6 Oct

Dalam menjaga kesehatan anak, memilih makanan sehat menjadi peran penting bagi orang tua. Salah satu caranya adalah dengan membawakan bekal ketika si kecil ke sekolah. Namun, banyak pula working mom yang tidak sempat menyiapkan bekal makanan. Akhirnya, anak terpaksa harus membeli sendiri makanan di sekolah.

 

Memberikan uang jajan kepada anak adalah keputusan yang memerlukan pertimbangan matang. Hal ini karena beberapa jajanan yang kurang bergizi dan mengandung banyak bahan pengawet tidak baik untuk tubuh anak. Dampaknya, menurut dokter Andreas Wilson Setiawan seperti dikutip dari Hello Sehat, anak bisa mengalami berbagai masalah kesehatan seperti diare, demam, karies gigi, radang tenggorokan, hingga masalah berat badan.

 

Untuk mencegah dampaknya, Genbestie bisa mengajarkan anak untuk memilih jajan sehat yang ada di lingkungan sekolah. Yuk disimak tipsnya.

 

Baca juga: Berbagai Gangguan Pencernaan Ini Sering Dialami Bayi dan Balita

 

Tips Mengajari Anak Memilih Jajan Sehat di Sekolah

 

ilustrasi anak makan jajan

 

1. Ajarkan anak untuk memilih jajan yang aman

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mengajarkan anak membeli panganan yang aman. Pilihlah jajan yang bersih, sudah dimasak matang, tidak bau tengik atau asam. Selain itu, bimbing anak untuk memilih camilan yang dipajang, disimpan, dan disajikan dengan baik dan bersih oleh penjual. 

 

2. Arahkan anak untuk memperhatikan penampilan dan rasa makanan

Berikan panduan kepada anak untuk menghindari makanan dan minuman dengan warna mencolok, rasa terlalu kuat, atau aroma yang menyengat. Jajanan dengan ciri seperti ini umumnya memiliki kadar pengawet, perasa, atau pewarna yang cukup tinggi. Sajian seperti ini akan berdampak pada kesehatan anak jangka pendek seperti terserang penyakit radang tenggorokan atau diare. Sedangkan dampak jangka panjang dari makanan ini yaitu memicu kanker, berpotensi merusak kerja ginjal, hingga kerusakan hati

 

3. Bimbing anak untuk membatasi fast food dan makanan ringan

Sajian fast food dan makanan ringan seperti burger, kentang goreng, keripik kentang, dan ayam goreng tepung umumnya mempunyai kadar garam dan lemak yang tinggi namun rendah serat. Konsumsi kedua jenis makanan ini bisa memicu kegemukan dan obesitas pada anak. Genbestie dapat mengarahkan anak untuk membeli camilan yang memiliki label ‘Pilihan Lebih Sehat’ di kemasan seperti yang direkomendasikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

 

Baca juga: Dampak Buruk Sering Makan Junk Food Bagi Tumbuh Kembang Anak

 

4. Ajari anak untuk membaca label makanan

Jika anak sudah cukup umur untuk membaca, cobalah arahkan untuk belajar memahami arti label pada makanan. Elemen penting dalam kemasan seperti tanggal kedaluwarsa, memiliki nomor pendaftaran, dan label halal bagi yang beragama Islam menjadi indikator penting dalam makanan kemasan. Untuk mengajarinya, coba ajak anak untuk berbelanja dan beri contoh langsung bagaimana cara membaca label.

 

5. Ingatkan anak untuk cuci tangan

Selain memilih sajian, kebersihan tangan anak juga penting untuk diperhatikan. Menjaga kebersihan dengan cuci tangan sebelum dan sesudah makan akan menghindarkan anak dari kuman atau cemaran berbahaya yang menyebabkan penyakit seperti diare, demam tifoid (tipes), dan hepatitis. Untuk membiasakannya, lakukan pula kebiasaan ini ketika si kecil sedang berada di rumah agar ia terbiasa saat di sekolah.

 

Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan anak. Oleh karena itu, kesadaran akan jajanan sehat merupakan bagian penting dalam mendidik anak-anak kita tentang gaya hidup sehat. Semoga tips-tips di atas membantu Genbestie saat membimbing anak untuk memilih jajanan sehat di sekolah.

 

——

 

Sumber:

 

https://standarpangan.pom.go.id/dokumen/pedoman/Pedoman_Pangan_Jajanan_Anak_Sekolah_untuk_Pencapaian_Gizi_Seimbang.pdf

 

https://lldikti5.kemdikbud.go.id/home/detailpost/memilih-jajanan-anak-sekolah-aman-dan-sehat-ini-tips-dari-pakar-gizi-unisa-yogyakarta

 

https://mediakom.kemkes.go.id/2022/08/memilih-jajanan-sehat-untuk-anak/

 

https://hellosehat.com/nutrisi/tips-makan-sehat/jajan-sembarangan-bikin-sakit/#

 

https://www.halodoc.com/artikel/si-kecil-suka-jajan-sembarangan-ini-dampaknya

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/139/pentingnya-cuci-tangan-untuk-kesehatan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top