29 Nov

GenBest apakah selama hamil ini jadi sering malas bergerak? Sebenarnya ini wajar, karena tingkat energi memang sedikit menurun saat hamil. Tubuh yang makin berat karena perut yang membesar juga membuat bumil pengennya jadi malas-malasan terus.

 

Bersantai boleh, malah bumil diharuskan mendapat cukup istirahat. Tapi bergerak setidaknya 30 menit sehari, juga disarankan. CDC  (Centers for Disease Control and Prevention)atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat merekomendasikan agar ibu hamil bisa melakukan aktivitas dengan intensitas sedang setidaknya 150 menit per minggu. 

 

Baca Juga: Do’s and Dont’s Untuk Ibu Hamil dalam Menjaga Kebugaran di Rumah

 

Lalu apa contoh aktivitas intensitas sedang yang ideal untuk wanita hamil? Apalagi kalau bukan jalan kaki.

 

Jalan kaki adalah olahraga low impact yang bisa dilakukan hampir di mana saja dan kapan saja. Yang diperlukan hanya sepasang sepatu kets yang nyaman serta botol air, dan GenBest sudah siap berjalan di sekitar kompleks rumah. Dengan berjalan kaki, sirkulasi darah ke janin akan lebih lancar. Olahraga juga membantu ibu hamil membuka jalan lahir dan memperkuat otot-otot yang akan digunakan saat persalinan kelak.

 

Berikut ini adalah 6 manfaat jalan kaki bagi ibu hamil dan tumbuh kembang janin dalam kandungan:

 

1. Membuat tubuh selalu fit

Rutin berjalan kaki selama masa kehamilan akan membantu meningkatkan kesehatan jantung. Jalan kaki selama hamil juga akan membantu menjaga kekuatan otot dan membuat bumil tambah fit, tidak mudah lelah.

 

2. Menurunkan risiko keguguran

Siapa sangka, rutin jalan kaki di pagi hari di lingkungan yang bebas polusi bisa menurunkan risiko keguguran pada ibu hamil. Tentu saja ini berkat oksigen yang dihirup tersalurkan hingga ke plasenta bayi. Hal inilah yang akan mendukung tumbuh kembang janin serta memperkuat rahim.

 

Baca Juga: 7 Bahaya Kehamilan yang Perlu Kamu Waspadai

 

3. Menurunkan risiko diabetes kehamilan

Tingginya kadar gula atau mengalami diabetes tipe 2 di masa kehamilan, menjadi salah satu penyebab bayi lahir dengan berat badan berlebih, hingga meningkatkan risiko persalinan prematur. Namun, dengan rutin jalan kaki dapat membantu mengubah gula darah di dalam tubuh menjadi energi, dan meminimalkan risiko bayi obesitas.

 

4. Meredakan stres saat hamil

Adanya perubahan hormon membuat ibu hamil kerap mengalami stres. Sayangnya, stres selama masa kehamilan bukanlah yang baik, karena dapat menghambat tumbuh kembang janin hingga berisiko keguguran.

 

Untuk mengatasinya, GenBest bisa coba berjalan kaki di pagi hari. Karena olahraga dapat membantu meningkatkan hormon endorfin yang akan membuat kita lebih tenang dan senang.

 

Baca Juga: 4 Dampak Buruk Stres Ibu Hamil pada Janin

 

5. Menurunkan risiko preeklampsia

Kebiasaan jalan kaki di pagi hari membantu menjaga tekanan darah lebih stabil, dan menurunkan risiko preeklampsia. Yang dimaksud preeklampsia adalah komplikasi pada masa kehamilan akibat tekanan darah tinggi.

 

Bukan hal sepele, preeklampsia dapat membahayakan janin di kandungan. Mulai dari gangguan pertumbuhan janin, risiko lahir prematur, hingga kematian janin di dalam kandungan atau bahkan segera setelah lahir.

 

6. Meningkatkan peluang persalinan normal

Menariknya lagi, olahraga jalan kaki selama masa kehamilan ternyata dapat membuat otot panggul dan rahim GenBest menjadi lebih rileks. Jika dilakukan secara rutin, dapat meningkatkan kesempatan GenBest untuk bersalin normal dan membantu masa pemulihan pasca melahirkan menjadi lebih cepat.

 

Nah, itu adalah beberapa manfaat jalan kaki bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan. Hanya saja, GenBest harus ingat, olahraga saat hamil tidak boleh terlalu diforsir.

 

Disarankan untuk jalan kaki sekitar 20-30 menit/hari, selama tiga kali seminggu. Jika sudah terbiasa, GenBest bisa meningkatkan durasi sekitar 30-60 menit/harinya. Jika merasa sudah lelah lebih baik untuk segera istirahat, ya.

 

Selamat berolahraga, semoga GenBest selalu sehat dan si kecil yang masih dalam kandungan bisa tumbuh optimal dan jauh dari ancaman stunting!

 

Baca Juga: Nutrisi Terbaik Agar Lebih Cepat Pulih Setelah Melahirkan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top