31 Aug

Saat ini kopi menjadi salah satu minuman yang mudah ditemui di sekitar kita. Minuman ini tidak hanya ada di rumah saja, tapi banyak tersedia di cafe, minimarket, hingga pedagang kopi keliling. Minum kopi kini menjadi kebiasaan yang sulit untuk ditinggalkan. Namun, ada beberapa orang yang tidak dianjurkan untuk minum kopi, termasuk ibu hamil.

 

Hal ini karena adanya mitos yang beredar di masyarakat bahwa ibu yang sedang mengandung tidak boleh mengonsumsi kopi karena akan berefek buruk ke calon anaknya nanti. Apakah mitos ini benar atau tidak ya, Genbestie?

 

Baca juga: 7 Daftar Pantangan Makan Setelah Melahirkan Agar Tubuh Ibu Cepat Fit

 

Fakta Kopi dan Ibu Hamil

 

ilustrasi ibu hamil minum kopi

 

Anggapan bahwa ibu hamil tidak boleh minum kopi sebenarnya hanya mitos, ya, Genbestie. Ibu hamil sah-sah saja mengonsumsi kopi, tetapi ada aturannya, nih. Menurut American College of Obstetricians and Gynecologist yang dilansir dari laman Layanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Yankes Kemenkes), ibu hamil masih bisa mengonsumsi minuman berkafein selama dalam batas yang wajar.

 

Fakta lainnya, kafein yang dimaksud sebenarnya bukan hanya kopi saja, lho. Ibu hamil juga disarankan untuk membatasi konsumsi minuman lain yang mengandung kafein seperti teh, cokelat, dan minuman berenergi. Jadi sebaiknya mulai sekarang jangan hanya batasi kopi saja, tapi juga minuman yang mengandung kafein lainnya.

 

Baca juga: 10 Pantangan Makanan dan Minuman Untuk Ibu Menyusui

 

Dampak Minum Kopi Berlebihan pada Ibu dan Janin

 

ilustrasi ibu hamil sedang minum kopi

 

Kafein berlebihan yang dikonsumsi ibu hamil akan memberikan efek diuretic dan stimulans. Akibatnya, Genbestie akan mengalami peningkatan buang air kecil (BAK) yang akan berakibat pada dehidrasi, tekanan darah meningkat, dan peningkatan detak jantung. Tentu efek ini akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman.

 

Selain berdampak pada ibu, kopi juga dapat memberikan efek samping pada janin. Dilansir dari laman RSUD Nyi Ageng Serang Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta, kopi mengandung inhibitor atau zat yang akan mengganggu penyerapan zat besi. Ini menjadi masalah karena ibu hamil membutuhkan zat besi untuk membuat lebih banyak darah yang akan memasok oksigen ke bayi.

 

Baca juga: 8 Buah Tinggi Zat Besi yang Cocok untuk Ibu Hamil

 

Nah, untuk menghindari dampak dari kafein terhadap ibu dan janin, coba batasi konsumsi minuman berkafein, ya. Jika mau mengonsumsi kopi, sebaiknya kurang dari 200 mg atau setara dengan 1 cangkir kopi per hari. Selain itu, jangan lupa juga untuk rutin mengonsumsi air putih sekitar 2,4 liter per hari. Ibu hamil juga perlu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan membatasi asupan garam.

 

Dengan mengetahui fakta bahwa ibu hamil masih bisa mengonsumsi kopi, harapannya Genbestie tidak terpengaruh mitos lagi, ya. Bagi para ibu hamil, tetap konsumsi makanan dengan gizi seimbang dan pantau perkembangan janin untuk mencegah gangguan kesehatan, termasuk risiko stunting.

 

————

 

Sumber:

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1166/mitos-seputar-kehamilan#:~:text=Jadi%2C%20boleh%2Dboleh%20saja%20ibu,mg%20kafein%20per%20hari%2C%20ya!

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/9/pregnancy--dos-donts

 

https://rsnas.kulonprogokab.go.id/detil/202/ibu-hamil-juga-sebaiknya-batasi-minum-kopi

 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/528/kopi-baik-untuk-andaio-mitos-atau-fakta

 

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top