27 Feb

Stunting adalah kondisi yang bisa dicegah dengan pemberian nutrisi yang tepat, seimbang, dan sesuai dengan kebutuhannya. ASI memang memiliki kandungan nutrisi yang cukup pada bayi, tetapi ketika bayi mencapai usia 6 bulan maka gizi yang dibutuhkan pun bertambah.

Maka dari itu, ada baiknya untuk memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) agar kebutuhan pada bayi bisa terpenuhi dengan memberikan menu empat bintang yang telah direkomendasikan oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Menu empat bintang sendiri adalah menu makanan yang mengandung empat unsur zat gizi, seperti karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran. Karbohidrat bisa diperoleh dari beras merah, beras putih, kentang, dan umbi-umbian.

Sementara protein hewani bisa didapatkan dari ceker, hati ayam, daging ayam, daging sapi, telur dan ikan. Sedangkan protein nabati bisa diperoleh dari tempe, tahu, kacang merah, edamame dan kacang polong. Untuk sayuran bisa didapatkan dari labu Jepang, wortel, bayam, labu siam dan tomat.

Melalui pemberian MPASI dengan menu empat bintang ini, diharakan dapat mencegah anak mengalami kekurangan gizi baik makro maupun mikro. Bisa juga ditambahkan lemak sehat seperti minyak zaitun, unsalted butter atau kaldu buatan sendiri agar anak bisa mendapatkan manfaat dari lemak di masa tumbuh kembangnya.

Untuk pengolahannya sendiri, bisa dalam bentuk apa saja baik tumis, sup atau dicampur pada bubur. Tetapi, pastikan bahwa bentuknya sudah kecil-kecil sehingga anak mudah mencernanya dan tidak tersedak. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan buah-buahan dalam menu tersebut agar anak bisa mengenal banyak ragam rasa di samping manfaat yang berlimpah.

TENTANG KAMI

GenBest merupakan sebuah inisiasi untuk menciptakan generasi Indonesia yang bersih dan sehat, serta bebas dari stunting (klik di sini untuk mengetahui apa itu stunting), dengan mendorong masyarakat dari segala usia menerapkan pola hidup bersih dan sehat sehari-hari. Lewat situs dan media sosial genbest.id, kami menyediakan informasi yang kredibel, menciptakan komunitas yang suportif, dan memberikan pengetahuan kesehatan yang mendalam seputar pola hidup bersih dan sehat, serta stunting, bagi Anda sekeluarga, termasuk si kecil yang masih dalam kandungan dan berusia balita.

How to coax children
To Top