1 Jul

Genbest dengan pasangan apakah tengah berjuang untuk memiliki momongan? Mengutip laman garuda.ristekbrin.go.id, pada tahun 2017 tercatat 10-15% dari 40 juta pasangan usia subur di Indonesia mengalami masalah kesuburan atau infertilitas. Jadi jangan putus asa, karena Genbest tidak sendirian.

 

Infertilitas didefinisikan sebagai tidak bisa hamil meskipun sering melakukan hubungan intim tanpa alat kontrasepsi, selama setidaknya satu tahun. Yang patut disayangkan, masih banyak mitos tentang infertiltas ini. Misalnya, saat pasangan lama tidak punya anak, pihak perempuanlah yang dianggap sebagai penyebabnya. Padahal ini belum tentu. 

 

Baca Juga: Persiapan Memiliki Anak untuk Pasangan Baru Menikah

 

Di bawah ini adalah beberapa mitos terkait infertilitas yang perlu diluruskan.

 

Mitos: Infertilitas adalah masalah perempuan

Faktanya infertilitas bukan hanya masalah perempuan, tapi juga laki-laki. Penelitian menunjukkan, penyebab infertilitas terjadi karena 40% faktor perempuan, 40% faktor laki-laki, dan 10% gabungan dari keduanya. 

 

Mitos: Kesuburan dan berat badan

Fakta, berat badan ada kaitannya dengan infertilitas. Penelitian menunjukkan, pria dan wanita yang mengalami obesitas berhasil hamil secara alami setelah melakukan program penurunan berat badan. Di samping kesuburan, kelebihan berat badan juga menimbulkan risiko kesehatan bagi ibu dan bayi, termasuk diabetes gestational.

 

Baca Juga: Mitos Seputar Ibu Hamil yang Justru Bikin Tidak Sehat

 

Mitos: Adopsi bayi bikin cepat hamil

Mengadopsi bayi bisa menjadi alternatif cara untuk memiliki momongan, namun tidak berkaitan dengan meningkatkan kesuburan. Genbest tetap harus melakukan perawatan kesuburan lebih lanjut untuk mengatasi infertilitas.

 

Mitos: Usia bukan penyebab infertilitas

Faktanya, usia adalah faktor terpenting dalam kesuburan. Seiring bertambahnya usia, kemungkinan hamil akan berkurang karena kualitas sel telur yang menurun

 

Mitos: Hamil itu gampang

Meskipun banyak perempuan hamil dengan mudah, namun kenyataannya 1 dari 10 pasangan dengan usia subur, memiliki masalah infertilitas. Bahkan banyak pasangan sehat dengan usia kurang dari 35 tahun, selama lebih dari 1 tahun kesulitan memiliki anak, walaupun telah berkonsultasi dengan dokter. 

 

Baca Juga: Ukuran Payudara Pengaruhi Jumlah ASI, Mitos atau Fakta?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top