4 Dec

Nutrisi memainkan peran penting selama masa 1.000 hari pertama kehidupan. Banyak bukti menunjukkan bahwa gizi buruk selama 1.000 HPK dapat meningkatkan risiko pengembangan penyakit pada anak seperti asma, diabetes, obesitas, dan stunting. 

 

Sebaliknya nutrisi yang optimal di masa 1.000 HPK akan membuka berbagai kesempatan bagi anak untuk tumbuh lebih sehat, lebih cerdas dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat. Itulah mengapa banyak orang tua memanfaatkan 1.000 HPK dengan memberi anak suplemen vitamin. 

 

Baca Juga: Dampak Buruk Memaksa Anak Makan Saat Fase MPASI

 

Pertanyaannya, apakah anak-anak memang membutuhkan suplemen vitamin? Vitamin dan mineral penting untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat pada anak-anak, namun bila si kecil memiliki pola makan yang sudah bervariasi dan bergizi seimbang biasanya mereka tidak membutuhkan suplemen vitamin atau mineral.

 

Baca Juga: Kebutuhan Suplemen Anak Memasuki Usia 2 Tahun

 

Lalu kapan anak membutuhkan suplemen vitamin? Dalam Web MD dijelaskan anak-anak dengan kebiasaan makan seperti di bawah ini kemungkinan membutuhkan suplemen vitamin:

  • Anak-anak yang tidak makan teratur
  • Anak-anak suka pilih-pilih makan 
  • Anak-anak dengan kondisi medis kronis, seperti asma atau masalah pencernaan, terutama jika sedang minum obat. 
  • Anak-anak yang lebih banyak makan junk food dan makanan olahan
  • Anak-anak dengan pola makan vegetarian atau vegan 
  • Anak-anak yang banyak minum soda berkarbonasi, yang dapat menghilangkan vitamin dan mineral dari tubuh mereka

 

Baca Juga: Si Kecil Sulit Makan, Apakah Selalu Butuh Suplemen?

 

Pastikan berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan suplemen vitamin yang sesuai untuk si kecil. Tapi ingat,  memberi suplemen vitamin bukan berarti menggantikan pola makan sehat. Tetap ikuti pedoman Isi Piringku dan pastikan anak makan beragam dan bergizi seimbang untuk mendapatkan nutrisi yang mereka butuhkan demi tumbuh kembang optimal dan bebas stunting. 

 

Sumber: https://www.eatright.org

 

Baca Juga: Anemia Defisiensi Besi Akibatkan Anak Mogok Makan?

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top