6 Oct

Asam folat adalah vitamin B9. Jika berencana untuk segera memiliki momongan, penting bagi Genbest untuk mengonsumsi tablet asam folat selama dua hingga tiga bulan sebelum menikah. 

 

Mengapa harus mengonsumsi asam folat sebelum menikah? Memiliki tingkat asam folat yang tepat dalam tubuh sebelum hamil, bisa mengurangi risiko bayi mengalami cacat tabung saraf pada otak atau sumsum tulang belakang hingga 70%. 

 

Baca Juga: Tips Menjaga Asupan Gizi bagi Calon Pengantin agar Terhindar dari Anemia

 

Berapa banyak asam folat yang harus konsumsi? Kebanyakan wanita disarankan untuk mengonsumsi suplemen 400 mikrogram (mcg) setiap hari. Namun bila Genbest sudah hamil, kebutuhan asam folat sekitar 600 mikrogram (mcg). Berikut ini beberapa manfaat dari asam folat bagi ibu hamil dan janin dalam kandungan:

 

1. Mengurangi risiko preeklamsia

Salah satu manfaat penting asam folat bagi ibu hamil adalah mengurangi risiko preeklamsia. Asam folat mampu mencegah tekanan darah tinggi dan pembengkakan saat hamil. 

 

Beberapa riset menunjukkan, kekurangan asam folat merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko preeklamsia pada ibu hamil. Oleh karena itu, penting bagi Genbest yang akan memulai program hamil untuk mencukupi asupan asam folat.

 

2. Mencegah keguguran dan prematur

Asam folat juga bisa mencegah risiko keguguran dan kelahiran prematur. Berbagai riset membuktikan, ibu hamil yang memenuhi kebutuhan asam folat harian memiliki risiko bayi lahir cacat (seperti cacat tabung saraf, bibir sumbing, hingga penyakit jantung bawaan) yang lebih kecil.

 

Baca Juga: Calon Pengantin, Begini Pencegahan Stunting Sebelum Menikah

 

3. Membantu tumbuh kembang janin

Salah satu manfaat asam folat bagi ibu hamil adalah mengoptimalkan tumbuh kembang janin. Asam folat bisa mendukung pembentukan organ tubuh janin, pembentukan jaringan dan organ tubuh janin, serta mengurangi risiko berat badan lahir rendah (BBLR). Ingat, bayi dengan BBLR memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami stunting. 

 

Baca Juga: Persiapan Memiliki Anak untuk Pasangan Baru Menikah

 

Nah, segera penuhi kebutuhan asam folat kamu, ya! Genbest juga bisa mencoba makan lebih banyak makanan yang mengandung folat, seperti brokoli, bayam, asparagus, kacang polong, buncis. Namun kamu disarankan tetap minum tablet asam folat karena biasanya makan makanan tinggi folat belum cukup untuk memberikan perlindungan terbaik bagi bayi, apalagi kalau kamu sudah hamil.

 

Sumber: www.cdc.gov

 

Baca Juga: Bumil, Siapkan 6 Hal Ini Saat Periksa Kehamilan

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top