar atau kecil, terlebih saat di toilet umum. Cara membasuh organ intim juga harus tepat, yaitu dari depan ke belakang untuk wanita agar  tidak ada kotoran dari anus masuk ke dalam vagina. Setelah itu, organ intim perlu dikeringkan menggunakan tisu atau handuk agar tidak lembap.

 

Baca Juga: Peran Penting Kebersihan untuk Cegah Stunting

 

3. Jangan letakkan barang di lantai kamar mandi

Kamar mandi adalah sarang kuman dan bakteri penyebab berbagai penyakit. Tekankan pada anak untuk tidak  meletakkan barang, seperti mainan, botol sampo, dan sebagainya di lantai kamar mandi. Sediakan rak khusus untuk meletakan barang-barang tersebut agar tetap terjaga kebersihannya.

 

4. Pakai sikat gigi sendiri

Kebiasaan bertukar sikat gigi dapat meningkatkan risiko penularan penyakit.  Biasakan juga untuk mengganti sikat gigi anak saat sudah rusak atau paling tidak setiap 3-4 bulan sekali agar bulu sikatnya dapat membersihkan gigi lebih optimal.

 

Baca Juga: 5 Skill Kebersihan Diri yang Harus Dikuasai Balita

 

5. Cuci tangan pakai sabun

Ada banyak bakteri yang menempel pada wastafel atau tombol flush di kamar mandi. Biasakan anak untuk mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir setiap selesai menggunakan toilet dan ini berlaku baik setelah ia buang air kecil maupun besar.

 

Baca juga: Cara Menyenangkan Mengajari Anak Cuci Tangan, Coba Yuk!

 

6. Kebersihan di toilet umum

Ajari anak pentingnya menjaga kebersihan diri saat menggunakan toilet umum. Misalnya dengan tidak menyentuh benda atau bagian dari toilet. Bersihkan dahulu dudukan kloset dengan tisu lalu gunakan pelapis dudukan kloset sekali pakai atau tisu untuk melindungi bokongnya dari paparan kuman dan bakteri penyebab penyakit. Tekan tombol flush menggunakan tisu. Setelah selesai cuci tangan pakai sabun hingga bersih.

 

Nah, itu adalah aturan ke kamar mandi yang perlu diajarkan pada anak. Selamat mencoba, Genbest!

 

Baca Juga: Tips Gunakan Toilet Umum yang Higienis, Jangan Pilih Bilik Tengah!

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top