31 Nov

Sebelum menikah, ada banyak persiapan yang harus Genbestie lakukan dengan pasangan. Salah satunya adalah melakukan tes kesehatan pra nikah dan mendapatkan vaksin untuk calon pengantin (catin). Melakukan imunisasi sebelum menikah akan membuat tubuh lebih kebal terhadap penyakit berbahaya dan mempersiapkan kehamilan yang sehat.

 

Nah, selain catin wanita, catin pria juga dianjurkan untuk melakukan vaksinasi sebelum menikah. Tujuannya agar kesehatan fisik diri sendiri, pasangan, dan anak akan semakin terjaga. Dengan melakukan vaksinasi, catin pria turut memberikan kontribusi yang positif dalam memastikan kebahagiaan dan kesejahteraan keluarga yang akan dibagun bersama pasangan.

 

Baca juga: 5 Vaksin Penting bagi Calon Pengantin Wanita

 

Bagi catin pria, dianjurkan untuk mendapatkan beberapa vaksin ini sebelum menikah.
 

Daftar Vaksin untuk Catin Pria

 

vaksin untuk catin pria

 

1. Vaksin Tetanus Toxoid (TT)

Tetanus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang ditemukan di tempat kotor, debu, tanah, dan besi berkarat yang dapat mengakibatkan kerusakan pada sistem saraf dan sumsum tulang belakang. Untuk mencegahnya, Genbestie sebaiknya melakukan suntik TT sebelum menikah guna mengurangi risiko tetanus pada saat pertama kali melakukan hubungan seksual. Suntik TT bagi calon pengantin sudah diwajibkan oleh pemerintah sejak tahun 1986 sebagai salah satu syarat untuk menikah di Kantor Urusan Agama (KUA), lho. Jika ingin mendapatkannya, suntik TT bisa dilakukan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), Rumah sakit, atau di bidan dengan praktek mandiri.

 

2. Vaksin HPV

Mulai tahun 2023, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) melakukan perluasan untuk vaksinasi Human Papillomavirus (HPV). Pemberian vaksin ini mulai dilakukan karena HPV dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti kutil kelamin dan kanker serviks. Catin pria disarankan untuk mendapatkan vaksin HPV karena virus ini dapat menular melalui hubungan seksual, termasuk melalui vagina, oral, atau kontak antar kulit seperti yang dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC). 

 

Baca juga: Vaksin HPV Jadi Vaksinasi Wajib, Apa Manfaatnya bagi Remaja Putri?

 

3. Vaksin Hepatitis B

Hepatitis B merupakan penyakit yang ditularkan melalui cairan tubuh, hubungan seksual, transfusi darah, dan jarum suntik yang dapat menyebabkan fungsi hati tidak berjalan optimal. Karena dapat ditularkan melalui hubungan seksual, calon pengantin baik pria maupun wanita dianjurkan untuk melakukan vaksinasi Hepatitis B. Untuk mendapatkannya, Genbestie dapat mengunjungi rumah sakit terdekat.

 

Itulah daftar vaksin yang dianjurkan untuk dilakukan oleh catin pria. Mendapatkan vaksin sebelum pernikahan bukan hanya tindakan bijak, tetapi juga sebuah bentuk tanggung jawab sosial dan kemanusiaan. Menjaga kesehatan diri dan orang-orang di sekitar kita adalah bagian penting dalam memulai perjalanan pernikahan yang bahagia dan berkesan.

 

———

 

Sumber:

 

https://semarangkota.go.id/p/965/pemeriksaan_kesehatan_pra_nikah_bagi_pasangan_calon_pengantin

 

https://info.kapuashulukab.go.id/2022/07/21/nakes-puskesmas-kalis-ingatkan-calon-pengantin-pentingnya-vaksinasi-tetanus-toxoid/

 

https://www.cdc.gov/std/hpv/stdfact-hpv-and-men.htm

 

https://www.cdc.gov/hepatitis/hbv/vaccadults.htm


 

https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-4-vaksin-yang-dibutuhkan-pria-sebelum-menikah

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top